Info Lengkap Tarif BPHTB Terbaru yang Berlaku Saat Ini

2 comments 4264 views

Dalam jual-beli tanah atau , Anda tentu pernah mendengar tentang BPHTB. Lantas apa sebenarnya yang dimaksud dengan BPHTB? Bea Perolehan Hak atas Tanah dan atau BPHTB merupakan yang dibebankan kepada pribadi atau badan yang mendapat perolehan hak atas tanah dan atau bangunan dari suatu perbuatan atau peristiwa hukum.

Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) - infoblitar.com

Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) - infoblitar.com

Awalnya BPHTB ditarik sebesar 5%. Namun mulai 8 Agustus 2016 Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan (PP) Nomor 34/2016 tentang PPh final atas penjualan tanah dan bangunan yang berlaku 1 bulan sejak PP tersebut ditandatangani, yakni 9 September 2016.

Lewat PP No 34/2016 tersebut Presiden Jokowi juga meminta seluruh gubernur, bupati, dan walikota untuk mengubah Peraturan Daerah (Perda) tentang Bea Perolehan Hak Atas Tanah (BPHTB) dari 5% menjadi 2,5%.

Berikut besarnya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) terbaru berdasar PP No. 34 Tahun 2016 tentang baru Pajak Penghasilan Final atas Pengalihan Hak Atas Tanah/Bangunan:

Baca juga  Harga Bibit Kefir di Pasaran
  • 2,5% (dua koma lima persen) dari jumlah bruto nilai pengalihan hak atas tanah dan/atau bangunan selain pengalihan hak atas tanah dan/atau bangunan berupa Rumah Sederhana atau Rumah Susun Sederhana yang dilakukan oleh Wajib Pajak yang usaha pokoknya melakukan pengalihan hak atas tanah dan/atau bangunan.
  • 1% (satu persen) dari jumlah bruto nilai pengalihan hak atas tanah dan/atau bangunan berupa Rumah Sederhana dan Rumah Susun Sederhana yang dilakukan oleh Wajib Pajak yang usaha pokoknya melakukan pengalihan hak atas tanah dan/atau bangunan.
  • 0% (nol persen) atas pengalihan hak atas tanah dan/atau bangunan kepada pemerintah, badan usaha milik negara yang mendapat penugasan khusus dari Pemerintah, atau badan usaha milik daerah yang mendapat penugasan khusus dari kepala daerah, sebagaimana dimaksud dalam undang-undang yang mengatur mengenai pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum.

Besarnya Pajak Penghasilan atas penghasilan dari perjanjian pengikatan jual beli atas tanah dan/atau bangunan beserta perubahannya sebagaimana dimaksud berdasarkan tarif dari jumlah bruto yaitu:

Baca juga  Info Lengkap Harga Cat Produksi Kansai Paint (All Merek dan Warna)
  • Nilai yang sesungguhnya diterima atau diperoleh, dalam hal pengalihan tanah dan/atau bangunan dilakukan melalui pengalihan yang tidak dipengaruhi hubungan istimewa, atau
  • Nilai yang seharusnya diterima atau diperoleh dalam hal pengalihan tanah dan/atau bangunan dilakukan melalui pengalihan yang dipengaruhi hubungan istimewa.

Sebagai contoh, jika sebuah rumah adalah Rp 500 juta, maka BPHTB yang wajib dibayarkan adalah 2,5% x Rp 500 juta, yakni sebesar Rp 12,5 juta. Berbeda dari PBB yang dibayar rutin setiap tahun, maka BPHTB hanya dibayarkan ketika pertama kali Anda memiliki objek BPHTB saja. Untuk melakukan pembayaran BPHTB pun hanya dapat dilakukan di tempat-tempat yang telah ditunjuk oleh Dirjen Pajak, misalnya saja di Bank, Kantor Pos, atau tempat-tempat lainnya.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.
  1. author

    Johan3 bulan ago

    Bulan ini oktober 2017
    Saya tanya ke UPPD kok masih 5% ya BPHTBnya .. tidak 2.5% spt yang dikatakan di atas

    Terimakasih

    Reply
    • author

      redaktur3 bulan ago

      Peraturan Pemerintah tentang itu pelaksanaannya memang harus melalui perubahan Perda di daerah masing-masing.
      Mungkin memang peraturan BPHTB di daerah bapak belum mengadopsi PP tersebut.

Leave a reply "Info Lengkap Tarif BPHTB Terbaru yang Berlaku Saat Ini"