Info Terbaru Biaya Isi Ulang Freon AC (R22, R32, R410)

Freon atau refrigerant merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk AC (air conditioner) karena memiliki fungsi khusus menciptakan hawa sejuk untuk sehingga dapat mendinginkan udara di dalam ruangan. Karena pentingnya komponen ini, maka freon AC harus rutin dirawat dengan diisi ulang jika memang cairan di dalamnya sudah habis. Tenang saja, biaya untuk mengisi ulang freon AC dapat dikatakan cukup terjangkau.

Perbaikan AC - (Sumber: eurotekuae.com)
Perbaikan AC – (Sumber: eurotekuae.com)

Manfaat AC

Seperti yang kita ketahui, Indonesia berada di daerah tropis, yang membuatnya memiliki suhu rata-rata tidak kurang dari 18 derajat Celcius, yakni 27 derajat Celcius.[1] Dengan matahari yang menyinari selama 12 jam dalam sehari, udara yang panas dapat membuat banyak orang merasa tidak nyaman, baik ketika melakukan aktivitas maupun beristirahat. Bahkan, paparan panas berlebih dapat mengakibatkan berbagai kesehatan, seperti heat rash hingga heat stroke.[2]

Bacaan Lainnya

Nah, untuk meminimalkan hal-hal tersebut, serta mempermudah pergerakan udara di dalam ruangan, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memberikan ventilasi pada hunian. Ventilasi adalah pertukaran udara di dalam bangunan dan di luar ruangan.[3] Ventilasi dapat berupa ventilasi alami (tidak melibatkan mesin), ventilasi buatan (melibatkan mesin, seperti AC), serta ventilasi semi-buatan.[4]

Dari sekian banyak ventilasi, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan AC. Dewasa ini, kehadiran AC di rumah, kantor, bahkan kendaraan sebagai pendingin udara memang menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi sebagian masyarakat. AC dapat dikatakan sebagai sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu).

Pentingnya Freon AC

Nah, salah satu senyawa yang berperan penting di dalam sistem pendingin udara tersebut adalah freon. Freon atau refrigerant adalah senyawa kimia atau gas yang biasanya digunakan sebagai fluida untuk menyerap beban pendingin ruangan atau tempat-tempat lain yang suhu udaranya ingin dibuat lebih sejuk. Karena termasuk dalam senyawa kimia atau gas, freon tidak memiliki warna dan juga tidak berbau.

Meski tidak memiliki warna dan juga tidak berbau, tetapi penggunaan freon secara aman sangatlah dianjurkan. Zat freon ini sebenarnya tidak terlalu membahayakan lingkungan selama tidak terlepas ke udara atau instalasi AC tidak mengalami kebocoran. Namun, jika instalasi AC Anda bocor dan freon terlepas ke udara bebas, maka akan menjadi racun yang bisa membahayakan kesehatan manusia jika terhirup.

Meski sekilas tampak sama, freon ternyata memiliki jenis yang berbeda-beda. Perbedaan jenis-jenis freon ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan ketika penggunaan AC. Berikut beberapa jenis freon yang umum digunakan dalam instalasi AC.

Tabung freon R22 dan R401A (sumber: servicepelitateknik.blogspot.com)
Tabung freon R22 dan R401A (sumber: servicepelitateknik.blogspot.com)

Jenis Freon AC

  • Freon R22, jenis freon yang satu ini memiliki potensi pemanasan perusakan ozon senilai 0,05 jika dibandingkan dengan jenis freon lainnya yang hanya bernilai 0. Namun, freon jenis ini tidak mudah terbakar.
  • Freon R410A, jenis freon AC ini umumnya digunakan pada AC tipe inverter. Berbeda dengan freon jenis R22, freon R410A tidak memiliki potensi merusak lapisan ozon, sedangkan untuk potensi pemanasan global, memiliki nilai yang cukup tinggi jika dibandingkan freon jenis R22. Sama seperti freon jenis R22, freon R410A juga tidak mudah terbakar.
  • Freon R32, jenis freon ini termasuk anyar karena baru ditemukan oleh perusahaan asal Jepang, Daikin, pada tahun 2012, serta mulai digunakan di line up AC sejak tahun 2013. Dibandingkan dengan freon jenis R410A dan R22, freon R32 ini lebih ramah terhadap lingkungan dan memiliki potensi pemanasan global yang lebih rendah. Meski di lain sisi memiliki potensi yang mudah terbakar, namun freon jenis ini masih aman digunakan untuk AC dalam lingkup rumah tangga.
  • Freon R290, jenis freon yang satu ini memiliki potensi pemanasan global yang paling rendah jika dibandingkan freon jenis lain yang telah disebutkan sebelumnya. Tetapi, karena angka indeks dinginnya yang cukup rendah dan tingkat mudah terbakarnya juga cukup tinggi, maka banyak perusahaan AC yang memutuskan untuk tidak menggunakan freon jenis ini dalam produk-produk mereka.

