Info Pilihan Model dan Harga Gorden untuk Jendela Kecil Panjang

Hampir setiap rumah memiliki gorden. Gordyn biasanya digunakan untuk menghalangi sinar yang masuk melalui atau bahkan digunakan sebagai sekat (partisi) alias pembatas antar ruangan. Pemasangan gorden dapat disesuaikan dengan jendela yang hendak ditutupi, baik jendela berukuran besar, lebar, panjang, maupun kecil.

Gorden jendela tampak dari luar

Gorden jendela tampak dari luar

Model gorden di pasaran pun sangat variatif, ada yang menggunakan kain polos, kain bermotif, kain transparan, kain dengan aksen glossy atau mengilap, hingga kain blackout yang benar-benar menghalangi cahaya yang masuk. Pemilihan gorden dan kainnya pun perlu disesuaikan dengan kebutuhan supaya lebih tepat guna.

Untuk jendela kamar bagi Anda yang tinggal di daerah terik mungkin bisa menggunakan gorden dengan kain blackout supaya tidak silau. Tetapi untuk area ruang tamu, Anda bisa memakai jendela dengan kain transparan sehingga cahaya matahari tetap bisa masuk. Nah, bagi Anda yang sedang bingung memilih model gorden, berikut ini daftar pilihan model gorden yang bagus untuk jendela berukuran kecil dan panjang.

Model Gorden untuk Jendela Kecil Panjang

Gorden Model Ikat

Gorden jenis ini beberapa tahun belakangan memang cukup populer digunakan di hunian yang bergaya minimalis atau bahkan Skandinavian. Pilihan jenis kain dan motifnya sangat beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan tema dari suatu ruangan. Bentuknya biasanya juga simpel, hanya berupa lembaran kain persegi panjang dengan lubang di bagian atas atau bahkan Velcro supaya lebih mudah dipasang di batang rel gorden.

Kabar baiknya, selain membelinya di toko gorden, Anda juga bisa membuat gorden DIY dengan model gorden ikat seperti ini. Anda tinggal menyesuaikannya dengan ukuran jendela. Karena efek yang diinginkan biasanya adalah efek ‘wavy’ alias bergelombang, maka sebaiknya ukuran lebar kain dilebihkan supaya bisa memunculkan efek kain yang bergelombang saat dibuka maupun ditutup.

Gorden Model Draperi

drapery pun dapat Anda jadikan alternatif untuk menutupi gorden jendela kecil panjang Anda di rumah. Model draperi sendiri berupa jatuhan kain dengan lipit dan kerut, sehingga bisa membuat ruangan terlihat dramatis, mewah, dan juga cocok untuk Anda yang menyukai desain ruangan ala Victorian style yang klasik namun cantik.

Gorden jendela kamar

Gorden jendela kamar

Gorden Model Fitted

Gorden model fitted atau yang juga sering disebut gorden model kupu-kupu atau pita ini memiliki desain yang cukup simpel. Gorden model ini biasanya tidak membutuhkan rel gorden yang perlu dipaku di bagian tembok, melainkan cukup dipasang tepat di jendelanya saja. Model ini bisa jadi pilihan tepat untuk Anda penyuka gaya rapi dan simpel. Pasalnya, jika Anda menginginkan adanya cahaya yang masuk, Anda bisa mengikat bagian tengah gorden. Selain memungkinkan cahaya masuk, saat diikat pun gorden tersebut bisa menambah nuansa indah di rumah Anda.

Gorden Model Roman

Untuk alternatif menutupi jendela berukuran kecil dan panjang, Anda pun dapat menjajal gorden atau blind bergaya roman. Gorden satu ini punya gaya yang cukup unik karena dapat menutupi jendela dengan cara digantung pada bagian atas. Tak usah khawatir, Anda juga bisa menyesuaikan ukurannya dengan kebutuhan. Saat ini pilihan atau kain untuk gorden roman pun sudah semakin variatif dan menarik.

Gorden Transparan

Gorden transparan atau yang sering juga disebut vitrase pun bisa jadi pilihan untuk menghias jendela kecil dan panjang. Supaya privasi tetap terjaga, Anda juga bisa mengombinasikan vitras dengan gorden model ikat atau sebagainya. Nah, caranya tentu saja gunakan rel gorden minimalis yang terdiri dari 2 batang. Jadi batang pertama bisa untuk memasang gorden transparan, sedangkan batang berikutnya untuk gorden motif. Anda bisa memunculkan kesan feminin dari sinar lembut cahaya matahari yang masuk lewat celah-celah gorden transparan tersebut. Gorden model ini bisa digunakan di area ruang tamu maupun kamar dan cocok untuk rumah bergaya klasik, minimalis, maupun kontemporer.

Daftar Gorden Jendela Kecil Panjang

Membuka gorden jendela

Membuka gorden jendela

Jenis GordenHarga
Gorden Jendela Lipat Roman Shades Motif GarisRp 270.000 – 378.000 per meter
Onna / Roman Blinds / Tirai Gulung / Tirai Jendela / Gorden Motif Dim-out seri 26 GoldRp 660.000 per m2
IKEA LILL Gorden jaring transparan ukuran 250 x 280 cmRp 102.000 sepasang
Gorden jendela ikat minimalisRp 55.000 – Rp 180.000
Gorden jendela draperi 2 LengkungRp 450.000
Gorden jendela fitted (kupu-kupu)Rp 30.000 – Rp 169.000

harga gorden jendela kecil panjang di atas diperoleh dari berbagai sumber. Perlu Anda ingat bahwa harga gorden dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga gorden jendela kecil panjang yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari desain atau modelnya, ukuran, yang digunakan, dan di mana Anda membelinya. 

Selain gorden yang harus dipesan dulu secara custom, baik dari segi bahan, desain, dan ukuran, saat ini juga sudah banyak pedagang yang menjual gordyn alias hordeng dalam wujud jadi alias ready stock, sehingga Anda tak perlu menunggu terlalu lama hingga gordin tersebut selesai dijahit.

Gorden-gorden yang sudah jadi itu biasanya tersedia dalam beberapa ukuran standar dan cocok untuk jendela di rumah yang desainnya minimalis, sehingga lebih praktis dilepas-pasang sewaktu-waktu untuk dibersihkan atau bahkan ganti gorden lainnya. Dibandingkan gorden dengan desain custom, gorden yang sudah jadi seperti itu biasanya relatif lebih murah meski desain atau bahannya mungkin tidak ‘semewah’ gorden kustom.

Baca juga  Info Terbaru Harga Lem Epoxy Avian (340 gr & 1,6 kg)
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Pilihan Model dan Harga Gorden untuk Jendela Kecil Panjang"