Info Terbaru Manfaat & Harga Gula Merah 1 Kg

No comment4365 views

Selain gula pasir, masyarakat Indonesia juga sering mengonsumsi gula merah atau gula aren. Gula berwarna dan bentuknya padat ini kerap dimanfaatkan sebagai bumbu masakan atau untuk minuman dan kudapan supaya mempunyai rasa manis yang legit dan khas. Di pasaran, ada berbagai jenis gula merah yang dijual dengan kisaran Rp12 ribuan per kg.

Gula merah (sumber: Pinterest)

Gula merah (sumber: Pinterest)

Gula merah biasanya terbuat dari nira atau cairan yang dikeluarkan bunga pohon aren untuk kemudian dimasak dan dicetak menjadi gula padat. Dalam gula merah disebut-sebut mengandung sekitar 96% sukrosa dan 4% lain dari pembuatnya. Gula merah diklaim mengandung glukosa yang dapat diubah oleh tubuh sebagai energi tanpa membutuhkan waktu yang lama.

Untuk mencari gula merah pun tidak sulit, sebab gula satu ini sudah banyak dijual di pasar tradisional, minimarket, maupun swalayan dengan harga yang variatif. Berikut informasi harga gula merah 1 kg di pasaran.

Harga Gula Merah 1 Kg

Jenis Gula MerahHarga per 1 Kg
Gula merah batokRp11.650 
Gula merah koinRp11.800 
Gula merah dakonRp12.000 
Gula merah bateraiRp13.000 
Gula merah cetak Rp15.000 
Gula merah semut Rp25.000 

Daftar harga gula merah 1 kg di atas diambil dari berbagai sumber yang ada di internet. Perlu diingat bahwa harga gula merah per bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu harga gula merah juga cukup fluktuatif, sehingga harga yang berlaku antara tempat satu dengan lainnya kemungkinan bisa berbeda-beda.

Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan

Gula Merah - www.tampilcantik.com

Gula Merah - www.tampilcantik.com

Tak hanya memiliki rasa manis yang khas, gula merah disebut-sebut memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Tak ayal jika harga gula merah seringkali dijual lebih mahal dibandingkan gula pasir biasa. Dalam gula merah diyakini mengandung sejumlah nutrisi dan baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada sederet manfaat yang ditawarkan dari mengonsumsi gula merah, misalnya saja dapat mencegah anemia dengan sekitar 1 gram gula merah setiap hari.

Mengurangi nyeri saat menstruasi

Banyak wanita menahan rasa sakit yang terjadi selama siklus menstruasi mereka. Jika anda juga memiliki masalah ini, dengan mengkonsumsi gula merah dapat membantu anda dalam mengurangi rasa sakit premenstruasi. Setidaknya konsumsilah sekali sehari.

Mengurangi nyeri pada sendi

Jika anda menderita nyeri sendi, konsumsilah gula merah. Mengkonsumsi gula merah dengan sepotong jahe secara rutin dapat membantu anda dalam mengatasi nyeri sendi. Gula merah juga baik untuk penderita migrain juga.

Memberikan tambahan energi

Ketika anda merasa lelah, mengkonsumsi gula merah dapat menjadi solusinya. Gula merah dapat menyediakan energi secara instan. Hal terbaik tentang gula merah adalah bahwa gula merah dapat dicerna dan diserap secara bertahap yang pada akhirnya tidak akan menaikkan tingkat gula darah secara singkat.

Membersihkan saluran pernapasan

Sejak zaman dahulu gula merah digunakan untuk memperbaiki dan membersihkan lendir berlebihan pada saluran pernapasan, tenggorokan serta paru-paru di India. Gula merah juga digunakan sebagai bahan baku ramuan untuk mengobati pilek dan batuk.

Gula merah (sumber: agromaret.com)

Gula merah (sumber: agromaret.com)

Meningkatkan suhu tubuh

Ketika ramuan dari gula merah diminum pada musim dingin, justru mampu meningkatkan serta menghangatkan tubuh. Hal ini terjadi karena kandungan glukosa dalam gula merah merangsang metabolisme tubuh, sehingga suhu tubuh ikut meningkat.

Memiliki efek mendinginkan tubuh

Gula merah yang terbuat dari aren memiliki efek mendinginkan tubuh secara alami. Di India gula merah sering dilarutkan dengan air dan diminum secara rutin selama musim panas. Cara seperti ini dipercaya secara turun temurun mampu mendinginkan tubuh.

Mencegah penyakit kanker

Gula merah juga mengandung berbagai senyawa yang bersifat antioksidan alami. Antioksidan sangat dibutuhkan dalam mengurangi kadar radikal bebas dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi gula merah secara rutin, maka anda akan terhindar dari kanker maupun penuaan dini.

Baik untuk ibu setelah melahirkan

Kebanyakan para ibu-ibu yang usai melahirkan akan dianjurkan untuk mengkonsumsi gula merah. Gula merah mampu memberikan energi yang cukup untuk memulihkan tenaga serta mempercepat proses penyembuhan setelah melahirkan. Selain itu gula merah juga mampu mencegah terjadinya pembekuan darah. Namun sebaiknya jangan mengkonsumsi gula merah secara berlebihan.

Memiliki efek menenangkan tubuh

Gula merah juga memiliki efek menenangkan tubuh. Gula merah mengandung mineral selenium yang cukup tinggi. Mineral selenium dapat melemaskan otot maupun saraf dalam tubuh kita, sehingga membuat kita merasa lebih rileks. Mengkonsumsi gula merah pada malam hari sebelum tidur juga mampu mencegah terjadinya insomnia.

Kemudian dalam beberapa studi ada yang menyebutkan bahwa penderita asma dianjurkan mengonsumsi gula merah alami karena gula merah memiliki sifat anti alergi yang diklaim dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit asma. Yang tak kalah menarik, gula merah kabarnya dapat mengatasi jerawat apabila dikonsumsi atau dimanfaatkan sebagai masker.

[Update: Galih Conainthata]

Baca juga  Harga Terbaru Udang Pancet per Kg (All Size) di Pasaran
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Manfaat & Harga Gula Merah 1 Kg"