Manfaat & Update Harga Gula Merah 1 Kg

Selain gula pasir, masyarakat Indonesia juga sering mengonsumsi atau gula aren. Gula berwarna berbentuk padat ini kerap dimanfaatkan sebagai bumbu masakan atau untuk bahan minuman dan kudapan supaya mempunyai rasa manis yang legit dan khas. Di pasaran, ada berbagai jenis yang dijual dengan harga kisaran belasan ribu rupiah per kg.

biasanya terbuat dari nira atau cairan yang dikeluarkan bunga pohon aren, kemudian dimasak menggunakan tungku dan dicetak dalam batok kelapa, bambu, atau cetakan kayu menjadi gula padat. Dalam gula merah disebut-sebut mengandung sekitar 96% sukrosa dan 4% nutrisi lain dari tanaman pembuatnya. Gula merah diklaim mengandung glukosa yang dapat diubah oleh tubuh sebagai energi tanpa membutuhkan waktu yang lama.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Manfaat Gula Merah (credit: healthifyme)
Ilustrasi: Manfaat Gula Merah (credit: healthifyme)

Berbahan dasar getah kuncup bunga kelapa, sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu sebagai pemanis alami maupun bumbu masak. Gula merah memiliki rasa yang manis, seperti gula putih, bahkan lebih manis dan lebih legit daripada gula biasa. Manfaat gula merah selama ini juga diyakini lebih baik dibandingkan dengan gula putih, apalagi setelah diketahui bahwa gula merah memiliki angka Indeks Glikemik (IG) yang relatif rendah, sekitar 35, meski ada yang melaporkan IG-nya sekitar 54.

Baca juga  Info Khasiat & Update Harga Minyak Kayu Cendana di Pasaran

Untuk mencari pun tidak sulit, sebab gula satu ini sudah banyak dijual di pasar tradisional, minimarket, maupun swalayan dengan harga yang variatif. Berikut informasi harga gula merah 1 kg di pasaran.

Harga 1 Kg

Jenis Harga 1 Kg
Dakon Rp13.500 
Gula Merah Cetak  Rp13.900 
Gula Merah Koin Rp15.775
Gula Merah Batok Rp17.500
Gula Merah Baterai Rp18.000 
Gula Merah Semut  Rp25.000 

Daftar harga gula merah 1 kg di atas diambil dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat bahwa harga gula merah tersebut bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga gula merah saat ini mengalami penurunan. Sebagai contoh, gula merah semut yang awalnya dijual Rp30 ribu per kg, turun menjadi Rp25 ribu per kg. Untuk informasi lebih rinci mengenai harga gula merah 1 kg, Anda bisa langsung ke pusat perbelanjaan terdekat.

Tak hanya rasa manis yang khas, gula merah disebut-sebut memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Tak mengherankan jika terkadang harga gula merah seringkali lebih mahal dibandingkan gula pasir biasa. Dalam gula merah diyakini mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada sederet manfaat yang ditawarkan dari mengonsumsi gula merah, misalnya saja dapat mencegah anemia dengan konsumsi sekitar 1 gram gula merah setiap hari.

Ilustrasi: Gula Merah (credit: healthshots/Shutterstock)
Ilustrasi: Gula Merah (credit: healthshots/Shutterstock)

Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan

  • Mengurangi nyeri saat menstruasi. Banyak wanita menahan rasa sakit yang terjadi selama siklus menstruasi mereka. Jika Anda juga memiliki masalah ini, mengonsumsi gula merah dapat membantu anda dalam mengurangi rasa sakit premenstruasi. Setidaknya konsumsilah sekali sehari.
  • Mengurangi nyeri sendi. Gula merah yang dicampur dengan jahe konon mampu mengatasi nyeri sendi. Selain itu, jahe pada minuman mampu membuat tubuh Anda menjadi hangat.
  • Menambah energi. Gula merah diklaim mampu menjadi sumber energi instan. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara langsung dikunyah atau dijadikan sebagai bahan campuran minuman dan masakan. Kadar glukosa yang cukup akan membuat tubuh terasa lebih berenergi. Terbilang cocok juga untuk Anda yang ingin menghilangkan lelah akibat kehilangan banyak energi.
  • Membersihkan saluran pernapasan. Sejak zaman dahulu, konon gula merah digunakan untuk memperbaiki dan membersihkan lendir berlebihan pada saluran pernapasan, tenggorokan, serta paru-paru. Gula merah juga digunakan sebagai bahan baku ramuan untuk mengobati pilek dan batuk.
  • Meningkatkan suhu tubuh. Ketika ramuan dari gula merah diminum pada musim dingin, justru mampu meningkatkan serta menghangatkan tubuh. Hal ini terjadi karena kandungan glukosa dalam gula merah merangsang metabolisme tubuh, sehingga suhu tubuh ikut meningkat.
  • Memiliki efek mendinginkan tubuh. Gula merah yang terbuat dari aren memiliki efek mendinginkan tubuh secara alami. Di India. gula merah sering dilarutkan dengan air dan diminum secara rutin selama musim panas. Cara seperti ini dipercaya secara turun-temurun mampu mendinginkan tubuh.
  • Mencegah kanker. Diklaim mengandung senyawa antioksidan alami, gula merah bisa mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan kanker. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dijadikan minuman.
  • Memulihkan tenaga setelah melahirkan. Kebanyakan para ibu usai melahirkan biasanya akan dianjurkan untuk mengonsumsi gula merah. Gula merah terbilang ampuh untuk memulihkan tenaga serta mempercepat proses penyembuhan setelah melahirkan. Selain itu gula merah juga mampu mencegah terjadinya pembekuan darah. Namun sebaiknya jangan mengonsumsi gula merah secara berlebihan.
  • Memiliki efek menenangkan tubuh. Gula merah juga diklaim memiliki efek menenangkan tubuh. Gula merah mengandung mineral selenium yang cukup tinggi. Mineral selenium dapat melemaskan otot maupun saraf dalam tubuh kita, sehingga membuat kita merasa lebih rileks. Mengonsumsi gula merah pada malam hari sebelum juga diketahui mampu mencegah terjadinya insomnia.
Baca juga  Info Terkini Harga Minyak Lintah Original di Apotek

Dalam beberapa studi ada yang menyebutkan bahwa penderita asma dianjurkan mengonsumsi gula merah alami karena gula merah memiliki sifat anti alergi yang diklaim dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit asma. Yang tak kalah menarik, gula merah kabarnya dapat mengatasi jerawat apabila dikonsumsi atau dimanfaatkan sebagai masker.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.