Update Terlengkap Harga Alat Pemotong Kaca dan Keramik (All Merk)

Mungkin Anda sudah familiar dengan alat bernama gergaji yang biasa digunakan untuk memotong , atau bahkan besi. Tetapi, bagaimana dengan kaca? Kaca ternyata juga bisa dipotong atau dibelah layaknya . Untuk keperluan ini, diperlukan sebuah alat pemotong kaca yang telah banyak dijual di dengan mulai belasan ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung merek dan jenisnya.

Berbeda dengan gergaji yang biasa digunakan untuk memotong kayu, alat pemotong kaca ini lumayan kecil. Jika gergaji memiliki setara lengan manusia, maka alat pemotong kaca hanya memiliki atau dimensi sebesar pulpen atau bolpoint. Meski berukuran kecil, namun kemampuan alat ini bisa Anda andalkan.

Alat Pemotong Kaca - www.tokopedia.com

Alat Pemotong Kaca - www.tokopedia.com

Pada bagian dalam alat pemotong kaca ini, terdapat minyak tanah yang berguna sebagai pelumas. Secara teori, ketika Anda atau tukang memotong kaca dan menekan alat tersebut, minyak juga akan keluar yang berfungsi untuk memudahkan jalur garitan hasil dari goresan alat tersebut. Sementara, pada ujung alat pemotong kaca ini, terdapat bagian yang sekilas mirip besi, yang bisa berupa besi baja berbentuk lingkaran tipis.

Ada banyak model alat pemotong kaca yang beredar di pasaran. Ada alat pemotong kaca yang bahan bakunya terbuat dari besi, biasanya berharga cukup murah, namun memiliki daya tahan yang tidak cukup lama. Sementara, alat pemotong kaca yang mempunyai daya tahan hingga bertahun-tahun adalah yang terbuat dari intan. Namun, harga alat pemotong kaca ini tergolong mahal, tergantung kualitas dan ukuran dimensinya.

Rahasia untuk memotong kaca pada alat ini terletak pada bagian ujung yang terbuat dari intan. intan tersebut akan menggarit kaca sehingga struktur kaca yang sangat mudah pecah dapat mengikuti garitan yang dibuat. Alhasil, kaca bakal terpotong sesuai dengan garitan yang dibentuk. Yang perlu diingat, kaca ini hanya dipotong dengan satu kali garitan dan tidak bisa diulang. Pasalnya, jika pekerjaan diulang, maka akan mengakibatkan arah garitan yang berbeda dan kemungkinan kaca akan terbelah keluar dari jalur garitan.

Saat ini, sudah banyak produsen yang merilis alat pemotong kaca dalam berbagai merek, jenis, dan ukuran. Anda bisa memperoleh alat pemotong kaca ini di toko-toko bangunan di dekat rumah Anda atau melalui situs jual beli online. Nah, bagi Anda yang membutuhkan informasi terbaru mengenai harga alat pemotong kaca, berikut kami sajikan daftarnya.

Harga Alat Pemotong Kaca

Merek Alat Pemotong KacaHarga (Rp)
Many Function Cutter11.000
Stanley Glass Cutter 130 mm14.700
Oil Glass Cutter15.000
Sharp Glass Cutter20.500
Intime Glass Cutter22.500
Goto Glass Cutter26.000
Stanvick Oil Rolling Glass Cutter28.000
Toscano Glass Cutter Manual29.000
Kaku Glass Cutter30.000
Finder KL15T1217 Glass Cutter37.500
Titan Glass Cutter42.500
Toyo TC 30 Oil Glass Cutter45.000
Tan Glass Cutter46.000
Tora Glass Cutter62.000
Stanley TM Glass Cutter65.000
C-Mart A0116 Glass Cutter 65.000
Fu. Li 3-15 mm Glass Cutter125.000
Toyo Original Glass Cutter175.000

Daftar harga alat pemotong kaca di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Harga alat pemotong kaca tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung datang mengunjungi toko perlengkapan atau perkakas terdekat di domisili Anda.