Karena berupa cairan yang diuapkan untuk menyejukkan ruangan, maka freon sudah pasti akan habis. Biasanya, freon habis disebabkan adanya kebocoran yang terjadi pada selang atau pipa yang menghubungkan beberapa komponen AC. Jadi, secara ideal, selama tidak ada kebocoran pada sistem AC yang membuat AC tidak dingin atau freon habis, maka freon tidak perlu diganti atau diisi ulang. Sebaliknya, jika ada pengerjaan masalah AC, seperti kompresor macet, filter tersumbat, atau rusaknya komponen AC, maka memang perlu untuk mengganti atau mengisi freon. Pengisian freon ini juga tidak terlalu lama, sekitar 30 menit.

Pertama-tama yang harus dilakukan dalam pengisian freon adalah mengoperasikan AC split. Setelah outdoor unit menerima supply dari indoor unit, buka penutup pengisian freon dengan kunci Inggris. Lalu, pasang selang berwarna biru yang berada pada manifold di tempat penutup freon, dengan melihat jarum manifold tekanan rendah yang berwarna biru. Jika tidak ada tekanan sama sekali, berarti sistem AC mengalami kebocoran.

Karena itu, ruang kebocoran harus diperbaiki terlebih dahulu dengan cara mengelas. Namun sebelumnya, pastikan tidak ada freon yang tersisa di dalam AC agar tidak membahayakan diri Anda. Apabila telah ditemukan letak kebocorannya dan sudah diperbaiki (dilas), sistem pendingin atau AC ini harus divakum terlebih dahulu sebelum diisi freon, dengan menggunakan mesin vakum.

Memang, meski bisa dilakukan sendiri, alangkah lebih baik jika pengisian freon AC dilakukan menggunakan jasa tenaga yang terlatih. Hal tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika proses pengisian freon. Nah, bagi Anda yang saat ini sedang berencana mengisi ulang freon AC rumah atau kantor Anda, berikut informasi terbaru biaya yang harus Anda keluarkan.

Isi ulang freon AC (sumber: homeguide.com)
Isi ulang freon AC (sumber: homeguide.com)

Biaya Isi Ulang Freon AC

Tipe Freon AC Biaya Isi Ulang
R22 0,5 PK – 1 PK Rp275.000 – Rp310.000
R22 1,5 PK – 2 PK Rp400.000
R32 0,5 PK – 1 PK Rp310.000
R32 1,5 PK – 2 PK Rp450.000
R410 0,5 PK – 1 PK Rp390.000
R410 1,5 PK – 2 PK Rp525.000

Informasi biaya isi ulang freon AC di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk penyedia jasa isi ulang freon AC. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, biaya isi ulang freon AC saat ini memang terpantau naik. Biaya isi ulang freon AC R22 0,5 PK – 1 PK misalnya, semula Rp250 ribu dan sekarang menjadi Rp275 ribu sampai Rp310 ribuan.

Biaya Tambah Freon AC

Tipe Freon AC Biaya Tambah Freon
R22 0,5 PK – 1 PK Rp160.000
R22 1,5 PK – 2 PK Rp300.000
R32 0,5 PK – 1 PK Rp185.000
R32 1,5 PK – 2 PK Rp350.000
R410 0,5 PK – 1 PK Rp210.000
R410 1,5 PK – 2 PK Rp390.000

Informasi biaya isi ulang freon AC di atas juga kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk penyedia jasa isi ulang freon AC. Seperti isi ulang freon, biaya tambah freon AC saat ini pun terpantau mengalami kenaikan. Biaya tambah freon AC R410 1,5 PK – 2 PK misalnya, semula Rp275 ribu sampai Rp300 ribu dan sekarang menjadi Rp390 ribuan. Sementara itu, biaya tambah freon AC R22 1,5 PK – 2 PK naik dari Rp200 ribu sampai Rp250 ribu menjadi Rp300 ribuan.

[1] Syahnan, Muhammad Rif’at, Azridjal Aziz, Rahmat Iman Mainil. 2016. Potensi Air Kondesat sebagai Media Pendingin untuk Aplikasi Modul Evaporative Cooling terhadap Performansi AC Split 1 PK. JOM Universitas Riau, Vol. 3(2): 1-5.

[2] Pandiangan, Kristoffel Colbert, Listiani Nurul Huda, A. Jabbar M. Rambe. 2013. Analisis Perancangan Sistem Ventilasi dalam Meningkatkan Kenyamanan Termal Pekerja di Ruangan Formulasi PT XYZ. e-Jurnal Teknik Industri FT USU, Vol. 1(1): 1-6.

[3] Indrani, Hedy C. 2008. Kinerja Ventilasi pada Hunian Rumah Susun Dupak Bangunrejo Surabaya. Dimensi : Jurnal Desain Interior, Vol. 6(1): 9-23.

[4] Satwiko, Prasasto. 2004. Fisika Bangunan I. Yogyakarta: Andi.

Pos terkait