Tarif Taksi Blue Bird Terbaru (Konvensional dan Listrik)

Blue Bird Group merupakan salah satu perusahaan yang bermain di bisnis transportasi, terutama armada taksi. Bermula dari sejumlah kecil taksi hingga menjadi sebuah perusahaan yang melayani kebutuhan jutaan penumpang di Indonesia, meskipun tarifnya tidak murah, banyak yang bilang bahwa perusahaan ini adalah layanan taksi berkualitas.

Armada taksi Blue Bird (sumber: cnn)
Armada taksi Blue Bird (sumber: cnn)

Fasilitas Taksi Blue Bird

Dilansir dari website resminya, taksi Blue Bird merupakan salah satu bentuk produk jasa dari Blue Bird Group. Telah melayani jutaan penumpang setiap bulannya, Blue Bird Group memperluas jenis layanan yang ditawarkan seperti taksi konvensional dan listrik. Armada taksi biru ini tampaknya sudah hadir di berbagai kota, mulai dari Jakarta, Surabaya, Bandung, Bali, Lombok, Semarang, Medan, Pekanbaru, hingga Malang. Tak hanya itu, taksi Blue Bird biasanya lebih dikenal di -kota wisata seperti Yogyakarta, Palembang, Banten, Makassar, dan Manado. 

Bacaan Lainnya

Menjadi kebutuhan transportasi masyarakat daerah dan turis, taksi biru ini lebih umum dijumpai di terminal, stasiun, dan bandara. Hal ini tentunya mempermudah wisatawan dari luar yang ingin menjelajahi daerah yang disinggahi. Para pelancong tidak perlu bingung memilih transportasi yang mampu membawa mereka ke berbagai tempat tujuan di kota pilihan.

Sebagai penumpang yang tidak tahu jalan dan arah, Anda juga tidak perlu khawatir ketika naik taksi Blue Bird. Para taksi tersebut sudah hafal dengan seluk beluk daerah yang ingin Anda kunjungi. Anda hanya perlu menyebutkan tujuan Anda dan taksi akan langsung meluncur ke daerah tersebut. Beberapa taksi juga sudah dilengkapi dengan GPS, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk kesasar atau salah jalan.

Saat naik taksi Blue Bird, tentunya Anda juga akan merasa nyaman. Ada beragam pilihan mobil untuk taksi biru ini, antara lain Toyota Limo, Honda Mobilio, dan Toyota Avanza. Setiap mobil tentunya menawarkan fasilitas berbeda. Untuk Blue Bird dengan mobil Toyota Limo misalnya, mampu diisi 2 hingga 3 penumpang ditambah barang bawaan. Untuk bagasinya sendiri tidak terlalu besar, tetapi cukup diisi dua koper ukuran sedang. 

Lalu, taksi Blue Bird dengan kendaraan Honda Mobilio memiliki kapasitas 2 hingga 3 penumpang dengan bagasi berukuran sedang dan bisa diisi dengan beragam barang bawaan, mulai dari koper kecil, sedang hingga besar. Sementara itu, taksi dengan kendaraan Toyota Avanza memiliki kapasitas 2 hingga 4 orang dengan bagasi super besar yang mampu menampung tiga koper berukuran sedang. Selain itu, beberapa taksi dengan kendaraan Toyota Avanza menawarkan fasilitas Wifi dan charger ponsel.

Untuk tarifnya, Blue Bird Group mematok tarif taksi bervariasi, sesuai dengan jarak yang ditempuh serta lokasi transportasi. Di tahun 2013 lalu misalnya, tarif taksi Blue Bird di wilayah Jakarta dan sekitarnya adalah Rp7.000 untuk buka pintu, Rp3.600 per km, dan Rp42.000 per jam waktu tunggu. Di wilayah Surabaya, untuk buka pintu dikenakan tarif Rp5.500, tarif per km adalah Rp4.000, dan tarif waktu tunggu adalah Rp40.000 per jam. Sementara, di Medan, tarif buka pintu adalah Rp6.000, tarif per km adalah Rp3.500, sedangkan waktu tunggu adalah Rp35.000 per jam, dengan minimal pembayaran Rp20.000 dan biaya pembatalan Rp5.000.

Kemudian, pada tahun 2016 lalu, tarif taksi Blue Bird di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mengalami penurunan sebesar 15 persen imbas penurunan harga bahan bakar minyak dan instruksi Organisasi Angkutan Darat (Organda). Tarif buka pintu turun Rp1.000, dari semula Rp7.500 menjadi Rp6.500. Sementara itu, tarif per km turun Rp500, dari semula Rp4.000 menjadi Rp3.500. Adapun tarif waktu tunggu, dipangkas menjadi Rp42.000 atau turun Rp5.000.

Pada April 2019, PT Blue Bird Tbk resmi meluncurkan taksi dengan bahan bakar listrik. Blue Bird diklaim sebagai operator taksi pertama di yang mengoperasikan mobil listrik. Perusahaan berlambang burung tersebut 25 BYD e6 A/T dan empat Tesla Model X 75D A/T sebagai armada e-taxi mereka.

Lalu, bagaimana dengan tarif taksi listrik Blue Bird ini? Pihak perusahaan menyebut tidak ada perbedaan. Artinya, tarif e-taxi Blue Bird ini sama persis dengan armada konvensional yang saat ini beredar. Pasalnya, perusahaan mengaku masih belum mendapatkan mobil dengan harga yang bisa membuat (tarif) menjadi lebih murah walaupun charge listriknya lebih murah daripada bensin.

Taksi Blue Bird listrik (sumber: liputan6.com)

Tarif Taksi Blue Bird

Jenis Tarif Besaran Tarif
Tarif Awal Rp4.100 per km
Tarif Buka Pintu Rp7.000
Tarif Tunggu Rp48.000 per jam

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, tarif taksi Blue Bird saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, tarif awal taksi Blue Bird yang semula dipatok mulai Rp4.350 per km, sekarang sedikit turun menjadi Rp4.100 per km. Berbeda dengan tarif buka pintu taksi Blue Bird yang naik dari Rp6.500 menjadi Rp7.000.

Sekadar informasi, selain taksi Blue Bird, Blue Bird Group juga memiliki armada premium yang dinamai Silver Bird Vellfire. Armada yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan kalangan bisnis dan keluarga ini menawarkan kabin yang mewah dan luas serta dilengkapi dengan executive power seats dan ruang yang luas untuk mengistirahatkan kaki. Untuk saat ini, armada tersebut tersedia di Plaza Senayan, Hotel Mulia, Hotel Grand Hyatt, Pacific Place, dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Tarif Taksi Online

Nama Taksi Online Besaran Tarif
GrabCar Biaya Minimum: Rp10.000
Tarif per km: Rp29.000
GoCar Tarif per km: Rp21.000 – Rp24.000
Maxim Car Biaya Minimum Jabodetabek: Rp15.000
Tarif Tunggu: 5 menit pertama gratis, selanjutnya dikenakan Rp500 per menit.

Perlu diingat, tarif taksi online di atas tidak mengikat dan dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak armada. Untuk informasi lebih lanjut, tak ada salahnya mengakses situs resmi masing-masing taksi yang bersangkutan.

[Update: Ditta]

Pos terkait