Update Harga Tabung Oksigen untuk Las (Semua Ukuran)

Oksigen atau O2 adalah gas yang sangat penting. Selain untuk pernapasan, gas oksigen juga kerap dipakai untuk kebutuhan industri seperti pengelasan. Dalam dunia industri, oksigen sering digunakan untuk keperluan mengelas dengan metode OAW (Oksigen Asetilen Welding) atau yang oleh sebagian besar orang sering disebut dengan istilah karbit dan juga sering dipakai untuk pemotongan pelat atau Oksigen Asetilen Cutting.

Hal yang perlu Anda perhatikan, tabung gas oksigen untuk las tentunya berbeda dari gas oksigen untuk keperluan medis. Perbedaannya ada pada tingkat kemurnian gas oksigen yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, harga tabung gas oksigen las biasanya terpaut jauh dengan tabung gas oksigen untuk medis. Harga tabung gas oksigen untuk las sangat bervariasi, tergantung dari ukurannya, apakah kecil atau besar. tabung gas oksigen untuk las ada yang 1 meter kubik atau lebih, dan ada pula yang bentuknya seperti tangki.

informasi, info, daftar, harga, tabung, oksigen, o2, las, pengelasan, mengelas, karbit, oaw, ukuran, untuk, isi ulang, refill, kecil, besar, per, bekas, second, seken, medis, keperluan, kesehatan, pernapasan, murah, jual, beli, dimana

Percikan api dari aktivitas mengelas besi (sumber: parkland.edu)

Apabila semakin besar ukuran tabung gas oksigen untuk las, maka harga jualnya pun akan lebih mahal. Di pasaran, harga tabung oksigen las berkisar mulai Rp450 ribuan hingga Rp2 jutaan. Setelah memiliki tabung gas oksigen sendiri, apabila suatu saat isi gas oksigen di dalamnya habis, maka Anda tidak perlu membeli tabung oksigen baru. Anda cukup mencari toko atau tempat yang menyediakan jasa pengisian ulang tabung oksigen untuk las. Tak perlu khawatir, sebab isi ulang atau tabung oksigen untuk las cukup murah. Berikut ini informasi lengkap daftar harga tabung oksigen las beserta isi ulangnya.

Daftar Harga Tabung Oksigen untuk Las

Ukuran TabungHarga
1 meter kubik (m3)Rp450.000 – Rp750.000
1,5 meter kubik (m3)Rp750.000
2 meter kubik (m3)Rp750.000 – Rp975.000
6 meter kubik (m3)Rp1.770.000 – Rp2.750.000

Harga Isi Ulang Tabung Oksigen Las

Ukuran TabungHarga
0,75 meter kubik (m3)Rp15.000
1 meter kubik (m3)Rp20.000
1,5 meter kubik (m3)Rp25.000
2 meter kubik (m3)Rp35.000
6 meter kubik (m3)Rp65.000 – Rp80.000

Informasi daftar harga tabung oksigen untuk las beserta jasa isi ulang (refill) di atas didapatkan dari berbagai sumber yang ada di internet. Perlu diingat bahwa harga tabung oksigen las bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga jual tabung oksigen untuk las yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Selain membeli tabung oksigen untuk las dalam kondisi baru, Anda juga bisa membeli tabung oksigen las dalam kondisi bekas atau second. Pasalnya kini sudah banyak penjual tabung oksigen las second yang menawarkan tabung-tabung O2 dalam kondisi yang masih layak pakai. Anda bisa mencari tabung oksigen las karbit bekas tersebut di sejumlah situs jual beli online yang ada di Indonesia.

informasi, info, daftar, harga, tabung, oksigen, o2, las, pengelasan, mengelas, karbit, oaw, ukuran, untuk, isi ulang, refill, kecil, besar, per, bekas, second, seken, medis, keperluan, kesehatan, pernapasan, murah, jual, beli, dimana

Tabung gas oksigen untuk las (sumber: videoblocks.com)

Selain tabung oksigen, dalam pengelasan juga membutuhkan beberapa pendukung lainnya yang tidak kalah penting, yaitu:

  • Tabung oksigen. Tabung satu ini adalah komponen utama dalam pengelasan karena dapat menyimpan pasokan gas oksigen (O2) untuk mengelas. Tabung oksigen tentunya berbeda dari tabung jenis gas lain, sesuai dengan karakteristiknya. Dalam kebutuhan pengelasan, tabung yang dipakai untuk gas oksigen biasanya mengusung warna hijau atau biru, sehingga dapat dibedakan dengan tabung gas lain.
  • Tabung asetilen. Dalam sistem las OAW (Oxygen Acetylene Welding), ternyata bukan hanya membutuhkan gas oksigen saja, tetapi juga gas asetilen. Oleh sebab itu, dalam pengelasan dengan sistem Oxygen Acetylene Welding, Anda akan membutuhkan tabung gas oksigen dan tabung gas asetilen. Penyimpanan tabung gas asetilen biasanya dilakukan secara terpisah dengan oksigen. Tabung gas asetilen biasanya mengusung warna merah atau oranye.
  • Regulator oksigen. Dalam pengelasan, tabung oksigen dan regulatornya adalah sebuah kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Regulator berfungsi untuk mengatur besarnya tekanan dari gas yang akan dikeluarkan dari dalam tabung. Di samping itu, regulator juga bermanfaat untuk menghubungkan selang gas dengan tabung gas agar gas dalam tabung dapat dialirkan ke welding torch. Dengan demikian, Anda juga dapat mengetahui kapasitas gas yang ada dalam tabung. Regulator gas oksigen biasanya memiliki warna yang disesuaikan dengan warna tabungnya, yakni hijau atau biru.
  • Regulator asetilen. Regulator untuk gas asetilen ternyata berbeda dari regulator gas oksigen karena letak tabung penyimpanan yang digunakan juga berbeda. Sistem kerja dan dari regulator asetilen pada dasarnya sama saja dengan regulator oksigen, hanya jenis gasnya saja yang berbeda. Warna regulator tabung gas asetilen juga umumnya diseragamkan dengan warna tabungnya, yakni merah atau oranye. Dengan adanya warna khusus tersebut akan memudahkan Anda membedakan jenis gas yang digunakan.

Jika di dalam sistem pengelasan OAW, tak hanya tabung gas oksigen, tabung gas asetilen, beserta regulatornya saja yang dibutuhkan, tetapi ada juga selang gas OAW untuk mengalirkan gas dari tabung gas ke welding torch selama pengelasan, kemudian ada juga welding torch (brander las) yang merupakan tempat untuk mencampur gas oksigen dan asetilen pada saat pengelasan.

informasi, info, daftar, harga, tabung, oksigen, o2, las, pengelasan, mengelas, karbit, oaw, ukuran, untuk, isi ulang, refill, kecil, besar, per, bekas, second, seken, medis, keperluan, kesehatan, pernapasan, murah, jual, beli, dimana

Regulator tabung oksigen (sumber: wbsradio.com)

Selanjutnya, ada welding nozzle yang merupakan ujung dari bagian welding nozzle yang memiliki lubang sebagai tempat keluarnya percampuran antara gas oksigen dan asetilen, serta yang terakhir adalah welding rod (filler metal) yang merupakan bahan tambahan untuk proses pengelasan yang nantinya disesuaikan dengan jenis material yang hendak dilas.

(Panca)

Baca juga  Manfaat, Specs dan Harga Box Culvert Semua Ukuran
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Harga Tabung Oksigen untuk Las (Semua Ukuran)"