Info Manfaat & Harga Gula Merah 1 Kg

No comment 398 views

Selain gula pasir, masyarakat Indonesia juga sering mengonsumsi gula merah atau gula aren. Gula berwarna cokelat dan bentuknya padat ini kerap dimanfaatkan sebagai bumbu masakan atau untuk bahan minuman dan kudapan supaya mempunyai rasa manis yang legit dan khas. Gula merah biasanya terbuat dari nira atau cairan yang dikeluarkan bunga pohon aren untuk kemudian dimasak dan dicetak menjadi gula padat.

Dalam gula merah disebut-sebut mengandung sekitar 96% sukrosa dan 4% nutrisi lain dari pembuatnya. Gula merah diklaim mengandung glukosa yang dapat diubah oleh tubuh sebagai energi tanpa membutuhkan waktu yang lama.

Gula Merah - www.tampilcantik.com

Gula Merah - www.tampilcantik.com

Tak hanya memiliki rasa manis yang khas, gula merah disebut-sebut memiliki sejumlah manfaat . Tak ayal jika harga gula merah seringkali dijual lebih mahal dibandingkan gula pasir biasa. Dalam gula merah diyakini mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada sederet manfaat yang ditawarkan dari mengonsumsi gula merah, misalnya saja dapat mencegah anemia dengan konsumsi sekitar 1 gram gula merah setiap hari.

Kemudian dalam beberapa studi ada yang menyebutkan bahwa penderita asma dianjurkan mengonsumsi gula merah alami karena gula merah memiliki sifat anti alergi yang diklaim dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit asma. Yang tak kalah menarik, gula merah kabarnya dapat mengatasi jerawat apabila dikonsumsi atau dimanfaatkan sebagai masker.

Manfaat lainnya, gula merah disebutkan dapat meredakan nyeri pada wanita yang mengalami menstruasi. Gula merah dapat dimakan sedikit ketika haid agar nyerinya berkurang, atau bisa juga dibuat ramuan dengan dicampur kunyit, kemudian direbus dalam air. Bagi yang memiliki masalah pencernaan juga bisa mencoba mengonsumsi gula merah untuk melancarkan pencernaan.

Untuk mencari gula merah pun tidak sulit, sebab gula satu ini sudah banyak dijual di pasar tradisional, mini market, maupun swalayan dengan harga yang variatif. Berikut harga gula merah 1 kg di .

Harga Gula Merah 1 Kg

Gula Merah Harga per 1 Kg
Gula merah dakon Rp 11.900
Gula merah koin Rp 11.800
Gula merah batok Rp 11.650
Gula merah baterai Rp 12.800


Daftar harga gula merah 1 kg di atas diambil dari berbagai sumber yang ada di internet. Perlu diingat bahwa harga gula merah per kilogram bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu harga gula merah juga cukup fluktuatif, sehingga harga yang berlaku antara tempat satu dengan lainnya kemungkinan bisa berbeda-beda.

Menurut penelusuran di pasaran harga gula merah di pasaran saat ini sedang menurun. Misalnya saja seperti yang terjadi di Kecamatan Ciracap, Sukabumi. Hasil produksi yang menurun rupanya mengakibatkan harga gula merah sejak bulan Ramadan beberapa waktu lalu belum mengalami kenaikan yang signifikan.

Gula Merah - id.wikipedia.org

Gula Merah - id.wikipedia.org

Di Ciracap sebelumnya harga gula merah kelapa dijual sekitar Rp 12 ribu per kilo, namun kini turun menjadi Rp 10.000 hingga Rp 10.100 per 1 kg. Musim angin kencang yang cukup ekstrem selama beberapa waktu belakangan juga mengakibatkan jumlah produksi gula merah di Ciracap semakin anjlok. Padahal saat ini kabarnya keluaran air nira cukup tinggi, tetapi tidak mampu ditampung oleh sintung, sejenis alat tradisional untuk menyadap air nira.

Sementara itu, awal tahun 2018 lalu harga gula aren di sejumlah pasar induk dan tradisional yang ada di Kendari dan beberapa pasar antar kabupaten di Sulawesi Tenggara dilaporkan mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Di pasar sentral Mandonga, Baruga dan pasar sentral Kota Kendari misalnya, harga gula aren di tingkat pedagang pengecer mencapai Rp 20 ribu per kg atau naik sekitar Rp 2.500 sampai Rp 3.000 per kg dari harga sebelumnya di angka Rp 17 ribu per kg.

Sedangkan harga di tingkat produsen, khususnya gula aren dari Bombana, konsumen kabarnya masih bisa menemukan gula merah dengan harga berkisar antara Rp 14 ribuan sampai Rp 15 ribuan per kg. Harga gula merah sendiri memang dikenal kerap mengalami fluktuasi lantaran produksinya tidak menentu dan tergantung dari para aren yang ada di suatu daerah.

Terlebih belakangan ini muncul wacana terkait penetapan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk komoditas gula merah sukrosa. Beberapa pihak khawatir jika penetapan SNI tersebut hanya akan mengakibatkan harga jual gula merah menjadi naik dan memberatkan konsumen. Oleh sebab itu pemerintah diharapkan untuk mengevaluasi rencana tersebut dan jika benar akan menetapkan SNI untuk komoditas gula merah sukrosa, maka sebaiknya dilakukan sosialisasi secara komprehensif.

Pasalnya, penerapan SNI tanpa sosialisasi akan membuat pelaku gula merah yang biasanya didominasi oleh kelas kecil menengah (IKM) akan merasa kesulitan dan malas untuk memproduksi gula merah. Seperti diketahui, produsen gula merah biasanya melakukan proses produksi gula aren atau gula merah secara tradisional. Sehingga bila ditetapkan standar baku seperti SNI akan membuat mereka kesulitan mengikuti standar tersebut dan berpotensi menghentikan proses produksi serta mengakibatkan stok gula merah di pasaran menjadi berkurang dan berdampak pada kenaikan harga gula merah.

Berdasarkan data dari Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi), rata-rata harga gula merah di pasaran saat ini (Juli 2018) sekitar Rp 15 ribuan per kilogram. Adapun menurut rekap data Kementerian Perindustrian, produksi gula merah tersentral di Jawa Tengah, yakni Banjarnegara, Banyumas, Purbalingga, Kebumen, dan Cilacap. Sayangnya total kapasitas produksinya belum terekapitulasi lantaran sebagian besar pelaku IKM tak melaporkan datanya.

Baca juga  Harga Pupuk SP-36 Subsidi dan Non-Subsidi
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Manfaat & Harga Gula Merah 1 Kg"