Info Manfaat & Harga Jagung Putren Per Kg di Pasaran Saat Ini

termasuk pangan di yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat selain beras dan singkong. Seperti halnya beras, jagung juga dikenal kaya akan kandungan karbohidrat dan juga penuh dengan nutrisi. Jagung pun cukup digemari lantaran mudah diolah menjadi beragam masakan maupun jajanan yang lezat.

Jika masyarakat biasanya lebih suka mengonsumsi jagung manis, Anda tampaknya tak boleh menyepelekan sosok jagung muda (baby corn) atau yang di beberapa daerah juga disebut dengan nama jagung putren. Jagung satu ini disebut jagung muda lantaran biasanya dipanen lebih awal. Lantaran dipanen lebih awal, kandungan gulanya tak sebanyak jagung yang sudah matang.

Harga Jagung Putren - idnews.co.id

Jagung Putren - idnews.co.id

Jagung biasa seberat 3 ons kabarnya memiliki kandungan 22 gram karbohidrat, sedangkan jagung muda dalam yang sama hanya memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 8 gram saja. Di samping itu, jagung muda disebut-sebut memiliki kadar lemak rendah dan berbagai kandungan protein, kalsium, kalium, berbagai (A, C, B12, B15), serta, dan senyawa penting lainnya.

Kabar baiknya, jagung putren pun kerap dimasukkan dalam menu diet sehat bagi mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan lantaran kaya akan kandungan asam folic dan potassium serta rendah lemak. Di samping itu, jagung muda mengandung vitamin B yang dapat mencegah terjadinya sembelit untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh, serta serat untuk mendukung metabolisme tubuh dan dapat dimanfaatkan untuk mencegah penyakit diabetes, terutama diabetes tipe 2.

Kadar protein yang tinggi dalam jagung muda alias baby corn bisa menjadi sumber tenaga untuk beraktivitas dan berfungsi untuk memperbarui sel tubuh yang mengalami kerusakan. Menariknya lagi, jagung muda bisa berkhasiat mengurangi risiko seseorang mengalami kepikunan. Pasalnya kandungan asam folat yang tinggi bisa mengurang risiko Alzheimer dan membantu pertumbuhan bayi selama berada dalam kandungan agar terhindar dari risiko bayi cacat lahir.

Harga jagung putren kupas setengah di induk saat ini berkisar Rp 23 ribu per 1 kilogram (kg), sedangkan jagung putren atau baby corn kupas bersih per kilo dijual sekitar Rp 35 ribu di pasaran. Nah, jika Anda membeli jagung mudah yang kupas setengah, usahakan untuk tidak membuang setengah kulitnya yang masih tersisa. Sebab kulit jagung muda kabarnya juga bisa dimakan karena kaya serat dan rasanya pun enak.

Kulit jagung muda yang telah dimasak mempunyai tekstur yang mirip sayur kailan atau sawi, tetapi rasanya manis seperti jagung muda itu sendiri. Asyik kan? Anda bisa membeli jagung muda atau jagung putren di supermarket atau swalayan, pasar tradisional, atau tempat-tempat belanja lainnya. Namun perlu diingat harga jagung putren per kg di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Baca juga  Update Harga Bibit dan Buah Ciplukan Cecendet di Pasaran
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Manfaat & Harga Jagung Putren Per Kg di Pasaran Saat Ini"