Update Harga Bibit/DOC (Day Old Chick) Ayam Petelur

Dalam dunia bisnis, ada banyak barang atau jasa yang bisa dijadikan ide untuk memulai usaha. Selain menggeluti bisnis di bidang kuliner, ada sebagian orang yang justru senang berbisnis di dunia peternakan dan yang cukup digemari hingga kini adalah ayam petelur. Untuk memulai usaha ini, Anda bisa membeli bibit/DOC ayam petelur dengan harga relatif terjangkau.

Day Old Chicken (sumber: businesstimes)
Day Old Chicken (sumber: businesstimes)

Bisnis di dunia peternakan memang membutuhkan pengetahuan dan juga keterampilan yang lebih. Pasalnya, Anda harus tahu benar seperti apa pangsa pasar dari hewan yang hendak Anda budidayakan dan seperti apa pengelolaan hewan Anda, mulai dari proses pembibitan, pemeliharaan, vaksin, hingga proses panen ternak.

Bacaan Lainnya

Umumnya, orang-orang yang mencoba terjun ke dunia bisnis akan memilih untuk beternak binatang-binatang yang menguntungkan dan diminati sebagai bahan pangan. Ada banyak hewan yang bisa Anda jadikan hewan ternak, mulai dari sapi, kambing, ikan air tawar, ikan air laut, hingga golongan unggas seperti ayam, bebek, dan lainnya.

Hingga saat ini, beternak hewan-hewan unggas seperti ayam masih menjadi tren yang tak pernah surut. Selain mudah perawatannya, hewan-hewan unggas dianggap memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan selalu dicari oleh konsumen. Namun, untuk mulai berbisnis ayam, Anda perlu menentukan terlebih dahulu jenis ayam apa yang hendak Anda budidayakan. Pasalnya, ada begitu banyak jenis ayam yang bisa Anda kembangkan. Misalnya saja ayam pedaging alias broiler, ayam pejantan, ayam petelur, dan ayam layer yang bisa berfungsi sebagai pedaging atau petelur.

Di antara beragam jenis ayam tersebut, ayam petelur banyak diternakkan karena dianggap menguntungkan. Pasalnya, ayam petelur adalah strain ayam yang mampu bertelur sebanyak 300 butir lebih tahunnya.[1] Nah, untuk beternak ayam petelur, Anda diharuskan untuk memiliki bibitan atau anakan ayam petelur terlebih dahulu.

Untuk memulai usaha beternak ayam petelur, Anda harus memilih bibit ayam petelur yang unggul dan baik. Pemilihan bibit ayam petelur sangat menentukan keberhasilan usaha budidaya ayam petelur di masa mendatang. Karena itu, pastikan Anda membeli bibit ayam petelur dengan kualitas baik dan unggul. Hal itu dapat dilihat dari ayam petelur tidak mengalami kecacatan, gerak ayam yang sangat aktif, bulu yang halus dan mengilap, nafsu makan cukup bagus, dan lain-lain. Untuk lebih jelas mengenai cara ayam petelur, Anda bisa melihat rincian berikut.

Cara Ternak Ayam Petelur

  • Sebelum beternak, pilihlah lokasi yang mudah dijangkau. Jika bisa, dekat dari rumah. Pastikan lokasi yang Anda pilih adalah lokasi yang bersih, memiliki udara segar, dan jauh dari daerah industri. Setelah Anda menemukan lokasi yang tepat, sebisa mungkin lakukan pembersihan terlebih dahulu.
  • Buatlah kandang beratap dengan satu pintu menyerupai rumah tanpa sekat. Pastikan bahwa suhu dalam kandang setara dengan suhu kamar, yaitu sekitar 25 derajat Celcius. Untuk itu, Anda bisa menambahkan lampu 25 watt hingga 40 watt yang dinyalakan pada siang hari dan lampu 60 watt untuk dinyalakan pada malam hari.
  • Usahakan kandang memiliki ventilasi untuk pertukaran udara dan celah masuknya sinar matahari.
  • Lakukan perawatan dengan cara menjaga kebersihan kandang DOC dengan melakukan pembersihan kandang, jika bisa setiap hari dan maksimal 2 hari sekali.
  • Perhatikan pakan ayam petelur. Anda bisa memberi pakan berupa pelet. Pemberian pakan harus rutin dan teratur, jangan sampai telat memberi makan karena ayam petelur bisa stres dan tidak menghasilkan telur. Pakan harus diberikan setiap hari sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore.
  • Jangan lupa untuk selalu memperhatikan air minumnya. Pastikan Anda setiap hari mengganti air minum puyuh agar tidak mudah terkena penyakit unggas.
  • Indukan yang sudah berusia sekitar 6 minggu harus dipisahkan antara jantan dan betinanya. Hal ini dilakukan agar produksi telur dapat melimpah dan dapat dijual.
Bibit ayam DOC/Day Old Chick (sumber: chickin.id)

Nah, bagi Anda yang membutuhkan bibit ayam petelur untuk usaha ternak, pastikan Anda mengetahui harganya. Berikut referensi terbaru harga bibit atau yang biasa disebut DOC (Day Old Chick) atau pullet.

Harga DOC Ayam Petelur

Varian DOC Ayam Petelur Harga
DOC Ayam Petelur Negeri Rp10.000 ekor
DOC Ayam Petelur Ras Rp13.000 ekor
DOC Ayam Petelur 100 ekor Rp725.000 box

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga bibit ayam petelur di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, harga DOC ayam petelur negeri yang semula dijual seharga Rp7.500, sekarang menjadi Rp10 ribu ekor. Berbeda dengan harga 1 box DOC ayam petelur yang justru turun dari Rp800 ribu menjadi Rp725 ribu isi 100 ekor.

Harga bibit ayam petelur di atas tidak telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga DOC ayam petelur tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk info lebih lanjut, tak ada salahnya langsung datang ke peternakan ayam terdekat.

[Update: Ditta]

[1] Nurcholis, Dewi Hastuti, Barep Sutiono. 2009. Tatalaksana Pemeliharaan Ayam Ras Petelur Periode Layer di Populer Farm Desa Kuncen Kecamatan Mijen Kota Semarang. MEDIAGRO Universitas Diponegoro, Vol. 5(2): 38-49.

Pos terkait