Alat Pemotong Keramik - www.bukalapak.com

Alat Pemotong Keramik - www.bukalapak.com

Cara Memotong Kaca

Baca juga  Update Harga 1 Karung Tepung Terigu Segitiga Biru Buatan Bogasari

Setelah memiliki alat pemotong kaca, lalu bagaimana cara memotong kaca yang benar dan presisi? Pada dasarnya, mudah untuk memotong kaca, bahkan untuk kaca dengan ukuran tebal sekalipun. Dalam praktiknya, kita tidak benar-benar memotong kaca layaknya kertas atau kaca, namun hanya sekadar menggores atau menggarit permukaan kaca tersebut. Setelah tergores cukup dalam, kaca ini akan sangat mudah dibelah sesuai dengan alur garitan tadi.

Namun, seperti diutarakan sebelumnya, yang perlu diperhatikan adalah penggoresan atau garitan memakai alat pemotong kaca hanya boleh dikerjakan sekali saja dan tidak berulang-ulang. Pasalnya, jika kaca sampai tergores lebih dari satu kali, bisa berakibat pada arah garitan yang berbeda sehingga kaca tidak bakal terpotong sebagaimana mestinya.

Untuk memotong kaca, beberapa langkah yang perlu Anda lakukan di antaranya:

  • Pada saat memotong kaca, Anda harus berada di atas kaca tersebut agar tekanan yang diberikan kepada alat pemotong kaca semakin mantap dan jangkauan tangan menjadi lebih luas. Tidak perlu khawatir kaca bakal pecah ketika diinjak asalkan permukaan alasnya rata. Itulah kenapa, disarankan meletakkan kaca yang akan dipotong tadi di atas meja yang kokoh dan dilapisi dengan karpet.
  • Selain alat pemotong kaca, kita juga memerlukan penggaris kayu sebagai landasan ketika menggarit. Pastikan seluruh permukaan tepi penggaris ini mempunyai tekstur yang benar-benar halus dan rata. Pasalnya, jika tidak, arah pemotong kaca akan tersendat, berbelok, atau berhenti karena terhalang adanya tonjolan pada sisi terluar penggaris. Hal ini mengakibatkan pembelahan kaca menjadi tidak teratur sehingga berisiko besar akan pecah.
  • Untuk memindahkan kaca ke atas meja, juga ada aturannya. Bila sampai melakukan kesalahan, kaca akan pecah menjadi berkeping-keping sehingga tidak berguna lagi. Hindari mengangkat kaca dengan mengenakan sarung tangan atau kain lap sebab akan mudah jatuh. Sebaiknya, kaca diangkat dengan posisi miring, bukan secara tegak, walau akan memakan lebih banyak tempat.
  • Sebelum prosesnya dimulai, pastikan terlebih dahulu kalau alat-alat yang bakal digunakan untuk memotong kaca sedang dalam kondisi yang sempurna alias sama sekali tidak rusak. Buatlah garis pola pemotongan pada kaca sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. Letakkan penggaris tepat pada sisi samping garis pola lalu gores secara hati-hati namun pasti persis pada garis pola menggunakan glass cutter. Setelah garis pola telah digarit seluruhnya, Anda tinggal membelah struktur kaca tersebut dan terpotong lah kaca sesuai dengan keinginan Anda.

Perlu diketahui, pemotongan kaca yang berukuran besar lebih susah dilakukan daripada kaca yang ukurannya kecil. Pasalnya, jangkauan kaca yang berukuran besar terbilang luas sehingga kadang alat pemotong akan terhenti di tengah jalan. Begitu pula memotong kaca yang tipis akan terasa lebih sulit ketimbang struktur kaca yang cukup tebal, karena mudah sekali pecah apabila mendapatkan tekanan yang terlalu kuat.

(Panca)

Baca juga  Info Manfaat & Harga Papain (Enzim Getah Pepaya)
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Update Terlengkap Harga Alat Pemotong Kaca dan Keramik (All Merk)"