Pendaftaran & Biaya Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN) 2021/2022

Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN) adalah negeri (PTN) yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi serta pendidikan di bidang pertahanan dan bela negara setara Magister (S2). Kampus yang diresmikan sejak tahun 2009 lalu ini memiliki beberapa fakultas, yakni Fakultas Strategi Pertahanan, Manajemen Pertahanan, Nasional, dan Teknologi Pertahanan.

Staf pengajar dan mahasiswa Universitas Pertahanan Indonesia (sumber: maritimnews.com)

Staf pengajar dan mahasiswa Universitas Pertahanan Indonesia (sumber: maritimnews.com)

Perguruan tinggi yang telah mengantongi akreditasi A ini kabarnya juga termasuk Universitas Pertahanan (Defense University) terbaik ke-9 di dunia. Tenaga pengajar di UNHAN pun bukan hanya berasal dari dalam negeri saja, tetapi juga banyak dosen dari . Pada beberapa kesempatan, di UNHAN kerap mengadakan kuliah umum dengan pemateri tokoh-tokoh terkenal seperti , menteri, panglima TNI, dan sebagainya.

Setiap tahun UNHAN membuka penerimaan mahasiswa baru baik dari kalangan TNI, Polri, PNS, hingga calon peserta dari kalangan umum. Setiap calon peserta biasanya harus melalui proses seleksi mulai dari Tes TPA dan TOEFL, tes psikologi, hingga wawancara. Berikut informasi syarat dan biaya mendaftar di UNHAN.

Biaya UNHAN TA 2021/2022

Dikutip dari situs resminya, selama proses pendaftaran, pihak UNHAN tidak memungut biaya pendaftaran alias gratis. Sampai dengan tahun ajaran 2021/2022 pun ketentuan beasiswa ini masih sama. Jika ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan mengaku sebagai pejabat UNHAN atau panitia penerimaan dengan modus menghubungi pendaftar dan menjanjikan kelulusan dengan meminta imbalan uang, pihak kampus meminta agar hal tersebut tidak ditanggapi dan segera laporkan kepada panitia dengan menghubungi nomor yang tersedia.

Selain itu, pihak UNHAN juga membebaskan biaya kuliah selama mahasiswa menempuh pendidikan di tempat ini. Pihak UNHAN memberikan beasiswa full yang meliputi mess (asrama), makan 3 kali sehari, buku-buku perpustakaan, pakaian dinas PDH dan PDL, uang saku, uang untuk penelitian tesis, kuliah kerja dalam negeri, hingga biaya kuliah kerja luar negeri pun juga ditanggung sepenuhnya.

Syarat Pendaftaran UNHAN untuk Calon Peserta Umum

  • Warga negara Indonesia yang memiliki diri.
  • Memiliki ijazah dan transkrip nilai S1 minimal IPK 3.20 dari perguruan tinggi yang terakreditasi B dan bagi lulusan dari luar negeri ijazah harus ada penyetaraan dari Dikti. Tahun 2021 ini standar nilai S1 minimum rupanya ditingkatkan dari tahun 2020 lalu yang hanya sebesar 3.00.
  • Sehat jasmani dan rohani, dan jika sudah bekerja harus ada surat tugas belajar.
  • Bersedia menjadi Kader Bela Negara.
  • Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Kontrak Mahasiswa.
  • Bersedia tidak hamil selama pendidikan (bagi mahasiswa wanita).
  • Bersedia mematuhi segala peraturan yang ditetapkan oleh Universitas Pertahanan.
  • Syarat khusus bagi calon peserta untuk Program Studi Strategi Perang Semester (SPS) sudah bekerja di perusahaan besar atau terkemuka dan mempunyai jabatan Manajer ke atas.
  • Melakukan pendaftaran online pada website UNHAN idu.ac.id atau alamat situs PMB UNHAN pendaftaran.idu.ac.id.
  • Calon peserta S2 wajib meng-upload file hasil scan dan upload dalam bentuk file JPG yang meliputi ijazah dan transkrip nilai S1 asli (jika lulusan dari luar negeri ijazah sudah disetarakan Dikti), hasil akreditasi Prodi S1 (bisa download dari Dikti) minimal terakreditasi B, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) asli, Surat rekomendasi dari Rektor/Dekan/Dosen Pembimbing dari Perguruan Tinggi S1 bagi yang belum bekerja atau surat rekomendasi dari atasan/pimpinan perusahaan/instansi bagi yang sudah bekerja.
  • Menyerahkan KTP, KK, dan Akta Lahir yang telah dilegalisir kelurahan.
  • Surat keterangan sehat, bebas narkoba, dan tato dari rumah sakit (RS) pemerintah.
  • Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV).
  • Paper dalam Bahasa Inggris tentang persepsi program studi yang dipilih. Paper diketik dengan jarak spasi 1,5 dengan font huruf Arial 12 di atas kertas A4 maksimal 2 halaman.
  • Jika calon peserta S2 lolos , wajib menyerahkan kepada Panitia PMB UNHAN pada saat konfirmasi untuk mengikuti tes TPA dan TOEFL, yaitu cetak hasil form pendaftaran online, foto berwarna memakai jas hitam berdasi berlatar belakang putih ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar.
  • Surat keterangan bebas Covid-19.

