Info Lengkap Harga Pertalite per Liter di SPBU Daerah

Pertalite merupakan salah satu minyak (BBM) yang dijual Pertamina melalui SPBU (Stasiun Pengisian ) selain premium, pertamax, dan juga solar. Layaknya BBM lainnya, pertalite di masing-masing SPBU, termasuk di pusat dan daerah, juga bervariasi, tergantung kebijakan perusahaan dan lokasi SPBU yang bersangkutan.

Pertalite di SPBU (sumber: riau-hijau.com)

Pertalite di SPBU (sumber: riau-hijau.com)

Dilansir dari Wikipedia, pertalite merupakan salah satu jenis BBM yang diluncurkan pertama kali oleh Pertamina pada tanggal 24 Juli 2015 lalu. Ini merupakan bahan bakar gasoline yang memiliki angka oktan 90 serta berwarna hijau terang dan jernih, serta diklaim sangat tepat digunakan untuk dengan kompresi 9: 1 hingga 10: 1. Bahan bakar pertalite memiliki angka oktan yang lebih tinggi daripada bahan bakar premium 88, sehingga lebih pas digunakan untuk kendaraan bermesin bensin yang saat ini banyak beredar di Tanah Air.

Menurut salah satu tim peneliti pertalite sebelum diluncurkan, sebenarnya spesifikasi RON 90 sudah ada sejak lama dan harus memenuhi beberapa kriteria. Bahan bakar premium adalah bahan bakar yang aditif, sedangkan pertalite ada aditif khusus namun tidak secanggih dan serumit pertamax maupun pertamax plus. Bahan bakar ini dikatakan mampu menghemat penggunaan antara 10 persen hingga 16 persen dibandingkan premium. Dalam sebuah pengujian, pertalite juga ditemukan lebih bersih daripada premium. Berikut beberapa keunggulan pertalite.

  • Jarak tempuh lebih jauh. Dengan bahan yang sesuai dengan kendaraan saat ini, pertalite dikatakan menghasilkan pembakaran lebih baik sehingga kendaraan mampu menempuh jarak yang lebih jauh.
  • Berkualitas. Memiliki angka oktan 90 atau lebih tinggi daripada premium, pertalite menjanjikan kualitas yang lebih baik bagi kendaraan bermotor.
  • Harga terjangkau. Tidak hanya menjanjikan yang lebih baik, pertalite juga menawarkan harga yang lebih terjangkau.

Jenis kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar ini, seperti diuraikan di atas, adalah kendaraan yang memiliki kompresi 9: 1 hingga 10: 1, yang memiliki kebutuhan angka oktan 90. Untuk kendaraan roda empat atau , beberapa dan tipe yang disarankan menggunakan pertalite adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Nissan Grand Livina, dan Honda Brio. Sementara, untuk , Honda Vario, Honda BeAT, Yamaha Mio, dan berbagai motor keluaran terbaru disarankan memakai bahan bakar jenis ini.

Harga Pertalite

SPBU (sumber: energyworld.co.id)

SPBU (sumber: energyworld.co.id)

Ketika dikeluarkan pertama kali, pemerintah telah mengatakan bahwa pertalite bukan bahan bakar minyak bersubsidi alias non-subsidi. Karena itu, mengenai harga pertalite, menjadi wewenang penuh PT Pertamina tanpa campur tangan pemerintah. Pemerintah sendiri hanya mengatur kebijakan harga BBM bersubsidi seperti premium dan solar.

Lalu, berapa harga pertalite? Harga pertalite memang sangat fluktuatif, tergantung kondisi terbaru perekonomian, terutama harga minyak dunia. Jika harga minyak dunia sedang turun, harga pertalite memang cenderung lebih murah. Sementara, jika harga minyak sedang naik, maka Pertamina pun ‘tidak segan-segan’ menaikkan harga bahan bakar ini.

