Info Lengkap Manfaat dan Info Terbaru Harga Nanas Madu

Nanas menjadi salah satu buah pilihan kaya serat yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dari beragam jenis nanas di pasaran, nanas madu cukup banyak diminati karena rasanya yang manis. Harga nanas madu tentu berbeda dengan nanas biasa, dibanderol mulai dari ribuan rupiah per buah.

Nanas madu (sumber: grid.id)
Nanas madu (sumber: grid.id)

Nanas madu atau cayenne biasanya banyak ditanam luas di dataran tinggi. Nanas ini dapat dikonsumsi segar dan untuk bahan olahan serta dikalengkan atau dibuat jus karena rasanya yang manis. Nanas madu diduga terjadi karena perubahan somatik.[1] Daging buahnya tanpa serat. Kulit kuning kemerahan saat matang dan bermata cekung ke dalam. Rasa manis nanas madu membuat airnya lengket di tangan dengan kadar air yang sedang. Bentuk nanas madu cenderung silindris kompak dari pangkal hingga ujung.[2]

Bacaan Lainnya

Buah nanas sangat kaya vitamin C, bahkan makan 165 gram (sepotong) nanas saja sudah cukup memenuhi kebutuhan harian Anda akan vitamin C. Selain itu, nanas madu juga mengandung folat, zat besi, magnesium, mangan, tembaga, dan vitamin B6. Semua nutrisi itu diklaim sangat baik untuk mendukung pertumbuhan janin maupun ibu hamil secara keseluruhan.

Baca juga  Cara Menanam dan Info Terbaru Harga Pohon Ketapang Kencana

Manfaat Nanas Madu untuk

  • Menyehatkan pertumbuhan janin. Sebelumnya, banyak orang beranggapan bahwa nanas dapat menyebabkan atau bayi lahir prematur. Namun, berbeda dengan nanas madu yang diklaim memiliki manfaat dapat menyehatkan pertumbuhan janin.
  • Mencegah asma. Orang yang mengonsumsi makanan dengan kandungan beta-karoten seperti nanas madu memiliki risiko lebih rendah untuk terserang asma. Penelitian lain juga mengungkap bahwa manfaat nanas madu yang satu ini juga bisa didapat dari bromelain.
  • Mencegah kanker. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada nanas madu dapat memerangi radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kanker. Beta-karoten misalnya, dapat menurunkan risiko Anda terkena kanker usus besar dan kanker prostat, meski lebih lanjut diperlukan untuk memperkuat klaim ini.
  • Melancarkan sistem pencernaan. Nanas madu memiliki kandungan serat dan air yang dapat mencegah konstipasi. Kandungan bromelain pada inti nanas juga dapat menghancurkan protein sehingga kerap digunakan untuk melunakkan daging ketika dimasak.
  • Menyehatkan kulit. Manfaat nanas madu yang terakhir ini adalah dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi. Tak hanya itu, buah warna kuning yang satu ini dapat membantu kulit dalam pembentukan kolagen. Kulit Anda pun akan bebas keriput dan terhindari dari masalah kulit pada umumnya.
Baca juga  Dosis dan Info Terbaru Harga Pupuk Kieserite

Anda dapat membeli nanas madu berkualitas di beberapa pusat perbelanjaan. Di Superindo, nanas madu sekarang dijual mulai Rp12.900 per 100 gr tahun 2021, naik menjadi Rp22.900 tahun 2022. Jika Anda ingin lebih praktis, Anda dapat membeli buah nanas madu secara online melalui sejumlah marketplace dengan harga bersaing.

Nanas Madu (sumber: suckhoehangngay.vn)
Nanas Madu (sumber: suckhoehangngay.vn)

Harga Nanas Madu di Berbagai Daerah

Buah Nanas Madu Harga
Nanas Madu di Purbalingga Tingkat Petani Rp2.000 – Rp3.000 per buah
Nanas Madu Pemalang di Garut Rp5.000 per buah
Nanas Madu Pemalang Kupas di Garut Rp5.000 per buah
Nanas Madu di Purbalingga Tingkat Rp5.000 per buah
Nanas Madu Super di Purbalingga Tingkat Petani Rp5.000
Nanas Madu di Belik Pemalang Kupas Potong Rp5.000 per plastik
Nanas Madu di Belik Pemalang Kupas Potong 3 plastik Rp10.000
Nanas Madu di Belik Pemalang 5 buah Rp10.000 per ikat
Nanas Madu Pemalang Kupas Potong 3 buah di Garut Rp20.000 per kotak
Baca juga  Info Harga Selimut Lurik dalam Berbagai Merek

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Sebagai perbandingan, tahun 2020, nanas madu dijual dengan harga mulai Rp5 ribu hingga Rp19 ribuan per buah, berubah menjadi Rp5 ribu per buah tahun 2021, berubah lagi menjadi Rp2 ribu hingga Rp5 ribu per buah tahun 2022.

Tak sulit menemukan buah nanas madu tersebut, sebab Anda dapat membelinya di pinggir jalan dengan harga relatif terjangkau. Biasanya para pedagang pinggir jalan menawarkan nanas madu berukuran kecil seharga Rp10 ribuan isi 3 buah tahun 2021, naik menjadi Rp20 ribu isi tiga di tahun 2022.

Selain nanas lokal yang telah dikenal masyarakat, terdapat juga jenis nanas yang merupakan introduksi dari luar Indonesia. Salah satu di antara nanas introduksi yaitu nanas merah Taiwan. Nanas merah Taiwan memiliki tampilan berupa mata pipih berwarna merah, kulit warna merah, menyerupai gentong dengan bobot mencapai 1,5 kg, sedangkan daging buah kuning pucat dan rasanya asam.

[Update: Almas]

[1] Sunarjono, Hendro. 2006. Berkebun 21 Jenis Tanaman Buah. Jakarta: Niaga Swadaya, hlm. 145.

[2] Gardjito, Murdijati. 2015. Penanganan Segar Hortikultura untuk Penyimpanan dan Pemasaran. Jakarta: Prenada Media, hlm. 23.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *