Update Tarif GrabCar di Jogja

Meski sempat menuai kontroversi, tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran berbasis online seperti Gojek dan Grab ternyata bisa begitu bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Terlebih karena taksi dan ojek berbasis aplikasi memasang tarif perjalanan yang relatif terjangkau dan bisa diakses kapan saja. Karena itu, tidak heran jika kemudian tersebut sudah tersedia di banyak kota, termasuk Jogja.

Ilustrasi: GrabCar
Ilustrasi: GrabCar

Selain Gojek, Grab telah menjadi salah satu ojek dan online yang sangat populer di Indonesia. Perusahaan yang awalnya didirikan di Malaysia itu sudah memiliki beragam layanan seperti GrabBike, GrabCar, GrabTaxi, GrabFood, hingga GrabParcel. Layanan-layanan tersebut pun telah merambah berbagai wilayah di Indonesia seperti Jabodetabek, Denpasar, Surabaya, Malang, hingga Yogyakarta.

Bacaan Lainnya

Seperti halnya Gojek, GrabCar menerima pembayaran secara tunai dan juga non-tunai melalui GrabPay atau kalau di Indonesia ditangani OVO. Poin plus lainnya yang ditawarkan oleh Grab adalah adanya kode promo pada momen-momen tertentu yang memungkinkan Anda untuk memperoleh diskon atau potongan harga saat hendak melakukan perjalanan dengan GrabCar. Sebagai informasi, untuk pengguna baru, berkesempatan untuk memperoleh diskon dengan memasukkan promo code tertentu di aplikasi Grab. Kode promo ini bisa Anda temukan di menu Notifications.

Baca juga  Update Harga Menginap di Nihi Sumba (Nihiwatu Resort)

Cara Memesan GrabCar

  • Download terlebih dahulu aplikasi Grab di Google Play untuk pengguna ponsel berbasis Android atau App Store untuk pengguna smartphone berbasis iOS.
  • Aktifkan terlebih dahulu GPS di ponsel Anda, kemudian buka aplikasi Grab yang telah terinstall di HP.
  • Lokasi Anda akan terdeteksi secara otomatis, kemudian masukkan tujuan dan dapatkan info total biaya perjalanan yang harus Anda bayarkan.
  • Setelah mengonfirmasi pesanan, pengemudi terdekat dari posisi Anda akan terinfo dan Anda bisa melihat langsung konfirmasi pesanan dari sang sopir.
  • Anda akan memperoleh konfirmasi pengemudi yang akan menjemput dalam waktu satu menit.
  • Anda juga bisa melacak langsung posisi pengemudi yang sedang menuju lokasi penjemputan.

Mengenai tarif, tarif GrabCar di setiap kota umumnya tidak terpaut terlalu jauh. Sayangnya, pihak Grab tidak menyebutkan secara rinci berapa biaya perjalanan menggunakan mereka. Namun, per Maret 2020 kemarin, ada kenaikan tarif ojek online untuk kawasan Jabodetabek sebesar Rp150 per km. Sementara itu, untuk kawasan lainnya, termasuk Yogyakarta, tarif tetap, yani Rp1.850 per km untuk batas bawah dan Rp2.300 per km untuk batas atas, dengan ongkos jasa minimal Rp7.000 hingga Rp10.000.

Baca juga  Info Terbaru Tarif Rawat Inap Pasien BPJS (Kelas I, Kelas II, Kelas III)

Aturan tersebut merupakan perubahan hasil evaluasi bersama antara Kementerian Perhubungan, Yayasan Konsumen Indonesia, dan aplikator. Sebelumnya ada ketentuan tersebut, tarif ojek online di Jabodetabek dipatok Rp2.000 per km untuk tarif batas bawah dan Rp2.500 per km untuk batas atas, dengan tarif flat untuk 4 km pertama sebesar Rp8.000 hingga Rp10.000.

Layanan Taksi Online GrabCar - prfmnews.pikiran-rakyat.com
Taksi Online GrabCar – prfmnews.pikiran-rakyat.com

Tarif GrabCar di Jogja

Lalu, berapa tarif GrabCar di Jogja untuk saat ini? Seperti sebelumnya, pihak Grab tidak memberikan rincian terkait besaran tarif taksi online mereka. Di dalam situs resminya, perusahaan hanya menyatakan bahwa tarif minimum saat ini untuk menggunakan GrabCar sebesar Rp10.000. Selanjutnya, dikenakan tarif per km yang mengikuti ketentuan pemerintah. Apabila di-cek langsung melalui aplikasi, untuk rute sejauh 1 km, konsumen akan dikenakan tarif Rp29.000, tergantung jenis mobil dan kondisi lalu lintas jalan.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.