Update Harga Iso Tank Bekas di Pasaran

Sebagian besar dari Anda mungkin masih jarang mendengar kata iso tank. Namun bagi mereka yang bekerja di bidang container bahan-bahan kimia, pasti sudah tak asing lagi dengan wujud iso tank. Iso tank atau tank container merupakan kontainer berbentuk tank (tangki) dengan standar ukuran tertentu yang berguna untuk memuat kargo cair dan gas. Harga iso tank cukup fantastis, mencapai ratusan juta rupiah walaupun sudah dalam kondisi bekas.

Iso Tank (sumber: transhipping.es)
Iso Tank (sumber: transhipping.es)

Jenis Iso Tank

  • Iso tank IMO 0, kapasitasnya mulai dari 17.000 – 26.000 liter, dengan ketebalan 2-3 mm.
  • Iso tank IMO 1, dirancang khusus untuk cairan dengan titik nyala kurang dari 0 derajat celcius seperti caustic soda, chemical, solar, dan sebagainya.
  • Iso tank IMO 2, dirancang khusus untuk pengangkutan kargo cair non-DG dengan cairan yang titik nyalanya sekitar 0 derajat celcius hingga 61 derajat celcius seperti methanol, ethanol, dan lain-lain.
  • Iso tank IMO 3, dirancang secara khusus untuk makanan (food grade) seperti jus, susu, dan sebagainya.
  • Iso tank IMO 5, dirancang khusus untuk pengangkutan kargo gas seperti LPG, propane, butane, dan gas-gas lainnya.
  • Iso tank IMO 7, dirancang untuk mengangkut N2 (LIN), 02 (LOX), Ar (LAR), dan LCO2.

Dengan menggunakan iso tank, Anda bisa memperoleh berbagai keuntungan seperti meminimalkan tumpahnya cairan hingga 0,5% selama transportasi dibandingkan dengan menggunakan drum. Selain itu, bentuk menawarkan stabilitas yang lebih baik daripada flexibags untuk mencegah tumpahan dan kecelakaan, risiko tumpah ketika pengisian muatan juga lebih rendah daripada pengisian dengan metode lain. Iso tank juga bisa dipakai berulang kali dan jauh lebih ramah lingkungan.

Bacaan Lainnya

Keunggulan Iso Tank

  • Menggunakan iso tank container sebagai kemasan lebih murah dibandingkan dengan menggunakan jenis kemasan lain, meskipun mengangkut produk dalam jumlah yang sama.
  • Ramah lingkungan. Iso tank container dapat digunakan ulang atau reusable, sehingga mengurangi dan tentu saja emisi karbondioksida. Bahkan, dari sisi lamanya penggunaan, sebuah iso tank container bisa bertahan hingga 30 tahun.
  • Lebih aman. Setiap iso tank container sebelum dapat digunakan harus diuji secara teknis terlebih dahulu sampai mendapatkan sertifikasi dan secara periodik dilakukan uji berkala untuk memastikan keamanannya.

Karena bisa dipakai ulang, tak heran jika banyak pabrik yang menjual ulang iso tank dalam kondisi bekas namun masih layak pakai. Selain dijual dalam kondisi bekas, banyak juga pabrik yang bersedia menyewakan iso tank milik mereka untuk keperluan pengiriman. Lalu, berapa harga iso tank bekas saat ini?

Iso tank IMO 5 – helleniccontainer.gr

Harga Iso Tank Bekas

Di sejumlah situs online, ada yang menjual iso tank IMO tipe 5 bekas seharga Rp250 juta dengan kapasitas standar 24.000/26.000 liter bekas butana. Namun, ada pula iso tank berkapasitas yang ditawarkan berkisar Rp16 juta. Hingga saat ini, harga tersebut terpantau tidak jauh berubah dari tahun lalu.

Jika Anda berminat untuk membeli iso tank bekas, Anda bisa mencari informasinya lewat sejumlah situs jual online. Biasanya ada beberapa penjual yang juga menyediakan jasa modifikasi iso tank bersertifikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Harga Sewa Iso Tank

Tipe Iso Tank Biaya Sewa per Hari Biaya Sewa per Bulan
Iso Tank IMO 1 (21 KL) Rp500.000 + Lolo Rp450.000 Rp12.000.000 + Gratis Lolo
Iso Tank IMO 1 (24 KL) Rp550.000 + Lolo Rp450.000 Rp13.000.000 + Gratis Lolo
Iso Tank IMO 1 (25 KL) Rp600.000 + Lolo Rp450.000 Rp14.000.000 + Gratis Lolo

Perlu diingat, harga sewa di atas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Selain untuk mengangkut cairan, iso tank yang berbentuk peti kemas bahkan menjadi salah satu alternatif konstruksi baja yang cukup diminati untuk rancangan arsitektur dalam sepuluh tahun terakhir. Selain kuat, iso tank juga memiliki durabilitas tinggi dan terjangkau.[1]

[Update: Ditta]

[1] Akmal, Imelda. 2014. Archinesia 06. Jakarta: IMAJIbooks, hlm. 124.

Pos terkait