Info Update Harga Asam Sulfat

Asam sulfat, H2SO4, merupakan asam mineral (anorganik) yang kuat. ini larut dalam air pada semua perbandingan. Dijual di bahan kimia dan apotek, harga asam sulfat terbilang mahal dibandingkan bahan kimia lainnya karena memiliki banyak manfaat, meskipun berbahaya dan bersifat korosif.

Ilustrasi: cairan kimia
Ilustrasi: cairan kimia

Manfaat Asam Sulfat

Mempunyai banyak kegunaan, asam sulfat merupakan salah satu produk utama industri kimia. Produksi dunia asam sulfat pada tahun 2001 adalah 165 juta ton, dengan nilai perdagangan seharga USD 8 juta. Kegunaan utamanya termasuk pemrosesan bijih mineral, sintesis kimia, pemprosesan air limbah, dan pengilangan minyak.

Bacaan Lainnya

Asam sulfat murni yang tidak diencerkan tidak dapat ditemukan secara alami di Bumi karena sifatnya yang higroskopis. Walaupun demikian, asam sulfat merupakan komponen utama hujan asam, yang terjadi karena oksidasi sulfur dioksida di atmosfer dengan keberadaan air (oksidasi asam sulfit). Sulfur dioksida adalah produk sampingan utama dari pembakaran bahan bakar seperti batu bara dan minyak yang mengandung sulfur (belerang).

Secara alami, H2SO4 terbentuk melalui oksidasi mineral sulfida, misalnya besi sulfida. Air yang dihasilkan dari oksidasi ini sangat asam dan disebut sebagai air asam tambang. Air asam ini mampu melarutkan logam-logam yang ada dalam bijih sulfida, yang akan menghasilkan uap berwarna cerah yang beracun.

Selain itu, asam ini diproduksi di atmosfer bagian atas Venus dari karbon dioksida, sulfur dioksida, dan uap air secara fotokimia oleh cahaya matahari. Foton ultraviolet dengan panjang gelombang kurang dari 169 nm dapat mengakibatkan fotodisosiasi karbon dioksida menjadi karbon monoksida dan oksigen atomik.

Baca juga  Harga Jet Ski Honda (Semua Varian)

Oksigen atomik sangatlah reaktif. Ketika ia bereaksi dengan sulfur dioksida yang merupakan sekelumit bagian dari atmosfer Venus, sulfur trioksida dihasilkan, dan ketika bergabung dengan air, akan menghasilkan asam sulfat. Di bagian atas atmosfer Venus yang lebih dingin, asam sulfat terdapat dalam keadaan cair, dan awan asam sulfat yang tebal menghalangi pandangan permukaan Venus ketika dipandang dari atas. Awan permanen Venus menghasilkan hujan asam yang pekat sama halnya atmosfer bumi menghasilkan air hujan.

Atmosfer Venus menunjukkan adanya siklus asam sulfat. Setelah tetesan hujan asam sulfat jatuh ke lapisan atmosfer yang lebih panas, asam sulfat akan dipanaskan dan melepaskan uap air, sehingga asam sulfat tersebut menjadi lebih pekat. Ketika mencapai temperatur di atas 300°C, asam sulfat mulai berdekomposisi menjadi sulfur trioksida dan air (dalam fase gas). Sulfur trioksida sangatlah reaktif dan berdisosiasi menjadi sulfur dioksida dan oksigen atomik, yang akan kemudian mengoksidasi karbon monoksida menjadi karbon dioksida.

Sulfur dioksida dan uap air kemudian naik secara arus konveksi dari lapisan tengah atmosfer menuju lapisan atas, di mana keduanya akan diubah kembali lagi menjadi asam sulfat, dan siklus ini kemudian berulang.

Produk asam sulfat kemasan botol (sumber: induced.info)
Produk asam sulfat botol (sumber: induced.info)

Bahaya Asam Sulfat

Sulphuric acid adalah asam mineral kuat tak berwarna dengan sifat korosif yang tinggi. Asam sulfat dapat larut dalam air dalam berbagai perbandingan dan sangat berbahaya bila terkena jaringan kulit karena sifatnya yang korosif. Dengan sifatnya sebagai penarik air yang kuat (pendehidrasi), akan menimbulkan luka seperti pada jaringan kulit.

