Info Terbaru Tarif Layanan GrabCar di Jogja

No comment3510 views

Meski menuai kontroversi, tak bisa dipungkiri bahwa kehadiran taksi berbasis seperti Gojek, Grab, dan Uber ternyata bisa begitu bermanfaat bagi Indonesia. Terlebih karena taksi dan ojek berbasis memasang tarif yang relatif terjangkau dan bisa diakses kapan saja. Tak hanya bermanfaat dari sisi penumpang, skema insentif yang menguntungkan dari Grab pun memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk memperoleh penghasilan tambahan dari mendaftar sebagai pengemudi taksi online.

Ilustrasi: armada taksi online Grab car (sumber: sketsanews.com)

Ilustrasi: taksi online Grab car (sumber: sketsanews.com)

Sebagai contoh, transportasi online asal Malaysia, Grab juga saat ini keberadaannya tak kalah populer dengan Gojek. Grab memiliki beragam layanan seperti GrabBike, GrabCar, GrabTaxi, GrabFood, hingga GrabParcel. Layanan-layanan tersebut telah merambah berbagai wilayah di Indonesia seperti Jabodetabek, Denpasar, Surabaya, Malang, hingga Yogyakarta.

Seperti halnya Gojek, GrabCar menerima secara tunai dan juga non tunai melalui layanan GrabPay. Poin plus lainnya yang ditawarkan oleh Grab adalah adanya kode promo pada momen-momen tertentu yang memungkinkan Anda untuk memperoleh diskon atau potongan harga saat hendak melakukan perjalanan dengan GrabCar. Sebagai informasi, untuk pengguna baru berkesempatan untuk memperoleh diskon dengan memasukkan promo code tertentu di aplikasi Grab. Kode promo ini bisa Anda temukan di menu Notifications.

Baca juga  Update Info Lengkap Daftar Tarif Gojek di Pontianak

Tarif GrabCar di setiap umumnya tidak terpaut terlalu jauh. Sayangnya pihak Grab tidak menyebutkan secara rinci berapa biaya perjalanan menggunakan Grab. Berdasarkan info di web resminya, tarif minimum GrabCar di Jogja per kilometer (km) dipatok Rp 10.000. Akan tetapi, jika menurut Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor: SK.3244/AJ.801/DJPD/2017 tentang tarif batas atas dan tarif batas bawah sewa khusus. Secara spesifik, ketentuan tarif tercantum pada Pasal 2.

Disebutkan bahwa besaran tarif angkutan sewa khusus di wilayah Sumatera, Jawa dan Bali adalah Rp 6.000/km untuk batas atas Rp 3.500/km untuk batas bawah. Selanjutnya tarif di wilayah Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua Rp 6.500/km untuk batas atas dan tarif batas bawahnya sebesar Rp 3.700/km.

Ke depannya, Kementerian Perhubungan juga akan memberlakukan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No 118 tahun 2018 pada Juni 2019. Namun saat ini Kemenhub masih melakukan evaluasi lebih lanjut mengenai tarif taksi online.

Baca juga  Update Cara Membeli dan Tarif Tiket (E-Ticket) Busway TransJakarta

Jika Anda ingin membatalkan pemesanan GrabCar, Anda juga tak akan dikenai biaya pembatalan. Akan tetapi, bila ada keperluan seperti melewati jalan tol, parkir, dan sebagainya, maka Anda akan dikenai biaya tambahan oleh sang driver.

Cara Memesan GrabCar

GrabCar - www.oto.com

GrabCar - www.oto.com

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Grab di Google Play untuk pengguna hp atau App Store untuk pengguna smartphone berbasis iOS.
  2. Aktifkan terlebih dahulu GPS di ponsel Anda, kemudian buka aplikasi Grab yang telah terinstall di hp.
  3. Lokasi Anda akan terdeteksi secara otomatis, kemudian masukkan tujuan dan dapatkan info total biaya perjalanan yang harus Anda bayarkan.
  4. Setelah mengonfirmasi pesanan, pengemudi terdekat dari posisi Anda akan terinfo dan Anda bisa melihat langsung konfirmasi pesanan dari sang sopir.
  5. Anda akan memperoleh konfirmasi pengemudi yang akan menjemput dalam waktu satu menit.
  6. Anda juga bisa melacak langsung posisi pengemudi yang sedang menuju lokasi penjemputan.
Baca juga  Tarif Tol Surabaya-Kertosono (via Surabaya-Mojokerto dan Mojokerto-Kertosono)

Perlu diingat bahwa tarif GrabCar bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Untuk lebih pastinya, Anda bisa langsung melihat tarif yang tertera saat melakukan pemesanan GrabCar atau layanan lainnya di aplikasi Grab.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Tarif Layanan GrabCar di Jogja"