Update Info Syarat, Prosedur, & Cara Menghitung Biaya Balik Nama Mobil

Kendaraan seperti atau sepeda motor berpindah kepemilikan atau domisili biasanya diharuskan untuk mengurus balik nama dan juga mutasi, demikian pula dengan kendaraan bekas. Beberapa orang biasanya enggan mengurus balik nama sendiri karena merasa prosesnya terlalu rumit dan memakan waktu yang terlalu lama. Oleh sebab itu masih ada beberapa orang yang lebih memilih menggunakan jasa calo untuk mengurus balik nama . Padahal biaya balik nama sebenarnya tidak terlalu mahal dan bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah asalkan berkas-berkas persyaratan yang dibutuhkan lengkap.

Ilustrasi: kunci mobil

Ilustrasi: kunci mobil

Dalam urusan balik nama kendaraan, ada beberapa komponen biaya yang perlu Anda ketahui. Agar Anda lebih paham dan dapat memperoleh gambaran seputar balik nama kendaraan, berikut ini kami rangkum contoh cara menghitung biaya balik nama mobil.

Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB)

BBN-KB adalah salah satu komponen biaya yang harus Anda bayarkan ketika membeli maupun bekas (second). Besar tarif BBN-KB antara masing-masing daerah bisa saja berbeda. Namun sebagai gambaran, untuk Provinsi DKI Jakarta berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) No. 9 Tahun 2010 tentang Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, tarif BBN-KB untuk kendaraan penyerahan pertama adalah 10%, sedangkan penyerahan kedua dan seterusnya 1%.

Nah, untuk mengetahui besaran pokok BBN-KB yang terutang, Anda tinggal menghitung dengan cara mengalikan tarif dengan dasar pengenaan tadi. Anggap saja Anda membeli seharga Rp150 juta, maka BBN2 (untuk kendaraan bekas) adalah 1% x Rp150.000.000 = Rp1.500.000.

Baca juga  Update Harga Mortar MU 480 (Mortar Utama 480) di Pasaran

Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-Lintas Jalan (SWDKLLJ)

Besaran SWDKLLJ yang ditentukan oleh pemerintah untuk kendaraan mobil penumpang non angkutan umum adalah Rp143.000.

Biaya Penerbitan STNK, TNKB, BPKB, dan Surat Mutasi

cara, menghitung, biaya, balik nama, bea, mobil, kendaraan, 2018, mutasi, dan, bekas, seken, second, bermotor, sepeda motor, bpkb, stnk, jawa timur, 2017, gratis, jawa tengah, dki jakarta, syarat, persyaratan

Plat nomor baru dan STNK setelah dibalik nama

Mengurus balik nama mobil tentunya tidak terlepas dari urusan sejumlah penting seperti STNK, TNKB, BPKB, dan surat mutasi ke luar daerah. Nah, biaya penerbitan surat-surat tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif PNBP dalam Lingkungan Polri.

Adapun biaya penerbitan STNK mobil ditetapkan sebesar Rp200.000, penerbitan TNKB dikenai biaya Rp100.000, penerbitan BPKB biayanya Rp375.000, dan biaya penerbitan surat mutasi sebesar Rp250.000. Jadi, rincian biaya yang perlu Anda keluarkan untuk balik nama mobil adalah:

RincianBiaya
BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor)Rp1.500.000
SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-Lintas Jalan)Rp143.000
Biaya penerbitan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)Rp200.000
Biaya penerbitan TNKB (Tanda Nomor kendaraan Bermotor)Rp100.000
Biaya penerbitan BPKB (Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor)Rp375.000
Biaya penerbitan surat mutasiRp250.000
TOTALRp 2.568.000 (belum termasuk tunggakan pajak kendaraan yang belum dilunasi)
Baca juga  Spesifikasi dan Harga Traktor 4 Roda Yanmar (EF494T & EF393T)

Selain komponen biaya yang telah disebutkan di atas, kabarnya ada beberapa komponen biaya di luar pajak yang juga perlu Anda bayarkan ketika hendak mengurus balik nama mobil. Biaya di luar pajak yang dimaksud antara lain:

  • Pemberian tip pada petugas cek fisik sebesar Rp10.000 (sifatnya tidak wajib).
  • Pengesahan hasil cek fisik sebesar Rp30.000 (tanpa kuitansi).
  • Pendaftaran balik nama STNK sebesar Rp30.000 untuk mobil (tanpa kwitansi).
  • Pendaftaran balik nama BPKB sebesar Rp100.000 untuk mobil (mendapatkan blanko yang dikeluarkan oleh Polda setelah pengurusan STNK selesai dan saat pengurusan BPKB. Biaya ini bisa disetorkan melalui BRI).

Dokumen Persyaratan Balik Nama Mobil

Ilustrasi: identitas pemilik kendaraan bermotor (twitter: @kabarklaten)

Ilustrasi: identitas pemilik kendaraan bermotor (twitter: @kabarklaten)

Sebelum Anda mengurus balik nama mobil, ada beberapa berkas-berkas yang perlu Anda siapkan, yaitu:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik kendaraan saat ini (pembeli).
  • BPKB asli dan fotokopinya.
  • STNK asli dan fotokopinya.
  • Kuitansi jual-beli kendaraan yang telah disertai dengan materai senilai Rp6.000.

Cara Mengurus Balik Nama Mobil

  • Siapkan mobil yang hendak dibalik nama, sebab saat tiba di Samsat mobil tersebut akan melalui prosedur cek fisik. Anda tak perlu bingung, karena nantinya akan ada petugas yang mengarahkan, sehingga Anda tinggal mengikuti arahannya saja ketika cek fisik.
  • Parkir mobil Anda di lajur Cek Fisik, jangan lupa buka kap mobil. Petugas akan membawa dan melakukan pengecekan fisik mobil yang meliputi nomor rangka dan nomor mesin mobil dengan cara menggosokkan stiker khusus.
  • Apabila sudah selesai cek fisik, Anda dapat mengisi formulir Balik Nama yang bisa diperoleh di Loket Pendaftaran Balik Nama.
  • Lampirkan syarat-syarat yang dibutuhkan dan serahkan ke Loket Balik Nama Kendaraan. Nantinya Anda akan diberi tanda terima yang menunjukkan bahwa berkas sedang diproses oleh petugas.
  • Tunggu sampai nama dan nopol mobil Anda dipanggil oleh petugas. Sembari menunggu, Anda bisa membayar dan pajak kendaraan (hanya jika pajak belum lunas).
  • Jika tagihan pembayaran balik nama mobil Anda sudah lunas, maka Anda akan memperoleh cap lunas dan tanda terima dari berkas-berkas yang telah Anda serahkan tadi. Kemudian STNK asli dengan nama baru (nama Anda) selesai dibuat. Anda tinggal mengurus BPKB dengan nama baru ke Polda setempat.

Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan? Perlu diketahui bahwa terkadang di setiap daerah prosedurnya bisa sedikit berbeda urutan atau ketentuannya, namun pada dasarnya syarat yang dibutuhkan untuk balik nama tetap sama. Tak perlu takut salah, sebab Anda bisa bertanya ke petugas dan meminta arahan dalam pengurusan balik nama mobil. Anda juga bisa memanfaatkan program pemutihan yang kerap diadakan di berbagai daerah, dengan demikian Anda dibebaskan dari denda pajak dan balik nama, alias gratis.

[Update: Zulfa]

Baca juga  Info Harga Globe (Bola Dunia) di Pasaran
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Info Syarat, Prosedur, & Cara Menghitung Biaya Balik Nama Mobil"