Baca juga  Info Terbaru Harga Minyak GPU Cap Lang (30 ml, 60 ml, 100 ml)

Semakin tinggi konsentrasi asam sulfat, semakin bertambah bahayanya. Walaupun asam sulfat tersebut encer, akan tetap mampu mendehidrasi kertas jika tetesan asam sulfat dibiarkan di kertas dalam waktu lama. Apalagi jika terkena kulit, maka air keras dengan konsentrasi tinggi bisa menembus bahkan hingga ke lapisan terdalam, yaitu lapisan lemak. Bahayanya, pada lapisan tersebut terdapat saraf dan pembuluh yang akan sangat fatal jika sampai terpapar asam sulfat.

Selain itu, asam sulfat pekat atau biasa disebut oleum pun berbahaya. Oleum akan menghasilkan gas SO2 yang sangat reaktif yang jika terhirup, akan merusak paru-paru. Untuk pertolongan pertama jika terhirup, segera cari udara segar dan segera cari pertolongan medis.

Langkah yang harus dilakukan jika terkena asam sulfat adalah guyur bagian tubuh yang terpapar asam sulfat dengan air yang mengalir selama 10-15 menit sebanyak-banyaknya. Hal ini bertujuan untuk mendinginkan jaringan di sekitar asam, dan untuk mencegah adanya kerusakan sekunder. Pakaian yang terkena asam sulfat pun harus segera dilepas, dan guyur dengan air kulit yang terkena asam sulfat lewat pakaian tersebut. Jika terpapar asam sulfat pada mata, segera guyur mata dengan air hangat selama 20 menit, dan segera pergi ke dokter.

Penanganan kulit yang terkena asam sulfat biasanya hampir sama seperti penanganan terhadap luka bakar, dibedakan berdasarkan grade atau tingkat keparahan dan kedalaman lukanya, yakni grade I, grade II A, grade II B, hingga grade III.

Baca juga  Cara Konsumsi dan Update Harga British Propolis Asli

Di luar sifatnya yang sangat berbahaya, asam sulfat sebenarnya memiliki beberapa kegunaan. Para petani biasanya memanfaatkan asam sulfat atau air keras untuk menggumpalkan lateks atau keras. Karena keperluan itulah, mencari asam sulfat di pasaran pun tidak terlalu sulit. Berikut ini informasi harga asam sulfat di pasaran.

Asam Sulfat / Sulfuric Acid (sumber: smengchaa.blogspot.com)
Asam Sulfat / Sulfuric Acid (sumber: smengchaa.blogspot.com)

Harga Asam Sulfat

Varian Asam Sulfat Harga
Asam Sulfate 98% Bahan Pupuk 1 kg Rp28.500
Asam Sulfat/Sulfuric Acid/H2SO4 98% Pudak 500 ml Rp168.350
Sulfuric Acid Merck Asam Sulfat Merck 95-97% 2,5 liter Rp1.300.000
Asam Sulfat Sulfuric Acid AR Mallinckrodt Cat. 2876 cap. 2,5 L Rp1.375.000

Harga asam sulfat di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual online. Harga asam sulfat tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2019, harga asam sulfat tahun 2020, 2021, dan 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, asam sulfat/sulfuric acid/H2SO4 98% pudak 500 ml yang dijual dengan harga Rp70 ribu tahun 2019, naik menjadi Rp99 ribu tahun 2020, dan harganya kembali naik menjadi Rp168 ribuan pada tahun 2021 dan 2022.

Selain itu, harga asam sulfat yang berlaku di setiap tempat bisa berbeda-beda tergantung dari penawaran pihak penjual. Apabila Anda sedang mencari asam sulfat, Anda bisa mencarinya di -toko bahan kimia terdekat di kota tempat tinggal Anda.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.