Info Daftar Harga Gula Pasir 1 Karung dan Kiloan Terbaru

Ada banyak kebutuhan dapur wajib yang harus dipenuhi untuk keperluan memasak dan salah satunya adalah gula. Gula memiliki banyak macam, mulai dari gula aren, palem, dan tebu. Dari semua jenis gula tersebut, yang paling umum dipakai untuk memasak adalah jenis gula tebu dalam bentuk pasir. Gula pasir bisa Anda di toko terdekat dalam kemasan plastik kiloan hingga 1 karung.

Gula pasir (sumber: esakal.com)
Gula pasir (sumber: esakal.com)

Kandungan Gula Pasir

Gula pasir menjadi salah satu bahan pangan yang paling dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Hampir setiap olahan makanan dan minuman selalu menggunakan gula sebagai penyedap atau pemanisnya. Selain menjadi bahan pokok untuk kebutuhan rumah tangga, gula juga menjadi kebutuhan utama bagi industri kuliner dan sebagainya.

Bacaan Lainnya

Meski efeknya memang tak selalu membawa dampak yang baik bagi kesehatan, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan, kebutuhan masyarakat akan gula pasir tampaknya tak pernah berkurang. Hal ini pula yang menjadikan harga gula pasir di pasaran kerap mengalami fluktuasi. Selain dipengaruhi oleh permintaan konsumen, pasokan tebu dan tingkat keberhasilan panen juga sangat berpengaruh terhadap harga gula di tingkat konsumen.

Gula pasir sendiri terbuat dari sari tebu yang melalui proses kristalisasi, sehingga menghasilkan butiran mirip pasir. Gula tebu umumnya berwarna putih kekuningan atau sedikit cokelat, dan mudah larut dalam air. Dengan kandungan karbohidrat sederhana yang mudah diubah menjadi energi, gula seperti ini diyakini dapat menambah energi dalam tubuh.

Baca juga  Cara Memilih dan Update Harga Aquarium Nisso di Pasaran

Per 100 gram gula pasir, dilaporkan mengandung energi sebesar 364 kkal, karbohidrat sebanyak 94 gram, kalsium 5 mg, dan fosfor 1 mg. Meski demikian, manusia dianjurkan untuk mengonsumsi gula dengan batas aman setara dengan 1 sampai 2 sendok makan setiap harinya supaya terhindar dari risiko penyakit diabetes.

Selain itu, diketahui orang yang mengonsumsi gula secara berlebihan bisa mengalami gangguan atau penyakit pada gigi, seperti gigi berlubang. Gigi berlubang memang tidak hanya disebabkan oleh gula, tetapi mengonsumsi gula secara berlebih bisa meningkatkan populasi bakteri jahat di gigi. Bakteri yang semakin menumpuk akan membentuk kerak dan membuat gigi mudah berlubang. Kebanyakan anak kecil juga mengalami gigi kupak atau biasa dikenal dengan sebutan gigis akibat makan gula secara berlebihan.

Gula pasir sangat mudah ditemui di hampir setiap toko yang ada di Indonesia, mulai dari toko kelontong, toko grosiran, minimarket, hingga swalayan. Meski banyak dijual di berbagai tempat, tetapi harganya terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Di samping itu, harga di setiap lokasi bisa saja berbeda, bahkan meskipun berada di satu kota.

Beberapa orang yang kebutuhan gulanya cukup tinggi, terutama untuk usaha kuliner, biasanya akan membeli gula 1 karung agar totalnya lebih hemat dibanding membeli kiloan. Nah, sebagai bahan perbandingan, berikut ini kami rangkum informasi lengkap daftar terbaru harga gula pasir 1 karung dan kiloan di pasaran.

Baca juga  Update Harga Entok/Mentok per Ekor (DOD, Jantan, Betina, Sepasang)

Harga Gula Pasir Kiloan di Seluruh Indonesia

Berdasarkan informasi dari Sistem Pemantauan Kebutuhan Pokok (SP2KP) di resmi Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia, harga gula pasir per kilogram di sejumlah kota yang ada di Indonesia berkisar Rp12.500 pada 2021. Meskipun begitu, ada pula yang masih menjual gula di kisaran Rp13.000 hingga Rp14.000 per kg, sementara Kota Manokwari menjadi kota dengan harga gula paling mahal, yakni Rp16.000 per kg. Kemudian, pada 2022 rata-rata harga gula pasir kiloan naik ke angka Rp14.000.

Untuk informasi tambahan, harga gula pasir lokal di beberapa minimarket seperti Alfamart berkisar Rp14.500 per 1 kg pada 2021, namun turun jadi Rp12.500 per kg pada 2022. Sementara itu, di Indomaret, baik gula pasir premium kuning dan putih ukuran 1 kilogram, harganya juga sama, yakni Rp12.500 pada dan belum berubah sampai tahun 2022. Gula pasir yang dijual di minimarket layaknya Alfamart dan Indomaret biasanya mengusung brand mereka sendiri. Untuk harga gula pasir merk Rose Brand, dijual di sana sekitar Rp12.500 per kilogram.

Gula pasir (sumber: island.lk)
Gula pasir (sumber: island.lk)

Beberapa pusat perbelanjaan seperti Hypermart, Transmart Carrefour, Superindo, serta Indomaret dan Alfamart kerap menawarkan promo diskon atau potongan harga untuk bahan-bahan pokok seperti gula pasir, sehingga harganya pun terkadang lebih murah dibanding harga di pasaran.

Daftar Harga Gula Pasir per Karung

Merk/Jenis Gula Harga
Gula pasir SUJ Putih per sak isi 50 kg Rp420.000
Gula pasir SUJ Kuning per sak isi 50 kg Rp400.000
Gula pasir Gulaku putih per sak isi 50 kg Rp600.000
Gula pasir Gulaku kuning per sak isi 50 kg Rp580.000
Gula MSI Medan Putih per sak isi 50 kg Rp420.000 
Gula MSI Medan kuning per sak isi 50 kg Rp400.000
Gula KBA putih per sak isi 50 kg Rp440.000
Gula KBA kuning per sak isi 50 kg Rp430.000
Gula pasir Rose Brand sak isi 50kg Rp625.000
Gula pasir GMP per karung isi 50 kg Rp630.000
Gula pasir Gulavit 1 karung 50 kg Rp630.000
Baca juga  Jenis dan Update Harga Flare Asap (Bomb Smoke)

Daftar harga gula pasir per karung di atas diambil dari sejumlah sumber di internet. Oleh sebab itu, harga yang berlaku di setiap toko kemungkinan bisa berbeda-beda. Selain itu, harga gula di atas bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Sebagai perbandingan, pada tahun 2020, gula pasir SUJ putih per sak isi 50 kg dijual dengan harga Rp370 ribuan, kemudian naik menjadi Rp440 ribu 2021, dan turun jadi Rp420 ribu pada 2022. Sementara itu, gula MSI Medan kuning per sak isi 50 kg yang semula dijual dengan harga Rp410 ribuan, turun menjadi Rp400 ribu pada dan masih stabil sampai sekarang. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih rinci seputar harga gula pasir, Anda bisa langsung bertanya ke -pasar tradisional atau distributor yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.