Per tanggal 24 Maret 2018 lalu, Pertamina menaikkan harga pertalite sebesar Rp200 liter per liter. Sebelumnya, pada tanggal 20 Januari 2018, perusahaan sudah menaikkan harga pertalite sebesar Rp100 per liter. Artinya, kenaikan pertalite sejak awal tahun telah mencapai Rp300 per liter dan merata di seluruh wilayah pemasaran di Indonesia. Harga pertalite berkisar Rp7.800 hingga Rp8.000 per liter, tergantung wilayah.

Menurut perusahaan, kenaikan harga pertalite dipicu oleh tren menanjaknya harga minyak dunia yang kala itu telah berada di atas 60 dolar AS per barel. Sebagai pembanding, tahun 2017 lalu, rata-rata harga minyak dunia masih di bawah 60 dolar AS per barel. Sesuai Peraturan Presiden No. 191 tahun 2014, pertalite memang termasuk kategori bahan bakar umum yang bisa disesuaikan harganya oleh perseroan tanpa persetujuan pemerintah.

Kemudian, pada pertengahan Juli 2018, Pertamina kembali menaikkan harga pertalite, yang kali ini hanya untuk wilayah Sumatera Barat. Di kawasan tersebut, harga pertalite naik sebesar Rp200 per liter. Kenaikan harga pertalite, juga dexlite dan pertamax, di Sumatera Barat karena ada perubahan pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) dari semula 5 persen menjadi 7,5 persen. Berikut daftar lengkap harga pertalite Pertamina di seluruh SPBU di daerah-daerah.

Harga Pertalite di SPBU Daerah

harga, bahan bakar, minyak, pertalite, Pertamina, pemerintah, perusahaan, pertamax, solar, premium, dexlite, SPBU, stasiun, dolar, perseroan, kendaraan, Honda, Toyota, Yamaha, per, liter, wilayah, daerah, jarak, tempuh, berkualitas, terjangkau, BBM.

Ilustrasi mengisi bahan bakar di SPBU

Wilayah SPBUHarga Pertalite (Rp)
Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam7.650 per liter
Provinsi Sumatera Utara7.650 per liter
Provinsi Sumatera Barat7.850 per liter
Provinsi Riau7.650 per liter
Provinsi Kepulauan Riau8.000 per liter
Kodya Batam8.000 per liter
Provinsi Jambi7.850 per liter
Provinsi Bengkulu7.650 per liter
Provinsi Sumatera Selatan7.850 per liter
Provinsi Bangka Belitung7.850 per liter
Provinsi Lampung7.850 per liter
Provinsi DKI Jakarta7.650 per liter
Provinsi Banten7.650 per liter
Provinsi Jawa Barat7.650 per liter
Provinsi Jawa Tengah7.650 per liter
Provinsi DI Yogyakarta7.650 per liter
Provinsi Jawa Timur7.650 per liter
Provinsi Bali7.650 per liter
Provinsi Nusa Tenggara Barat7.650 per liter
Provinsi Nusa Tenggara Timur7.650 per liter
Provinsi Kalimantan Barat7.850 per liter
Provinsi Kalimantan Tengah7.850 per liter
Provinsi Kalimantan Selatan7.850 per liter
Provinsi Kalimantan Timur7.850 per liter
Provinsi Kalimantan Utara7.850 per liter
Provinsi Sulawesi Utara7.850 per liter
Provinsi Gorontalo7.850 per liter
Provinsi Sulawesi Tengah7.850 per liter
Provinsi Sulawesi Tenggara7.850 per liter
Provinsi Sulawesi Barat7.850 per liter
Provinsi Maluku7.850 per liter
Provinsi Maluku Utara7.850 per liter
Provinsi Papua7.850 per liter
Provinsi Papua Barat7.850 per liter

Daftar harga bahan bakar pertalite di atas kami rangkum dari situs resmi Pertamina dan sumber-sumber lain. Daftar harga pertalite di atas tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan Pertamina.

[Update: Ditta]

Baca juga  Info Terbaru, Harga Cream Cheese Kraft dan Cara Menyimpannya
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Lengkap Harga Pertalite per Liter di SPBU Daerah"