Info Manfaat & Update Harga Serai per Kg dan per Ikat

Siapa yang tak kenal dengan serai? Tanaman yang banyak ditanam di pekarangan rumah ini punya aroma yang segar dan sangat kuat. Meski sekilas tampak seperti rumput biasa, ternyata serai menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Selain digunakan sebagai obat, serai juga banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk atau bahkan campuran produk-produk lainnya. Serai biasanya dijual per ikat atau per kg dengan harga yang cukup terjangkau.

Serai (sumber: drweil.com)
Serai (sumber: drweil.com)

Serai atau Cymbopogon nardus adalah salah satu jenis bumbu dapur yang telah lama digunakan sebagai bahan ramuan tradisional Indonesia. Herba ini dapat dijumpai hampir di seluruh pelosok Tanah Air. Di Jawa, herba ini dikenal dengan nama sereh atau sere dan di Sumatera disebut sarai, sorai, dan sange-sange.[1]

Bacaan Lainnya

Masih dari sumber yang sama, serai menyukai lahan gembur dan sedikit agak lembap dan dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis dengan pH tanah antara 5,5-7,0. Serai pun banyak dimanfaatkan sebagai minyak atsiri yang diperoleh dengan cara menyuling bagian atas dari tumbuhan satu ini. Minyak serai bisa digunakan sebagai pengusir (repelen) dari nyamuk, baik ketika masih berupa tanaman atau ketika sudah diolah jadi minyak serai. Kandungan sitronela dalam serai rupanya kurang disukai oleh nyamuk atau serangga lainnya.

Baca juga  Info Terbaru Harga Kaktus Mini untuk Hiasan Rumah

Tanaman serai atau yang dalam istilah Bahasa Inggris dikenal dengan nama lemon grass ini memiliki beberapa ciri yang bisa Anda amati.[2] Berikut ciri-ciri dari tanaman serai.

Ciri-Ciri Tanaman Serai

  • Bentuk tanaman ini sekilas agak mirip alang-alang, tetapi rumput serai lebih besar dan bergerombol.
  • Daun dari tanaman ini berbentuk lurus panjang sekitar 1 meter, lebar sekitar 15 mm, tulang daun sejajar, berwarna hijau, tepi tajam dan permukaannya kasar, dapat melukai tangan.
  • Serai mengandung minyak atsiri dengan kandungan citral, geraniol, citronellal, methyl heptenone, eugenol methyl ether, dipentene, eugenol kaninen, kadinol, dan limonene. Selain itu, serai juga mengandung alkaloid, flavonoid, dan polifenol.

Dengan kandungan tanaman serai, terdapat sejumlah manfaat yang dapat Anda peroleh setelah mengonsumsinya.Tak hanya dapat mengobati demam, serai bahkan dikenal manfaatnya dalam melancarkan peredaran darah.

Tanaman serai (sumber: agrowindo.com)
Tanaman serai (sumber: agrowindo.com)

Manfaat Serai

  • Sebagai pengurang nyeri, encok, saraf, dan terkilir.
  • Membantu mengobati demam.
  • Mencegah muntah.
  • Melancarkan kencing.
  • Melancarkan keringat.
  • Melancarkan haid.
  • Menghilangkan bau mulut.
  • Menghilangkan gigi dan gusi bengkak.
  • Mengobati masuk angin.
  • Antiradang
  • Melancarkan sirkulasi cairan limpa dan darah.
  • Menghilangkan pegal linu.
  • Mengobati batuk.
  • Mengobati nyeri lambung dan diare.
Baca juga  Info Terbaru Harga Pasta Pandan dalam Berbagai Merek

Untuk merasakan manfaat menyehatkan dari serai, Anda bisa mencampurkannya dalam masakan-masakan tertentu atau bahkan bisa direbus untuk kemudian dicampurkan dengan teh atau bahkan Anda minum begitu saja air rebusannya.

Serai (sumber: rosecooks.com)
Serai (sumber: rosecooks.com)

Harga Serai di Pasaran

Jenis Serai Kisaran Harga (Rp)
Serai wangi/merah 1 batang fresh/segar 3.900
Serai masak 1 ikat (500 gr) 8.000
Serai merah 1 ikat (500 gram) 32.000
Serai batang 1 kg 25.000
Serai kering (sudah dipotong) 1 kg 38.000
Serai kering kemasan kiloan 50.700
Serai wangi/merah per kilogram 52.000
Serai bubuk 1 kg 52.500

Jika dibandingkan penawaran tahun 2019, serai mengalami perubahan harga pada 2020, 2021, dan 2022. Misalnya, untuk serai batang yang biasanya digunakan masak per ikatnya dibanderol mulai Rp15 ribu tahun 2019, tahun 2020 dan 2021 naik menjadi Rp16 ribu, namun turun menjadi Rp8 ribu tahun 2022. Sama halnya dengan kemasan kiloan yang dijual di pasaran tahun 2022 mencapai Rp25 ribu, turun dari tahun 2020 dan 2021 yang dibanderol Rp36 ribu dan Rp30 ribuan tahun 2019.

Baca juga  Manfaat dan Update Harga Selada Merah

Anda bisa membeli serai per ikat atau per kg di pasar-pasar tradisional, pusat perbelanjaan besar seperti supermarket Giant, Hypermart, Superindo, hingga Transmart Carrefour. Di beberapa minimarket seperti Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi pun terkadang juga ada yang menjual serai per ikat yang bisa langsung Anda olah untuk menjadi bumbu masakan. Namun perlu Anda ingat bahwa harga serai per kg dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga serai per ikat maupun per kilogram di setiap tempat juga bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

[Update: Almas]

[1] Winarto, WP., dkk. 2003. Memanfaatkan Bumbu Dapur untuk Mengatasi Aneka Penyakit (Ed. Mulyono. Tangerang (ID): PT Agromedia Pustaka.

[2] Suryo, Joko. 2010. Herbal Penyembuh Gangguang Sistem Pernapasan (Ed. Ariesta). Yogyakarta (ID): B First.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.