Info Terkini Biaya Rekening (Tabungan) Jenius BTPN

Anda sudah pernah mendengar tentang layanan Jenius? Jika belum, Jenius merupakan layanan digital banking dari Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN) yang memungkinkan para nasabah untuk memiliki rekening bank dan mengelola keuangan dari smartphone dengan biaya yang relatif terjangkau. Aplikasi layanan ini sendiri sudah dapat di-download melalui Google Play Store dan App Store.

Aplikasi Jenius BTPN
Aplikasi Jenius BTPN

Dengan layanan Jenius, nasabah tak perlu datang ke kantor cabang BTPN untuk membuka rekening. Jadi, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Jenius lewat Google Play Store atau Apple App Store, kemudian melakukan registrasi akun dengan mengisi biodata, mengunggah foto wajah dengan selfie, foto KTP, dan NPWP. Anda juga dapat memberi nama pada rekening yang Anda daftarkan (cashtag) sebagai alternatif nomor rekening yang bagi sebagian besar orang cukup sulit untuk dihafalkan.

Bacaan Lainnya

Jenius menawarkan berbagai fitur menarik seperti Send It (mengirim uang), Pay Me (menagih atau meminjam uang), Dream Saver (perencanaan keuangan berupa deposito atau tabungan berjangka), Card Center (memblokir kartu sementara atau permanen dan mengaktifkannya kembali), dan Split Bill (membagi tagihan). Hal menarik lainnya, pihak BTPN mengenakan biaya berlangganan yang relatif terjangkau.

Baca juga  Info Biaya ShopeePay dan PayLater (SPayLater)

Syarat Tabungan Jenius BTPN

  • Negara Indonesia berusia 17 tahun atau lebih.
  • Memiliki wewenang untuk mengambil tindakan hukum menandatangani perjanjian mengikat dengan bank dan tidak dilarang untuk melakukannya berdasarkan hukum yang berlaku.
  • Pendaftaran hanya dapat dilakukan melalui aplikasi mobile yang dapat diunduh melalui Apple Store dan Google Play Store. Dengan demikian, (calon) nasabah harus memiliki smartphone dengan kriteria minimum yang dipersyaratkan oleh bank dan memiliki nomor ponsel Indonesia yang aktif dan valid agar dapat menerima SMS yang dikirim oleh bank.
  • Sebagai bagian dari proses pendaftaran, informasi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan dalam bentuk foto harus diunggah dan diajukan pada bank dengan menggunakan kamera smartphone dengan aplikasi mobile. Namun, untuk informasi NPWP, dapat dikirimkan kemudian pada saat proses pendaftaran. Jika informasi NPWP tidak diajukan pada bank selama proses pendaftaran, informasi tersebut wajib diberikan kepada bank melalui aplikasi mobile di menu Edit Profil dalam waktu 14 (empat belas) hari kalender setelah pendaftaran disetujui oleh bank.
  • Sebagai prasyarat, nasabah wajib memberikan alamat email aktif miliknya sendiri yang memiliki kapasitas memadai untuk menerima pesan yang dikirim oleh Jenius. Bank tidak bertanggung jawab atas keabsahan, kepemilikan, aktivitas, dan kapasitas alamat email tersebut.
  • Setelah proses pendaftaran diselesaikan, rekening utama akan dibuka oleh bank. Pada awalnya, rekening utama akan berstatus tidak aktif. Seluruh transaksi lainnya, termasuk penarikan dan/atau transfer keluar dari rekening utama hanya dapat dilakukan setelah bank menyelesaikan proses verifikasi sesuai dengan ketentuan bank dan hukum serta perundangan yang berlaku, dan rekening tersebut telah sepenuhnya menjadi berstatus aktif.
Baca juga  Update Harga Drum Pad Elektrik (Yamaha, Roland, Alesis, dll)
Kartu debit Jenius BTPN (youtube: Keluarga Dendy)
Kartu debit Jenius BTPN (youtube: Keluarga Dendy)

Biaya Tabungan Jenius BTPN

Tipe Transaksi Biaya
Feesible (biaya berlangganan) per bulan Rp10.000
Biaya Pembukaan Rekening Gratis
Biaya Penutupan Rekening Gratis
Saldo Awal Saat Pembukaan Rekening Rp0
Biaya Akun Dorman (tidak ada transaksi di bawah 6 bulan) Gratis
Biaya di Bawah Saldo Minium Bulanan Tidak ada minimum saldo
Transfer Online dengan Aplikasi
Ke rekening Jenius dan BTPN Gratis
Ke rekening bank lain (setelah reward habis) Rp5.000 per transaksi
Transfer dengan metode SKN Rp2.900 per transaksi
Transfer dengan metode RTGS Rp25.000 per transaksi
Biaya pembayaran listrik PLN Rp1.500 per transaksi
Biaya pembelian paket data Rp1.500 per transaksi
Biaya pembelian pulsa (semua operator) Rp1.500 per transaksi
Biaya pembayaran tagihan lainnya Gratis
Top up saldo M-TIX  Rp5.000 per transaksi
Top up saldo TapCash  Rp1.500 per transaksi
Top up saldo ShopeePay (setelah reward habis) Rp5.000 per transaksi
Top up saldo GOPAY (setelah reward habis) Rp2.000 per transaksi
Top up saldo OVO (setelah reward habis) Rp1.500 per transaksi
Top up saldo LinkAja (setelah reward habis) Rp3.000 per transaksi
Tarik Tunai TCR Jenius Gratis
Tarik Tunai ATM BTPN Gratis
Tarik Tunai di jaringan Prima/Bersama (setelah reward habis) Rp7.500 per transaksi
Tarik Tunai Jaringan Visa Rp25.000 per transaksi
Cek Saldo di ATM BTPN Gratis
Cek Saldo di Jaringan Prima/Bersama Rp4.000 per transaksi
Cek Saldo di Jaringan Visa Rp5.000 per transaksi
Transaksi Debit di merchant & domestik/internasional Gratis
Transaksi Gagal melalui EDC di Jaringan Prima/Bersama Rp2.000 per transaksi
Transaksi Gagal di Jaringan Visa Rp5.000 per transaksi
Print dan surat referensi ganti kartu Rp50.000 (maks/hari)
Buat kartu baru m-Card dan x-Card : Rp50.000 per kartu
e-Card : Rp50.000 per kartu
Baca juga  Info Terbaru Biaya SMS Banking BNI

Daftar persyaratan dan biaya Tabungan Jenius dari BTPN di atas kami rangkum dari situs resmi bank yang bersangkutan. Biaya tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan bank.

Dibandingkan tahun 2020, secara garis besar, biaya Jenius BTPN tidak banyak berubah pada 2021. Namun, nasabah sekarang dikenakan biaya administrasi bulanan (feesible) sebesar Rp10.000 setelah sebelumnya gratis. Kemudian, biaya transfer dengan metode SKN pada 2022 jauh lebih murah dari sebelumnya yang mencapai Rp25 ribu per transaksi. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung datang ke kantor cabang BTPN terdekat di Anda.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.