Cara & Biaya Easy Reschedule Tiket Pesawat Traveloka Terbaru

Terkadang liburan yang sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari ternyata bisa berubah sewaktu-waktu, entah pada saat hari H-nya ternyata ada urusan mendesak padahal Anda sudah membooking pesawat sejak jauh-jauh hari, atau bisa juga karena Anda tertarik untuk membeli tiket promo lain yang lebih murah. Biasanya jika melalui agen travel biasa, prosedur untuk penjadwalan ulang tiket pesawat akan memakan waktu yang cukup lama. Namun berbeda dengan Traveloka yang telah bekerjasama dengan sejumlah maskapai seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Kalstar, Xpress Air, Trigana Air, dan Aviastar untuk memudahkan penumpang menjadwalkan ulang (reschedule) penerbangan dengan biaya cukup terjangkau dengan fitur Easy Reschedule.

Ilustrasi: aplikasi pesan tiket pesawat Traveloka (sumber: medium.com)
Ilustrasi: aplikasi pesan pesawat Traveloka (sumber: medium.com)

Traveloka adalah perusahaan perjalanan daring Asia Tenggara terkemuka yang menyediakan berbagai kebutuhan perjalanan dalam satu platform. Traveloka menawarkan penerbangan, hotel, kereta, paket penerbangan, hotel, atraksi dan kegiatan, produk konektivitas, transportasi bandara, dan bus. Traveloka sendiri didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang.

Bacaan Lainnya

Traveloka telah menjalin kemitraan dengan lebih dari 100 maskapai domestik dan internasional, serta melayani lebih dari 200.000 rute di seluruh dunia. Traveloka juga memiliki inventaris akomodasi langsung terbesar, bervariasi dari hotel, apartemen, wisma, homestay, hingga villa dan resor. Traveloka menyediakan lebih dari 40 opsi pembayaran untuk pelanggan di Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Filipina dengan bantuan dari layanan pelanggan lokal dalam bahasa asli mereka. Aplikasi seluler Traveloka bahkan telah diunduh lebih dari 30 juta kali yang menjadikannya aplikasi pemesanan perjalanan paling populer di Asia Tenggara.[1]

Ketentuan Pembatalan Penerbangan Traveloka

Untuk regulasi pembatalan penerbangan yang berlaku di Traveloka yakni per segmen pembatalan dihitung dari rute sekali terbang pesawat. Sebagai contoh, penerbangan Jakarta – Jayapura yang harus transit terlebih dahulu di Makassar maka akan dihitung 2 segmen, yakni Jakarta – Makassar dan Makassar – Jayapura. Yang lebih menarik, dengan fitur easy reschedule ini Anda dapat memperoleh kembalian jika tiket baru yang Anda beli lebih murah dari sebelumnya.

Selisih uang Anda kelak akan dikirim ke rekening Anda setelah dipotong biaya reschedule dan biaya administrasi dari pihak maskapai (airline fee). Cashback tersebut bisa Anda peroleh dalam waktu maksimal 2 hari kerja setelah Anda mengisi data bank untuk pengiriman cashback. Demikian pula sebaliknya, bila baru yang Anda pesan ternyata lebih mahal, maka Anda tinggal membayar sisanya saja. Metode pembayaran tiket tersebut disesuaikan dengan selisih biaya yang harus Anda bayar.

Apabila selisih harga yang baru lebih dari Rp50.000, Anda dapat membayarnya dengan menggunakan semua metode pembayaran. Namun jika selisihnya antara Rp10.000 hingga Rp49.999, maka metode pembayaran yang tersedia hanya melalui Transfer BCA, Transfer BRI, Kartu Kredit, CIMB Clicks, Mandiri Clickpay, BCA KlikPay, dan Mandiri Debit. Sementara itu untuk selisih di bawah Rp10.000, hanya dapat melakukan pembayaran dengan metode Kartu Kredit, Mandiri Clickpay, dan Mandiri Debit.

