Update Harga Shampo Selsun Blue 5 dan Biasa

Ketombe memang termasuk masalah rambut yang amat mengganggu. Selain dapat menimbulkan rasa gatal, juga bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Untung saja, saat ini sudah banyak produk sampo anti ketombe yang diklaim ampuh seperti Selsun. Selsun menawarkan beberapa varian shampo anti ketombe yang dijual dengan harga variatif, seperti Selsun Blue, Selsun Blue 5 (Five), Selsun Yellow Double Impact, Selsun Gold, Selsun 7 Flowers, Selsun 7 Herbal, hingga Selsun Conditioner.

ilustrasi mengalami masalah ketombe (sumber: urbancompany.com)
ilustrasi mengalami masalah ketombe (sumber: urbancompany.com)

Apa Itu Ketombe?

Dalam bahasa medisnya disebut pityriasis, ketombe banyak diderita oleh penduduk Indonesia yang beriklim tropis, suhu tinggi, dan udara lembap. Penyakit ini lebih sering dialami oleh orang dengan berminyak. Dari bayi baru lahir sampai orang dewasa bisa menderita ketombe. Namun, apa ketombe sebenarnya?

Bacaan Lainnya

Ketombe adalah suatu pertumbuhan berlebih dari kulit kepala tanpa adanya peradangan. Gejala umumnya adalah timbulnya sisik-sisik putih pada kulit kepala, gatal, dan bisa juga disertai kerontokan rambut. Gejala kelainan yang timbul dapat bervariasi antar individu. Ketombe seringkali menjadi masalah karena mengganggu penampilan seseorang akibat kotornya rambut. Penderita ketombe akan menghindari mengenakan baju berwarna gelap karena akan terlihat jelas rontokan ketombe yang berwarna putih.

Masalah ini dapat diperparah dengan tumbuhnya mikroorganisme di rambut secara berlebihan. Pityrosporum ovale sebenarnya adalah flora normal di rambut. Akan tetapi, berbagai keadaan seperti suhu, kelembapan, kadar minyak yang tinggi, dan penurunan imunitas tubuh, dapat memicu pertumbuhan jamur ini.

Sampo anti ketombe yang banyak dijual di adalah solusi pertama yang cukup baik. Namun perlu diperhatikan untuk mencari jenis sampo anti ketombe yang sesuai dengan rambut Anda. Untuk ketombe yang berat, dapat digunakan selenium, , atau asam salisilat yang telah terbukti cukup berhasil. Sampo yang mengandung antijamur seperti ketoconazole juga dapat digunakan. Semua ini dapat diperoleh di apotek.

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, apabila Anda memiliki ketombe yang cukup parah, penggunaan shampoo seperti Selsun Blue mungkin bisa Anda pertimbangkan. Sampo ini mendapat banyak review positif karena dikenal ampuh untuk mengurangi ketombe yang membandel. 

Selsun Blue adalah sampo anti ketombe yang mengandung selenium sulfide 1% yang diklaim telah terbukti lebih efektif menghilangkan dan mencegah ketombe (pityriasis capitis) dibandingkan anti ketombe lainnya seperti zinc PTO dan coal tar. Sementara itu, telah hadir pula shampo Selsun Blue 5 yang tak hanya berperan membasmi ketombe, tetapi juga menjaga kesuburan rambut dan merawat kulit kepala.

Perbedaan Selsun Blue dan Selsun Blue 5

Perbedaan antara Selsun Blue 5 dan Selsun Blue biasa terdapat dari jenis ketombenya. Apabila ketombe yang Anda derita tergolong ketombe sedang (tidak begitu banyak), bisa menggunakan Selsun Blue 5 setiap hari. Fungsinya selain mengurangi ketombe (mengandung Selenium Sulfide 1%), juga dapat menyuburkan rambut karena ada kandungan aloe vera-nya. Sementara itu, Selsun Blue reguler direkomendasikan untuk ketombe berat, digunakan 2 kali dalam seminggu. Mengandung Selenium Sulfide 1% dan tidak dapat digunakan setiap hari karena fungsinya untuk mengobati ketombe saja.

Pada 2021 lalu, shampoo Selsun Blue 60 ml di Apotek K24 dijual dengan harga mulai Rp32.885 dan Selsun Blue 120 ml seharga Rp54.166. Kemudian pada 2022, harga shampoo Selsun Blue 60 ml relatif stabil di angka Rp32.121, sedangkan Selsun Blue 120 ml seharga Rp53.320 per botol. Berikut harga shampoo Selsun Blue saat ini di apotek.

