Update Tarif JNE Jakarta Malang (Layanan OKE, REG, dan YES)

Sejalan dengan semakin menjamurnya bisnis e-commerce atau jual beli online yang ada di Indonesia, juga berpengaruh terhadap kebutuhan akan jasa ekspedisi. Banyak penyedia jasa kirim bermunculan demi menjawab kebutuhan masyarakat tersebut. Meski demikian, ada beberapa brand ekspedisi yang menjadi langganan oleh masyarakat karena kualitas layanan dan kecepatan pengirimannya, tak terkecuali JNE. Misalnya, untuk tarif JNE dari Jakarta ke Malang dipatok mulai harga Rp19 ribu per kg.

Ilustrasi: kirim paket JNE Jakarta - Malang

Ilustrasi: kirim paket JNE Jakarta - Malang

JNE, yang juga dikenal dengan nama Tiki Jalur Nugraha Ekakurir merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik yang bermarkas di Jakarta, Indonesia dan menjadi salah satu perusahaan kurir terbesar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 26 November 1990 oleh Soeprapto Suparno.

Mulanya, JNE dirintis sebagai sebuah divisi dari PT Citra Titipan Kilat (TiKi) yang bergerak dalam bidang jasa kurir . Dengan delapan orang dan kapital 100 juta rupiah, JNE memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan impor kiriman barang, dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.

Pada tahun 1991, JNE memperluas jaringan internasional dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa Asia (ACCA) yang bermarkas di Hong Kong yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah antaran sampai ke seluruh dunia.

Karena persaingannya di pasar domestik, JNE juga memusatkan memperluas jaringan domestik. Dari hal ini JNE banyak mendapat keuntungan persaingan dalam pasar domestik. Hingga akhirnya JNE memperluas pelayanannya dengan logistik dan distribusi.

Seiring dengan perkembangannya, JNE terus berinovasi menghadirkan layanan promosi dan kualitas terbaiknya untuk para pelanggan. JNE juga selalu menjamin barang milik pelanggan bisa sampai dengan aman di tempat tujuan dengan menyediakan asuransi khusus. Ada beberapa layanan pengiriman domestik yang ditawarkan oleh JNE.

Jenis Layanan JNE

OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)

Paket OKE ini merupakan singkatan dari Ongkos Kirim ekonomis, biasa layanan paket OKE dibanderol dengan harga sangat ekonomis namun tentunya Anda akan menunggu lebih lama barang sampai ke rumah. Pengiriman paket OKE ini menggunakan kargo udara dan angkutan darat yang menghubungkan kota kota besar. Layanan OKE menjamin barang akan sampai dalam tempo 5-7 hari setelah kirim.

Ilustrasi: paket untuk dikirim (pexels: Liza Summer)

Ilustrasi: paket untuk dikirim (pexels: Liza Summer)

REG (Regular)

Layanan ini biasanya paling ramai digunakan oleh toko online di Indonesia, karena waktu pengirimannya yang lebih cepat. Pihak JNE sendiri menjanjikan paket ini tiba di tujuan dalam 2-3 hari setelah kirim. Layanan Reguler ini menawarkan jasa kirim barang yang cepat, aman dan handal ke pelosok Indonesia.

YES (Yakin Esok Sampai)

Nah, kalau paket layanan ini lebih cepat lagi dari kedua paket yang di atas, karena YES menawarkan kiriman dalam 1 hari tiba di tujuan. Akan tetapi dengan catatan bahwa alamat yang dituju harus berada di kota-kota besar dan berada di dekat jalan raya. Yang menarik dari paket YES ini adalah jika kiriman tidak sampai pada keesokan harinya maka jaminan uang kembali.

SS (Spesial Service)

Layanan SS disebut juga Super Speed, yang mana JNE menjanjikan bahwa paket yang dikirim akan sampai pada hari yang sama. Layanan ini mengirim barang via transportasi udara atau disebut dengan Direct Flight selama jadwal terbang transportasi tersebut tersedia. Target akan sampai di tujuan dalam waktu 24 jam setelah barang dikirim oleh JNE. Namun tentunya dengan harga yang lebih mahal.

JTR

Layanan JNE Trucking berlaku untuk pengiriman dalam jumlah besar dengan menggunakan armada truk melalui darat dan laut dengan harga yang kompetitif. Ketentuan layanan ini meliputi berat paket yang dikirimkan adalah 10 kg, termasuk pengiriman motor. Pengiriman ini berlaku secara nasional tanpa garansi uang kembali (money back guarantee).

Ilustrasi: layanan JNE (sumber: liputan6)

Ilustrasi: layanan JNE (sumber: liputan6)

Hingga saat ini, JNE telah menjadi rujukan bagi banyak pelaku usaha online dalam mengirimkan barangnya ke pelanggan. Hal tersebut dikarenakan kualitas layanan dan ongkir yang relatif murah. Sebagai contoh, berikut kami sajikan daftar tarif pengiriman domestik dari Kota Jakarta ke Kota Malang per 1 kg untuk setiap layanan dari JNE.

Ongkir JNE Jakarta-Malang

Jenis Layanan Kirim JNETarif per Kg
JNE OKERp19.000
JNE REGRp22.000

Ongkir JNE Jakarta-Malang tampaknya tidak mengalami perubahan tarif sejak tahun 2019 dan 2020. Namun pada 2021, layanan YES (Yakin Esok Sampai) untuk pengiriman JNE Jakarta-Malang yang semula dikenakan tarif Rp42 ribu, kini sudah tidak tersedia. Untuk pengiriman paket lebih besar dengan minimum berat 10 kg, Anda dapat memakai layanan JTR dengan tarif Rp50 ribu.

Tarif di atas tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan tahun lalu. Bagi Anda yang ingin mengecek ongkos kirim JNE dari kota atau wilayah lainnya, Anda bisa dengan mudah mendapatkan info tarif kirim JNE melalui situs resmi JNE di www.jne.co.id/id/tracking/tarif. Di laman tersebut, Anda tinggal mengisi kota asal kiriman dan kota tujuan serta berat barang (paket) yang akan Anda kirim.

[Update: Ditta]

Baca juga  Info Terbaru Tarif Cargo Sriwijaya Air ke Berbagai Kota
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Tarif JNE Jakarta Malang (Layanan OKE, REG, dan YES)"