Info Terkini Biaya Pemeriksaan Echo (Ekokardiografi) Jantung

No comment 2943 views

Ekokardiografi atau yang lebih populer dengan sebutan echo jantung merupakan sebuah alat yang dapat mengeluarkan gelombang suara ultrasonik atau USG untuk mendiagnosis kondisi jantung seseorang. Ekokardiografi dapat menilai struktur dan fungsi jantung secara akurat.

Pemeriksaan Echo (Ekokardiografi) Jantung - www.hjart-lungfonden.se

Pemeriksaan Echo (Ekokardiografi) Jantung - www.hjart-lungfonden.se

Selama ini banyak orang yang bingung membedakan antara tes ekokardiografi dengan elektrokardiografi atau EKG (rekam jantung). Kedua tes ini mempunyai fungsi dan indikasi yang berbeda, namun bisa saling melengkapi. Pemeriksaan echo jantung dapat secara langsung menilai fungsi dan struktur jantung dalam kondisi real time, terutama pasca serangan jantung.

Pada dasarnya peralatan ekokardiografi hampir sama seperti USG perut atau rahim. Oleh sebab itu tak jarang orang menyebut pemeriksaan ini dengan istilah USG jantung. Perangkatnya terdiri dari probe yang ditempelkan ke tubuh, kemudian dihubungkan dengan kabel, dan hasil pemeriksaannya muncul di sebuah layar. Probe tersebut awalnya akan mengeluarkan gelombang suara ultrasonik yang masuk ke dalam tubuh, kemudian memantul lagi dan diinterpretasikan ke dalam tampilan di layar.

Untuk menjalani tes echo jantung, Anda biasanya akan diminta membuka pakaian dari dada hingga ke pinggang lalu berbaring di atas ranjang. kemudian meletakkan probe di atas dada yang sudah dilumuri dengan pelumas khusus supaya bisa menempel dengan baik di dan memberikan gambaran yang maksimal. Berbeda dari USG rahim, probe pada ekokardiografi ukurannya lebih kecil.

Prosedur pemeriksaan echo jantung tidak menyebabkan rasa dan berlangsung antara 15-30 menit saja. Echo jantung menawarkan sejumlah , misalnya saja untuk mengetahui apakah ada jantung bawaan, melihat apakah ada trombus, melihat keadaan pembuluh darah koroner, memeriksa kekuatan kontraksi -otot jantung, menilai cara kerja jantung, memeriksa adanya kelainan pada katup jantung, memeriksa peradangan pada jantung, memeriksa adanya virus, dan sebagainya.

Baca juga  Biaya Vaksin HPV Untuk Cegah Kanker Serviks

Selain dapat memeriksa kondisi jantung orang dewasa, pemeriksaan echo jantung juga dapat digunakan untuk memeriksa bayi dan relatif aman digunakan oleh bayi yang baru lahir sekalipun. Untuk bayi, tes echo jantung berguna untuk menilai fungsi jantung, memeriksa keadaan jantung bayi yang lahir dengan berat badan kurang, mendeteksi kemungkinan adanya penyakit jantung bawaan, hingga mengetahui keadaan jantung bayi yang lahir prematur.

echo jantung untuk bayi dan anak-anak saat ini berkisar sekitar Rp 500 ribuan sekali tes. Sedangkan echo jantung untuk orang dewasa di Poliklinik Kardiologi RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta sekitar Rp 400 ribuan berdasarkan referensi sekitar tahun 2014 lalu. Sedangkan tahun 2015 lalu echo jantung di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading adalah sekitar Rp 1,4 jutaan. Perlu diketahui bahwa echo jantung antara rumah sakit yang satu dan lainnya bisa berbeda-beda.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terkini Biaya Pemeriksaan Echo (Ekokardiografi) Jantung"