Shampo Selsun Blue - www.halokakros.com
Shampo Selsun Blue – www.halokakros.com

Harga Selsun Blue

Kemasan Selsun Blue Harga
Selsun Blue 60 ml Rp34.304
Selsun Blue 120 ml Rp57.952

Berdasarkan tabel di atas, harga Selsun Blue di apotek saat ini cenderung naik. Namun perlu diingat, harga Selsun Blue di setiap tempat bisa berbeda-beda, tergantung kebijakan pihak penjual.

Harga Selsun Blue 5

Kemasan Selsun Blue 5 Harga
Selsun Blue 5 50 ml Rp31.363
Selsun Blue 5 120 ml Rp38.500

Informasi harga Selsun Blue reguler dan 5 di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs apotek online. Perlu Anda ingat bahwa harga Selsun Blue tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi toko , apotek, hingga pusat perbelanjaan terdekat. Agar lebih praktis, tak ada salahnya memesan produk secara online melalui marketplace terpercaya.

Ilustrasi: keramas/mencuci rambut (sumber: thejakartapost)
Ilustrasi: keramas/mencuci rambut (sumber: thejakartapost)

Cara Pemakaian Selsun Blue

  • Tuangkan Selsun Blue 5 atau varian biasa secukupnya. 
  • Keramaskan pada rambut dan kulit kepala dengan merata. 
  • Biarkan 2-3 menit untuk mendapatkan hasil yang terbaik, kemudian bilas hingga bersih. 
  • Gunakan Selsun Blue sebanyak 2 kali seminggu dan Selsun Blue 5 atau Selsun Gold setiap hari secara teratur untuk hasil terbaik.

Seperti halnya produk perawatan rambut pada umumnya, ada beberapa orang yang merasa cocok dan mendapatkan hasil positif setelah rutin menggunakan produk Selsun. Namun ada juga orang yang kurang cocok dan mengaku ketombenya bertambah parah serta rambut menjadi semakin rontok setelah menggunakan Selsun Blue 5 ataupun biasa.

Cara Alami Atasi Ketombe 

  • Lidah buaya. Zat aktif antibakteri dan antijamur yang terdapat pada lidah buaya bermanfaat untuk mengatasi ketombe. Lidah buaya juga dikatakan dapat mengurangi peradangan dan mampu mengendalikan infeksi penyebab rambut rontok. Cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi ketombe bisa dengan mengoleskan gel tanaman lidah buaya ke kulit kepala.
  • Minyak kelapa. Bahan ini memiliki sifat antimikroba yang mampu mengusir jamur penyebab infeksi. Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa cukup menggunakan dua sendok makan minyak kelapa dan kulit kepala secara perlahan. Setelah itu, diamkan selama satu jam sebelum membilasnya dengan shampo. 
  • Garam. Tekstur garam yang identik dengan scrub bisa menjadi andalan untuk menggosok ketombe dari permukaan kulit kepala. Semuanya bisa dilakukan tanpa merusak rambut. Anda dapat mengambil sejumput garam, lalu taburkan pada area kulit yang bermasalah dan gosok dengan perlahan. Biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya menggunakan shampo sampai bersih.
  • Baking soda atau soda kue. Bahan ini merupakan zat eksfolian yang dinilai mampu mengangkat minyak dan sel-sel kulit mati pada kulit kepala dan memiliki zat anti jamur yang dapat melawan jamur penyebab ketombe muncul. Anda perlu membasahi rambut terlebih dahulu dengan air, lalu balurkan 2-3 sendok makan soda kue pada kulit kepala. Diamkan selama 2 menit sebelum membilasnya dengan bersih. Ada baiknya tidak memakai bahan ini secara berlebihan karena dapat membuat kulit kepala kering dan iritasi.
  • nipis. Sifat asam dan kandungan antioksidan di dalamnya dikenal mampu menghambat perkembangan salah satu jenis jamur penyebab ketombe. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yakni dengan mengoleskan perasan jeruk nipis ke permukaan kulit kepala, kemudian diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih dan dilanjutkan dengan keramas menggunakan sampo untuk atasi ketombe. Lakukan cara ini secara rutin setidaknya hingga keluhan ketombe berkurang, bahkan menghilang.

Itu tadi beberapa alternatif bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Bahan-bahan tersebut cukup mudah ditemukan di rumah, sehingga dapat Anda praktikkan dengan segera. 

[Update: Ditta]

Pos terkait