Update Pendaftaran & Biaya Kuliah Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) adalah pendidikan tinggi kedinasan yang telah didirikan sejak tahun 1955 silam. pendidikan yang berada di bawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ini menawarkan beberapa studi, yakni Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi.

Gedung Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Instagram: @kaaldini)

Gedung Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Instagram: @kaaldini)

Seperti halnya lembaga pendidikan dinas lainnya, STMKG menawarkan sejumlah keuntungan bagi para pendaftar yang lolos seleksi masuk STMKG, antara lain biaya yang 100% gratis ditanggung oleh negara, memperoleh Tunjangan Ikatan Dinas (TID) setiap bulan, jika lulus jenjang D1 dan melakukan PKL maka taruna secara otomatis masuk pemberkasan untuk didaftarkan menjadi CPNS. Jika nantinya diterima untuk bekerja penuh di BMKG, maka pendaftar bukan hanya mendapat gaji, tetapi juga memperoleh uang makan setiap bulan, uang kesejahteraan tiap 3 bulan, dan sebagainya.

Setiap tahun STMKG juga rutin membuka penerimaan calon taruna baru, demikian pula untuk tahun 2020 ini. Pendaftaran STMKG dibuka mulai tanggal 9 April 2020 hingga 30 April 2020. Proses Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Lanjutan akan dilaksanakan di 10 Kantor Pusat Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kanreg BKN, Kantor UPT BKN, atau Kantor BKP dengan sistem tes berbasis di Kota , Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Medan, Palembang, Jayapura, Sofifi (Maluku Utara), Sorong, dan Mataram. Berikut ini info lengkap biaya pendaftaran dan kuliah di STMKG terbaru.

Biaya Pendaftaran dan Pendidikan STMKG

Apabila Anda tertarik mendaftar sebagai calon taruna baru STMKG, Anda diharuskan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp75.000 dan biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebesar Rp50.000. Perlu diketahui bahwa biaya selama proses seleksi hingga pendaftaran ulang setelah dinyatakan diterima sebagai taruna STMKG akan ditanggung sepenuhnya oleh pendaftar. Sementara itu biaya pendidikan selama di STMKG ditanggung oleh negara, alias gratis. Selama menempuh pendidikan di STMKG tidak disediakan asrama bagi calon taruna.

Pendaftaran STMKG

Taruna STMKG/Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (sumber: stmkg.ac.id)

Taruna STMKG/Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (sumber: stmkg.ac.id)

Persyaratan Umum

  • Pria/Wanita, Warga Negara Indonesia.
  • Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dapat berkacamata maksimal minus (-) 2, spheris dan tidak silinder.
  • Umur tidak kurang dari 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun pada tanggal 1 September 2020.
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
  • Bebas narkoba yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat saat dilakukan Tes Kesehatan.
  • Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  • Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
  • Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Persyaratan

  • Lulus/akan lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan.
  • Lulus/akan lulus SMK dengan kompetensi keahlian pada butir (1) tersebut hanya dapat mendaftar untuk jurusan Instrumentasi-MKG. Kompetensi keahlian selain pada butir (1) tersebut tidak dapat diterima.
  • Bagi yang lulus sebelum tahun 2019, nilai ijazah untuk mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).
  • Bagi yang akan lulus pada tahun 2020, nilai rapor untuk 3 terakhir ( 3, 4, dan 5) pada mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).
  • Lulus ujian nasional SMA/MA/SMK.
  • Mempunyai ijazah SMA/MA/SMK.
  • Lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).
  • Lulus Seleksi Lanjutan berupa Tes Akademik Fisika, Matematika, Bahasa Inggris, Wawancara, dan Pemeriksaan Kesehatan.
Wisuda para taruna STMKG/Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (sumber: bmkg.co.id)

Wisuda para taruna STMKG/Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (sumber: bmkg.co.id)

Jika seluruh persyaratan terpenuhi, maka Anda dapat menyimak tata cara pendaftaran STMKG sebagai berikut.

Tata Cara Pendaftaran STMKG

Pendaftaran dilakukan secara melalui laman Panitia Seleksi Nasional Pendidikan Kedinasan di dikdin.bkn.go.id dan dilanjutkan dengan pengisian formulir pendaftaran di laman Penerimaan Taruna Baru STMKG / PTB STMKG 2020 di ptb.stmkg.ac.id.

  1. Pendaftar harus terlebih dahulu yakin memenuhi seluruh syarat pada poin-poin sebelumnya jika hendak melakukan pendaftaran. Apabila ternyata tidak memenuhi syarat tersebut, maka pendaftar tidak dapat diterima/dibatalkan sebagai calon taruna, dan biaya pendaftaran yang telah disetorkan tidak dapat diambil kembali untuk alasan apapun.
  2. Pendaftar hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga dan apabila pelamar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.
  3. Tata cara pengisian formulir pendaftaran dapat dilihat pada alamat website ptb.stmkg.ac.id.
  4. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp75.000 dan biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebesar Rp50.000. 

Tata cara pembayaran dapat dibaca pada Ketentuan Pendaftaran PTB STMKG 2020.

Penerimaan Taruna Baru STMKG

Pendaftaran taruna baru di STMKG yang semula direncanakan mulai 9 April 2020, harus ditunda mengingat status tanggap darurat bencana non-alam pandemi Covid-19 yang ditetapkan pemerintah. Penundaan tersebut berlaku sampai dengan ditetapkannya kebijakan lebih lanjut. Apabila ada pertanyaan mengenai penyelenggaraan PTB STMKG 2020, Anda bisa melayangkan pertanyaan lewat help desk dan dilayani pada jam kerja 07.30 – 16.00 WIB di live chat portal ptb.stmkg.ac.id atau telepon (021) 73691621-22.

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Panitia Penerimaan Taruna Baru
Alamat: Jl. Perhubungan I No. 5, Komplek Meteorologi, Pondok Betung, Bintaro, Tangerang
Nomor telepon: (021) 73691621-22

[Update: Ditta]

Baca juga  Syarat Pendaftaran & Biaya Kuliah UISI Gresik TA 2020/2021
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Pendaftaran & Biaya Kuliah Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)"