Update Biaya Tes IELTS di Indonesia

Selain TOEFL, IELTS (International English Language Testing System) menjadi salah satu tes kemampuan Bahasa Inggris yang juga wajib Anda penuhi bila Anda berencana untuk melanjutkan kuliah atau bekerja ke luar negeri. Saat ini, sudah ada banyak lembaga yang menyediakan layanan tes IELTS dengan yang relatif terjangkau. 

Ilustrasi: lembar tes IELTS (sumber: britishcouncil.com)
Ilustrasi: lembar tes IELTS (sumber: britishcouncil.com)

Apa Itu IELTS?

Lalu, apakah yang dimaksud dengan IELTS? Apa bedanya dengan TOEFL? IELTS merupakan sebuah tes kemahiran berbahasa Inggris yang mengukur kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris berdasar standar tertentu, baik untuk tujuan bekerja atau belajar. Seperti halnya TOEFL, Anda juga akan menjalani 4 rangkaian tes Bahasa Inggris, yakni mendengarkan (listening), membaca (reading), berbicara (speaking), dan menulis (writing).

Bacaan Lainnya

IELTS menjadi salah satu tes yang diakui oleh berbagai universitas di negara Inggris, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Hong Kong, Irlandia, Afrika Selatan. Selain itu, juga diakui sejumlah badan profesional dunia seperti Dinas Imigrasi Selandia Baru dan Dewan Media Inggris General .

Tes IELTS sendiri tersedia dalam dua format, yakni Akademik dan Pelatihan Umum. Tes IELTS Akademik ditujukan untuk siswa internasional yang ingin melanjutkan studi di institusi pendidikan tinggi di negara berbahasa Inggris, sedangkan tes IELTS Pelatihan Umum cocok untuk Anda yang ingin migrasi atau bekerja di negara yang berbahasa Inggris.

Sementara itu, TOEFL merupakan tes berbahasa Inggris dengan aksen Amerika, sedangkan IELTS untuk Bahasa Inggris aksen British. Tes TOEFL dibutuhkan oleh universitas-universitas yang ada di AS dan Kanada, sedangkan IELTS biasanya diminta oleh institusi di Australia, Inggris, dan Selandia Baru. Namun, saat ini sudah banyak yang menerima tes TOEFL dan IELTS. Untuk lebih pastinya, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu institusi yang akan Anda tuju meminta persyaratan hasil tes TOEFL atau IELTS.

Jika Anda ingin masuk ke universitas tertentu, maka skor IELTS yang harus Anda capai umumnya berkisar antara 6 hingga 6,5. Namun, bila Anda ingin masuk ke bidang profesi seperti medis, maka persyaratan skor IELTS-nya pun menjadi lebih tinggi, yakni bisa 7 atau lebih, tergantung kebijakan masing-masing perguruan tinggi.

Di Indonesia, saat ini sudah ada beberapa lembaga resmi yang memang ditunjuk langsung oleh IELTS untuk mengadakan tes IELTS, yakni British Council Indonesia , IALF, dan IDP. Sebagai referensi, berikut informasi terbaru daftar biaya dan penyelenggaraan tes IELTS di Indonesia.

Biaya Tes IELTS

Ilustrasi: lembar Tes IELTS (sumber: futurelearn.com)
Ilustrasi: lembar Tes IELTS (sumber: futurelearn.com)
Nama Lembaga Lokasi Tes IELTS Biaya Tes IELTS
Indonesia Australia Language Foundation (IALF) Jabodetabek, Bali, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Palembang, Makassar, Kupang, Jayapura, Dili – Timor Leste, Jambi, Pekanbaru, Pontianak, Batam, Padang, Mataram Tes IELTS : Rp3.150.000
British Council Indonesia Foundation Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Makassar IELTS Academic/General Training (berbasis kertas) : Rp3.150.000
IELTS Academic/General Training (berbasis komputer) : Rp3.150.000
IELTS untuk  UKVI Academic/General Training : Rp3.350.000
IELTS Life Skills A1 : Rp2.600.000
IELTS Life Skills B1 : Rp2.600.000
Language Development Center Universitas Muhammadiyah Purwokerto Purwokerto IELTS Simulation Test : Rp200.000
International Development Program (IDP) Education Jabodetabek, Solo, Pontianak, Medan, Makassar, Batam, Palembang, Pekanbaru, Yogyakarta, Bandung, Semarang IELTS General Training/Academic : USD 215
IELTS UKVI : USD 252
IELTS Life Skills : USD 189

Informasi biaya tes IELTS di atas kami rangkum langsung dari website resmi lembaga pendidikan yang bersangkutan. Jika dibandingkan ketentuan sebelumnya, besaran biaya tes IELTS di British Council Indonesia Foundation mengalami sedikit kenaikan dari Rp3 juta menjadi Rp3,15 juta, sedangkan biaya di Indonesia Australia Language Foundation juga naik dari Rp3 juta menjadi Rp3,15 juta.

Bagi Anda yang diharuskan mengikuti IELTS, dan mungkin saja belum siap untuk melakukan tes, dapat mengikuti persiapan (IELTS Preparation). Di IALF misalnya, telah disediakan kursus persiapan IELTS yang dapat Anda pilih jadwalnya, antara paruh waktu 8 minggu atau Sabtu selama 8 kali berturut-turut.

Pos terkait