Update Biaya dan Limit Kartu ATM BCA Gold

Kartu ATM merupakan fasilitas yang diberikan pihak bank kepada nasabah mereka untuk bertransaksi. Umumnya, bank di Indonesia telah memiliki layanan atau fasilitas ini, termasuk Bank Central Asia atau BCA. Ada banyak jenis kartu ATM yang ditawarkan BCA, salah satunya BCA Gold, yang menyediakan limit transaksi cukup besar dan biaya bulanan yang relatif terjangkau.

Kartu ATM BCA (sumber: bca.co.id)
Kartu ATM BCA Gold (sumber: bca.co.id)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kartu ATM. Ini adalah sebuah kartu khusus yang diterbitkan pihak bank, bertujuan memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi keuangan, termasuk keperluan seperti mengirimkan uang atau menarik dana secara . Biasanya, kartu ATM dapat digunakan dalam transaksi mesin ATM bank yang bersangkutan dan/atau lembaga keuangan lainnya. Jika nasabah menggunakan fasilitas mesin ATM di luar mesin ATM milik bank tempat menyimpan uang, maka akan dikenakan charge dengan besaran yang ditentukan kesepakatan bersama antara pemilik jaringan ATM bersama tersebut.[1]

Bacaan Lainnya

Layaknya bank lain, BCA juga telah didukung dengan sejumlah fasilitas, termasuk ATM. Pasalnya, ATM, atau Automated Teller Machine, bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer dalam hal transaksi dan penarikan uang. Karena itu, sebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, BCA juga memperluas jaringan ATM-nya agar semua nasabah di seluruh Indonesia bisa menikmati layanan perbankan dengan mudah.

Keunggulan Kartu ATM BCA

  • Akses layanan setiap hari, 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Transaksi melalui ATM BCA bersifat real time online.
  • ATM BCA semakin efisien dengan beberapa seperti ATM Setor Tarik, ATM Multifungsi, ATM Non Tunai, dan ATM Setor Tunai.
  • Aneka transaksi perbankan bisa dilakukan dengan nyaman, mulai penarikan tunai, transfer antar-rekening BCA dan antar-bank, cek informasi saldo dan kurs, serta melakukan pembayaran dan pembelian, mengisi pulsa, mengubah PIN, hingga registrasi KlikBCA dan m-BCA.
  • Melakukan penyetoran tunai tanpa antre di teller, dalam pecahan Rp50.000 dan Rp100.000.

Saat ini, BCA setidaknya telah menyediakan delapan jenis kartu ATM yang dapat dipilih nasabah sesuai dengan kebutuhannya, salah satunya Tahapan Gold. Kartu tersebut diklaim hadir untuk membantu kelancaran usaha sambil melindungi kredibilitas transaksi bisnis Anda. Dengan Tahapan Gold, Anda dapat melakukan transaksi bisnis selama 24 jam seminggu penuh, di mana dan kapan saja. Layanan ini tidak hanya praktis, tetapi juga terlindungi.

Fasilitas Kartu ATM BCA Gold

  • Ukuran buku tabungan lebih , sehingga mudah dibawa bepergian.
  • Informasi mutasi rekening yang lebih lengkap. Selain berisi nominal transaksi dan saldo, laporan mutasi juga memuat setiap detail transaksi seperti nama penerima/pengirim, informasi pembayaran dan berita.
  • Khusus untuk mutasi rekening, transaksi yang tercetak pada buku Tahapan Gold adalah mutasi transaksi 1 bulan terakhir + bulan berjalan. Apabila Anda ingin mengetahui history transaksi Tahapan Gold lebih dari 1 bulan terakhir, dapat menghubungi customer service di kantor BCA terdekat.
  • Dapat menggunakan layanan Autoprint untuk mencetak sendiri buku tabungan tanpa perlu antri di CSO (hanya terdapat di BCA cabang tertentu).
  • Mendapatkan informasi transaksi atas rekening melalui SMS atau email. Jenis transaksi yang dinotifikasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Untuk menjaga kredibilitas nasabah, rekening Giro dapat terhubung dengan rekening Tahapan Gold melalui layanan Automatic Transfer System (ATS) Online, sehingga apabila terdapat pembukaan cek/BG dan dana Giro tidak mencukupi, maka kekurangan dana pada Tahapan Giro dapat langsung tertutupi dari rekening Tahapan Gold.
  • Dapat memanfaatkan waktu dengan menggunakan layanan Appointee untuk menunjuk 2 (dua) orang wakil yang dipercaya untuk melakukan transaksi perbankan dengan membawa bukti kepemilikan rekening dan identitas.
  • Nomor rekening, bagian dari identitas bisnis Anda. Nomor rekening yang sudah diingat mitra usaha, akan dapat memperlancar bisnis Anda. Nasabah tidak perlu mengganti nomor rekening jika buku tabungan hilang.

Mengutip situs resmi BCA, fitur utama Tahapan Gold antara lain tersedia dalam satu jenis mata uang, yakni rupiah, saldo minimum ditahan Rp50.000, saldo rata-rata minimum per bulan Rp10.000.000, yang mulai diberlakukan pada bulan berikutnya setelah pembukaan rekening, serta nasabah akan mendapatkan informasi mutasi rekening dengan cara mengunduh langsung via channel yang dimiliki (e-statement).

Ilustrasi: transaksi melalui mesin ATM (sumber: pressburner.com)
Ilustrasi: transaksi melalui mesin ATM (sumber: pressburner.com)

Biaya Kartu ATM BCA Gold

Komponen Biaya
Pembuatan atau Penggantian Kartu Rp15.000
Administrasi Bulanan GPN : Rp16.000
Master Card : Rp17.000
Biaya Penalti Rp25.000

Informasi biaya kartu ATM BCA Gold di atas kami rangkum langsung dari resmi bank yang bersangkutan. Jika dibandingkan ketentuan sebelumnya, besaran biaya kartu ATM BCA Gold hingga saat ini masih belum berubah. Namun, untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat.

Limit Kartu ATM BCA Gold

Jenis Transaksi Limit Transaksi
Tarik Tunai Rp10.000.000
Setoran Tunai Rp80.000.000
Transfer Antar Rekening BCA Rp75.000.000
Transfer Antar Bank Rp20.000.000

Informasi limit kartu ATM BCA Gold di atas juga kami rangkum langsung dari website resmi bank yang bersangkutan. Apabila dibandingkan dengan ketentuan sebelumnya, besaran limit tarik tunai hingga saat ini masih belum berubah, demikian juga dengan limit transfer antar rekening BCA. Namun, limit setoran tunai mengalami kenaikan dari Rp40 juta menjadi Rp80 juta.

[Update: Panca]

[1] Widiyono, Try. 2006. Aspek Hukum Operasional Transaksi Produk Perbankan di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia, hlm. 199.

Pos terkait