Info Tanah Kavling Perumahan Harga Rp60 Jutaan di Batu dan Malang

Memiliki rumah sendiri merupakan impian banyak orang, terutama mereka yang telah memiliki keluarga. Selain membeli dalam bentuk jadi, masyarakat pun bisa membangun rumah mereka sendiri dengan cara membeli kavling tanah di perumahan atau di lokasi lainnya. Di kawasan Batu dan misalnya, ada beberapa tanah kavling perumahan yang dijual dengan harga Rp60 jutaan atau malah di bawahnya.

Kavling Perumahan - www.kompasiana.com

Kavling Perumahan - www.kompasiana.com

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, kavling adalah bagian tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu, yang tujuan akhirnya dijadikan bangunan tempat tinggal atau bangunan lainnya. Dalam sebuah kompleks perumahan, terdapat beberapa macam bentuk tanah kavling, yang dibedakan sesuai letak atau posisi kavling di dalam perumahan tersebut.

Bentuk atau jenis kavling yang pertama adalah Cul de Sac Lot, yang berasal dari bahasa Perancis, yang berarti tanah kosong di jalan buntu. Jenis tanah kavling ini biasanya memiliki bagian depan yang cenderung sempit, namun melebar di bagian belakang. Meski kondisi sempit dan terletak di ujung jalan buntu, kavling ini cenderung lebih aman dan lebih tenang karena jauh dari kebisingan.

Jenis tanah kavling berikutnya adalah Interior Lot, yang juga lebih populer dengan sebutan cluster atau klaster. Posisi tanah kavling ini berada di tengah deretan kavling pada posisi satu blok. Interior Lot biasanya hanya memiliki satu akses pintu gerbang masuk sehingga dapat dijaga dengan baik dan juga tidak bising. Meski demikian, pemandangan bangunan di tanah kavling jenis ini biasanya hanya satu arah dan memiliki sirkulasi udara yang kurang begitu baik.

Kemudian, ada jenis tanah kavling yang bernama T-Intersection Lot atau sering juga disebut tusuk sate. Bagi beberapa orang, tanah kavling ini ideal untuk dijadikan tempat usaha dibandingkan membangun tempat tinggal. Alasannya, mungkin karena lebih mudah terlihat dari jauh yang berarti bisa menarik minat konsumen. Sementara, jika digunakan untuk hunian, akan menghasilkan eksterior yang mudah dipandang siapa saja yang melintas.

Lalu, berapa kavling di area perumahan di kawasan Kota Batu dan Malang Raya? Berikut kami sajikan informasi harga tanah kavling yang berada di kisaran maksimal Rp60 jutaan.

LokasiLuas TanahHarga (Rp)
Coban Rondo Village60 m260.000.000
Klub Bunga, Batu60 m260.000.000
Juwet, Tunjungtirto, Singosari-60.000.000
Kavling Jasmine, Wagir, Kabupaten Malang-60.000.000
Pandan Asri, Jalan Bandulan Barat, Malang72 m260.000.000
Saptorenggo, Pakis, Kabupaten Malang60 m260.000.000
Pesona Bandara, Pakis, Kabupaten Malang60 m260.000.000

Namun, sebelum memutuskan membeli tanah kavling di perumahan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama, teliti apakah tanah tersebut sudah mengantongi sertifikat atau belum. Kemudian, pastikan pemegang hak atas tanah tersebut adalah nama si penjual atau pengelola tanah. Selain itu, tanyakan status sertifikat tanah sudah dipecah atau masih sertifikat induk, dan lakukan pengecekan atau klarifikasi keabsahan sertifikat tanah.

Baca juga  Info Terkini Harga dan Biaya Bangun Rumah Type 21
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Tanah Kavling Perumahan Harga Rp60 Jutaan di Batu dan Malang"