Update Harga Bibit/DOC (Day Old Chick) Ayam Petelur

No comment13519 views

Setiap orang memiliki bakat dan minat masing-masing. Ada yang lebih senang menjadi karyawan, namun ada juga yang lebih senang tantangan dengan membangun bisnis sendiri. Menjadi karyawan atau berbisnis tidak ada yang salah selama Anda merasa senang menjalaninya.

Bibit ayam doc (sumber: hobiternak.com)

Bibit ayam doc (sumber: hobiternak.com)

Dalam dunia bisnis, ada banyak barang atau jasa yang bisa dijadikan ide untuk memulai usaha. Jika sebagian besar orang menggeluti bisnis di bidang kuliner, ada sebagian orang yang justru senang berbisnis di dunia peternakan.

Bisnis di dunia peternakan memang membutuhkan pengetahuan dan juga keterampilan yang lebih. Pasalnya, Anda harus tahu benar seperti apa pangsa pasar dari hewan yang hendak Anda budidayakan dan seperti apa pengelolaan hewan ternak Anda, mulai dari proses pembibitan, pemeliharaan, vaksin, hingga proses panen ternak.

Umumnya, orang-orang yang mencoba terjun ke dunia bisnis ternak akan memilih untuk beternak -binatang yang menguntungkan dan diminati banyak orang sebagai bahan pangan. Ada banyak sekali hewan yang bisa Anda jadikan hewan ternak, mulai dari sapi, kambing, ikan air tawar, ikan air , hingga golongan unggas seperti ayam, bebek, dan masih banyak lagi.

Hingga saat ini, beternak hewan-hewan unggas masih menjadi tren yang tak pernah surut. Selain mudah perawatannya, hewan-hewan unggas dianggap memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan selalu dicari oleh konsumen.

Namun, untuk mulai berbisnis ternak ayam, Anda perlu menentukan terlebih dahulu ayam apa yang hendak Anda budidayakan. Pasalnya, ada begitu banyak jenis ayam yang bisa Anda kembangkan. Misalnya saja ayam alias broiler, ayam pejantan, ayam petelur, dan ayam layer yang bisa berfungsi sebagai pedaging atau petelur.

Di antara beragam jenis ayam tersebut, ayam petelur banyak diternakkan karena dianggap menguntungkan. Anda bisa memanfaatkan telurnya sekaligus memanfaatkan dagingnya. Najh, untuk beternak ayam petelur, Anda diharuskan untuk memiliki bibitan atau anakan ayam petelur terlebih dahulu.

Day Old Chicken (sumber: businesstimes)

Day Old Chicken (sumber: businesstimes)

Untuk memulai usaha beternak ayam petelur, Anda harus memilih bibit ayam petelur yang unggul dan baik. Pemilihan bibit ayam petelur sangat menentukan keberhasilan usaha budidaya ayam petelur di masa mendatang. Karena itu, pastikan Anda membeli bibit ayam petelur dengan kualitas baik dan unggul. Hal itu dapat dilihat dari ayam petelur tidak mengalami kecacatan, gerak ayam yang sangat aktif, bulu yang halus dan mengilap, nafsu makan cukup bagus, dan lain-lain.

Harga DOC Ayam Petelur

Bibit atau yang biasa disebut DOC (Day Old Chick) atau pullet ini harganya bisa bervariasi, tergantung kualitas bibitnya. Harga bibit ayam petelur jenis pullet ukuran kecil sekitar Rp8.000 hingga Rp14.000 per ekor, sedangkan harga bibit ayam petelur siap telur ukuran besar sekitar Rp54 ribu per ekor. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, harga bibit/DOC berkisar Rp6.000 hingga Rp7.500 per ekor, sedangkan harga bibit ayam petelur siap telur ukuran besar Rp50 ribuan per ekor.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Cara Menanam dan Harga Kembang Kol per Kg
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Harga Bibit/DOC (Day Old Chick) Ayam Petelur"