Menurut CMO of Traveloka, Dionisius Nathaniel, sejak Februari 2020, Traveloka menerima peningkatan permintaan bantuan dari pelanggan yang sangat banyak. Jumlahnya meningkat 10 kali lipat dibandingkan situasi normal. Untuk itu, pihak Traveloka membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat memproses permintaan pengguna.

Fitur Easy Reschedule digunakan untuk mengatur kembali jadwal pesawat dan juga tiket lainnya dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna secara online, baik lewat situs web maupun aplikasi mobile di Android. Menurutnya keberadaan fitur penerbangan tersebut merupakan layanan online pertama di Asia Tenggara. Tak perlu khawatir soal prosedur reschedule dari Traveloka ini, sebab pihak Traveloka menjanjikan proses yang mudah dan cepat, berikut langkah-langkahnya.

Persiapan Naik Pesawat – www.istockphoto.com

Cara Reschedule Traveloka

  • Login ke akun Traveloka Anda. Pada dasbor akun Anda, pilih submenu ‘Pesanan Saya’.
  • Klik ‘Detail’ pada penerbangan yang hendak Anda ubah, lalu klik tombol ‘Reschedule’.
  • Pilih tanggal penerbangan baru dan langsung pesan penerbangan baru Anda.
  • Tunggu konfirmasi harga yang akan dikirim melalui email atau notifikasi push, disertai tautan untuk melanjutkan ke pembayaran.
  • Lakukan pembayaran. Harga total sudah termasuk biaya reschedule Traveloka dan biaya maskapai.
  • Setelah proses reschedule selesai, e- akan langsung dikirim ke Traveloka App dan email Anda. Anda akan menerima e-tiket baru dalam jangka waktu 30 menit setelah pembayaran dikonfirmasi.

Selama ini proses mengubah jadwal penerbangan pesawat terkesan merepotkan karena konsumen harus menghubungi maskapai lewat telepon. Hal tersebut terkadang menjadi kendala bagi konsumen karena proses pemesanan dan pengubahan harus melalui dua pintu. Dengan kehadiran fitur Easy Reschedule, diharapkan dapat mengatasi kesulitan tersebut. Kini konsumen bisa mengubah jadwal penerbangannya secara online dan langsung di Traveloka, sehingga lebih menghemat waktu.

Easy Reschedule dapat dilakukan dengan semua metode pembayaran. Namun, jika harga total lebih rendah dari batas harga tertentu, beberapa metode pembayaran tidak dapat digunakan.Easy Reschedule tersedia di situs Traveloka (desktop dan mobile) dan Traveloka App.Berikut rincian biaya Easy Reschedule pesawat Traveloka yang berlaku pada 2021 hingga 2022.

Ilustrasi Wanita Melakukan Reschedule Pesawat Mendadak (sumber: fareflightnwa.org)

Biaya Easy Reschedule Tiket Pesawat Traveloka

Jenis Rute Tarif (Rp)
Rute Domestik 15.000 – 35.000
Rute Internasional 50.000

Tercatat pada 2019, biaya Easy Reschedule tiket pesawat Traveloka dibanderol mulai Rp15 ribu untuk rute domestik dan Rp50 ribu untuk rute internasional dihitung per penumpang dan per segmen tiket yang diubah jadwalnya.

Lalu pada 2020, biaya tersebut mengalami perubahan khususnya pada rute internasional yang turun menjadi Rp30 ribu. Perlu diketahui, setiap harga yang ditampilkan sudah merupakan biaya total yang harus dibayar untuk mengubah perjalanan Anda.

Hal yang sama juga berlaku pada tiket hotel. Untuk reschedule tiket hotel, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp15.000 per reservasi dari Traveloka dan tarif tersebut masih belum mengalami perubahan hingga sekarang. Mitra hotel juga memiliki kebijakan untuk memberlakukan biaya tambahan. Traveloka sebagai  platform penjualan online selalu mengikuti kebijakan masing-masing mitra untuk proses reschedule.

[Update: Almas]

[1] Gamal, Merza. 2020. Merancang Change Management & Cultural Transformation. Jakarta: Qiara Media. Hlm180.

Pos terkait