Semua persyaratan diperbanyak 3 rangkap dan masing-masing bendel dimasukkan ke map stopmap plastik, dengan ketentuan Fakultas Strategi Pertahanan stopmap plastik berwarna merah, Fakultas Manajemen Pertahanan stopmap plastik berwarna kuning, Fakultas Keamanan Nasional stopmap plastik berwarna biru, Fakultas Teknologi Pertahanan stopmap plastik berwarna hijau.

universitas pertahanan, syarat, dan, biaya, kuliah, gratis, negeri, perguruan tinggi, unhan, pengalaman, di, lulusan, prospek, kerja, alumni, jadi apa, beasiswa, full, 2018, uang saku, mess, asrama, s2, magister, program, jurusan, fakultas

Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN) - facta-news.com

Persyaratan S1 yang Diterima UNHAN

Fakultas/Program StudiLulusan S1 yang Diterima
Fakultas Strategi Pertahanan
Strategi Perang SemestaIlmu Politik, Hubungan Internasional, Hukum, Sosiologi, Antropologi, Ilmu Pemerintahan
Peperangan AsimetrisHubungan Internasional, Politik, Administrasi/Ilmu Pemerintahan, Komunikasi, Hukum, Antropologi, Psikologi, Sastra Asing (China, Arab, Perancis, Belanda, dsb), Teknik Informatika, Sistem Informasi, Filsafat, Inteligen, Penyiaran Agama Islam, Teologi
Diplomasi PertahananHubungan Internasional, Politik dan Sosial, Hukum (Hukum Internasional), Antropologi, Komunikasi, Ekonomi, Administrasi/Kebijakan Publik, Filsafat, Sastra dan Budaya, Sastra Asing (China, Arab, Perancis, Belanda, dsb)
Fakultas Manajemen Pertahanan
Manajemen PertahananSemua jurusan
Keamanan EnergiEkonomi, Ilmu Fisika, Geofisika, Geografi, Pendidikan Matematika, Teknik Pertambangan, Sains dan Teknologi yang berkaitan dengan Energi
Ekonomi PertahananEkonomi, Akuntansi, Administrasi Negara
Fakultas Keamanan Nasional
Manajemen BencanaSemua jurusan
Keamanan MaritimKelautan, Planologi, Hidrologi, Biologi Lingkungan, Teknik Industri, Hukum, Perikanan, Teknik Kelautan, Manajemen Logistik
Damai dan Resolusi KonflikHubungan Internasional, Ilmu Politik, Sosiologi, Psikologi, Filsafat, Humaniora, Ilmu Pendidikan, Hukum, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Kesejahteraan Sosial, Administrasi Negara
Fakultas Teknologi Pertahanan
Industri PertahananSemua jurusan teknik, MIPA, Ekonomi, Hukum, Manajemen (tidak menerima jurusan kependidikan)
Teknologi PenginderaanMatematika, Fisika, Teknik Elektro, Teknik Komunikasi, Ilmu Komputer, Teknik Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informatika (tidak menerima jurusan kependidikan)
Teknologi PersenjataanMatematika, Fisika, Kimia, Teknik Material, Teknik Fisika, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Teknik Penerbangan, Teknik Nuklir (tidak menerima jurusan kependidikan)
Teknologi Daya GerakMatematika, Fisika, Teknik Fisika, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Teknik Penerbangan, Teknik Nuklir (tidak menerima jurusan kependidikan)

Berikut informasi selengkapnya seputar pendaftaran UNHAN TA 2021/2022.

Jadwal Pendaftaran UNHAN TA 2021/2022

KegiatanJadwal
Pendaftaran Online1 April – 28 Mei 2021
Pengumuman peserta tes TPA & TOEFL4 Juni 2021
Try Out TPA dan TOEFL14 Juni 2021
Tes TPA15 Juni 2021
Tes TOEFL16 Juni 2021
Pengumuman hasil tes TPA & TOEFL24 Juni 2021
Try Out Tes Psikologi28 Juni 2021
Tes Psikologi29 Juni 2021
Pengumuman hasil tes psikologi7 Juli 2021
Tes Mental Ideologi (MI), wawancara, Keswa, dan Rikes14-18 Juli 2021
Pengumuman hasil tes23 Juli 2021
Daftar ulang4 Agustus 2021
Pendidikan Dasar Kader Bela Negara (Diksar Belneg)9-25 Agustus 2021
Pembukaan Pendidikan30 Agustus 2021

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih jelas seputar syarat penerimaan mahasiswa baru di UNHAN, Anda dapat langsung menghubungi Sekretariat Pendaftaran UNHAN Komplek Indonesia Peace and Security Center (IPSC) Sentul Bogor Jawa Barat, nomor telepon (021) 87951555 ext. 7224 atau di website www.idu.ac.id atau pendaftaran.idu.ac.id atau kirim ke alamat email [email protected]

Pendaftaran & Biaya Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN) - www.idu.ac.id

Pendaftaran & Biaya Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN) - www.idu.ac.id

[Dian]

Baca juga  Update Info Terbaru dan Biaya UKT di ISI Yogyakarta
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.
  1. author

    Nur Akhmadi2 tahun ago

    Anak saya daftar S2 UNHAN upload berkas pendaftaran kok tidak bisa masuk² kenapa ya ? Saya menghubungi via telepon dengan no extetion juga gak diangkat dan saya ulangi berkali kali tetap tidak bisa

    Reply

Leave a reply "Pendaftaran & Biaya Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN) 2021/2022"