Sejarah Bolu Napoleon Medan dan Update Harga di Pasaran

Bolu dikenal sebagai kue yang berserat dengan tekstur padat. Kue jenis sponge cake ini membutuhkan telur cukup banyak tapi minim lemak. Adonannya bisa berupa minyak, margarin, atau mentega yang sudah dicairkan.[1] Salah satu bolu yang cukup populer yakni bolu Napoleon asal Medan dan dijual dengan harga cukup terjangkau di pasaran.

Varian rasa kue bolu Napoleon (sumber: travelingyuk.com)
Varian kue bolu Napoleon (sumber: travelingyuk.com)

Bicara soal bolu Napoleon, pasti akan teringat kisah pasukan Napoleon yang menguasai daratan Rusia pada abad 18. Hengkangnya Napoleon di Rusia tersebut sontak membuat pesta rakyat yang dirayakan dari berbagai lapisan masyarakat. Seorang mantan juru masak keluarga Bonaparte yang berwarga negara Rusia pun menyalurkan bahagianya dengan membuat roti pastry keluarga Napoleon sebagai bentuk terima kasihnya yang kemudian dibagikan pada masyarakat miskin dan kelaparan.

Bacaan Lainnya

Bolu Napoleon sebenarnya berasal dari Perancis yang kemudian memberi warna baru bagi kuliner di Indonesia. Berbagai daerah pun lantas mengembangkan bolu Napoleon dengan berbagai ciri khas. Satu yang terkenal dan banyak dicari yakni Napoleon Medan.

Mengenal Bolu Napoleon Medan

Bolu Napoleon Medan terus melejit dengan sejumlah kreasi dari varian baru yang dihadirkan. Bolu Napoleon Medan memiliki daya tarik tersendiri karena dipelopori oleh seorang pengusaha yang sekaligus artis ibu kota, yakni Irwansyah. Ketertarikannya di kuliner setiap daerah khususnya buah durian khas Medan, membawanya mengembangkan bolu Napoleon bersama pengusaha lokal di Medan dan dibantu oleh pastry chef yang berasal dari Batam dan Jakarta.

Baca juga  Harga Menu Paket Hemat HokBen (Hoka-Hoka Bento)

Outlet Medan Napoleon terdiri dari tiga cabang, meliputi Jl. Wahid Hasyim, Jl. Binjei, dan di Jl. Ring Road Batang Kuis menuju Bandara Kualanamu. Bolu Medan Napoleon tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga kue bolu ini hanya mampu bertahan sekitar 3-4 hari saja. Untuk Caramel dan Green Tea bisa bertahan selama 4 hari, sedangkan Banana Crezy, Durian, dan Cheese hanya tahan disimpan selama 3 hari.

Tak heran, jika sejak awal launching-nya pada 30 September 2016, Napoleon Medan telah mendapatkan sertifikat halal dan tentu menjadi oleh-oleh khas Medan pilihan Anda. Menurut sejumlah review para food blogger, cake berbentuk persegi panjang dan berukuran 25 x 9 cm ini menawarkan sensasi yang unik saat pertama kali mencicipinya.

Napoleon Cake ala Irwansyah menampilkan puff pastry dalam layer-layer dan homemade dari sang pastry chef yang dibalut dengan soft cake. Teksturnya yang lembut sekaligus agak crunchy membuat tiap rasanya terasa pas di lidah. Bahkan, bagi Anda yang tidak menyukai aroma buah durian, mencoba kue yang satu ini akan terasa berbeda karena memiliki kombinasi kue yang berlapis dengan pas.

Baca juga  Update Harga Kue Nastar untuk Lebaran 1 Kg dan Kemasan Lainnya

Dari sembilan varian yang dikembangkan sebelumnya, kini bolu Napoleon Medan menawarkan varian baru yakni Medan Napoleon Nougat. Varian cookies juga dihadirkan dengan berbagai rasa, mulai dari red velvet, keju, cokelat, dan teh hijau. Berikut harga bolu Napoleon Medan di pasaran.

Bolu Napoleon Medan - shopee.co.id
Bolu Napoleon Medan – shopee.co.id

Harga Bolu Napoleon Medan di Pasaran

Varian Bolu Napoleon Medan Harga (Rp)
Medan Napoleon Lapis Deli Medan Ubi Ungu 42.000
Medan Napoleon Lapis Deli Medan Green Tea 42.000
Medan Napoleon Lapis Deli Medan Chocolate 42.000
Medan Napoleon Roll Cake Double Cheese 89.000
Medan Napoleon Roll Cake Double Chocolate 89.000
Medan Napoleon Greentea 89.000
Medan Napoleon Caramel 89.000
Medan Napoleon Kopi 89.000
Medan Napoleon Great Coklat 97.000
Medan Napoleon Durian 97.000
Medan Napoleon Red Velvet 97.000
Medan Napoleon Extra Cheese 97.000
Medan Napoleon Tiramissyou 97.000
Medan Napoleon Nougat 97.000

Jika dibandingkan 2020, harga Medan Napoleon mengalami perubahan pada 2021 dan 2022. Misalnya, varian Medan Napoleon Durian yang ditawarkan seharga Rp77 ribu pada tahun 2020, naik menjadi Rp86 ribu di tahun 2021, naik lagi menjadi Rp97 ribu di tahun 2022. Begitu pula dengan Medan Napoleon Greentea yang ikut naik dari harga Rp67 ribu di tahun 2020 menjadi Rp75 ribu tahun 2021, naik lagi menjadi Rp89 ribu tahun 2022. Selain itu, terdapat menu baru, seperti Medan Napoleon Lapis Deli Medan Ubi Ungu dan Medan Napoleon Roll Cake Double Chocolate.

Baca juga  Keunggulan dan Update Harga Ubi Cilembu serta Bibitnya

Rincian harga tersebut kami rangkum dari website resmi Medan Napoleon. Jika Anda berlokasi di luar Medan, Anda tetap dapat menikmati bolu gulung ini dengan memesannya melalui situs online atau beberapa layanan jasa titip yang tersedia. Harga yang ditawarkan tentu akan berbeda tergantung marketplace tempat Anda memesan.

Selain Medan Napoleon, Anda juga akan terkesima dengan produk dari Medan lainnya seperti bolu Meranti yang memiliki varian cokelat keju, mocca, beberapa lainnya. Anda dapat menemukan bolu meranti khas Medan di sejumlah supermarket salah satunya di Transmart Carrefour dengan harga mulai Rp80 ribu di tahun 2022, turun dari Rp120 ribu per kotak di tahun 2021. Harga tersebut terbilang naik dari tahun 2020 sekitar Rp110 ribu – Rp116 ribu per kotak.

[Almas]

[1] Hoesni, Albertin. 2007. Bolu Panggang & Kukus Favorit. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, hlm. 4.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.