Update Biaya Transfer Antar-Bank dan BI Fast Online

Dulu, melakukan transaksi perbankan bagi nasabah yang memiliki rekening bank berbeda akan menjadi hal yang cukup merepotkan karena biasanya sang pengirim dana harus datang terlebih dahulu ke kantor cabang bank tujuan untuk melakukan transfer uang. Namun kini, berkat adanya kemajuan teknologi seperti melalui mesin ATM, internet banking, mobile banking, hingga SMS banking, termasuk BI Fast online, nasabah bank dapat melakukan transfer antar-bank dengan mudah secara online di mana saja dan kapan saja. Biaya untuk transfer dana tersebut juga dapat dikatakan relatif terjangkau.

Ilustrasi: mesin ATM (sumber: depositphotos)
Ilustrasi: mesin ATM (sumber: depositphotos)

Apabila Anda tidak memiliki internet banking atau SMS banking dan hanya memiliki kartu ATM, Anda bisa langsung pergi ke minimarket terdekat, sebab biasanya di minimarket sudah menyediakan mesin ATM beberapa bank seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, hingga BCA. Namun, jika transfer untuk sesama bank biasanya tak ditarik biaya, maka tidak demikian dengan transfer antar-bank. Lalu, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk transfer antar-bank saat ini?

Bacaan Lainnya
Baca juga  Ketentuan dan Update Biaya Asuransi BCA Smart Health Extra (BCA Smart Eazicare Blue)

Biaya Transfer Antar-Bank

Nama Bank Jenis Biaya Transfer
Bank Mandiri Transfer via bank Rp5.000
Transfer via ATM Link/Bersama/Prima Rp6.500
BCA Transfer via ATM BCA Rp6.500
Transfer via Jaringan Prima Rp6.500
BNI Transfer via ATM Link/Bersama/Prima Rp6.500
BRI Transfer via ATM Rp6.500
Transfer via internet banking/SMS banking Rp6.500
Transfer via RTGS Rp30.000
Bank CIMB Niaga Transfer ke bank lain (kliring) Rp2.900 – Rp5.000
Transfer via ATM Bersama & Prima Rp6.500
RTGS Rp25.000 – Rp50.000
Transfer valas ke bank lain USD 5
Bank Permata Transfer real time online Rp7.500
Transfer ke bank lain (kliring/LLG) Rp2.900
Transfer ke bank lain (RTGS) Rp25.000
BII Maybank Transfer via ATM Maybank Rp7.500
Transfer via Jaringan ATM Prima, Bersama, ALTO Rp7.500
Bank OCBC NISP Transfer via online Rp6.500
LLG debet rekening via ATM/Mobile/Internet Banking Rp2.000
RTGS Rp25.000
Bank Mega Transfer via ATM Bank Mega/Prima Rp6.500
Bank Woori Saudara Transfer via ATM Bersama, Prima, dan ALTO Rp6.500
Nobu Bank Transfer SKN Rp5.000
Transfer RTGS Rp25.000
Baca juga  Update Biaya Tambal Gigi Geraham di Puskesmas dan Rumah Sakit

Informasi besaran tarif transfer antar-bank di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi masing-masing bank yang bersangkutan. Jika dibandingkan dengan ketentuan sebelumnya, besaran tarif transfer antar-bank tersebut terpantau belum mengalami perubahan. Apabila memerlukan informasi lebih detail, Anda dapat menghubungi cabang bank terdekat yang Anda gunakan.

Ilustrasi: Uang Rupiah (sumber: Merdeka)
Ilustrasi: Uang Rupiah (sumber: Merdeka)

Apa Itu BI Fast?

Jika Anda menginginkan biaya transfer antar-bank yang lebih terjangkau, Anda dapat menggunakan BI Fast. Menurut keterangan resmi Bank Indonesia, BI Fast adalah atau BI-FAST adalah sebuah infrastruktur pembayaran ritel yang memfasilitasi pembayaran ritel secara real time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat. BI Fast diperkenalkan dan diimplementasikan secara bertahap sejak Desember 2021 dengan prioritas awal adalah transfer kredit individual. Selanjutnya, BI Fast akan terus berkembang selaras dengan arah kebijakan Bank Indonesia.

Masih menurut referensi yang sama, BI-FAST dibangun dalam rangka mendukung konsolidasi industri pembayaran nasional dan integrasi ekonomi keuangan digital secara end-to-end. ini diklaim memberikan banyak manfaat bagi masyarakat umum, antara lain real time 24/7, melayani berbagai instrumen dan kanal pembayaran, secure karena dilengkapi dengan fitur fraud detection dan anti-money laundering, serta efisien.

Baca juga  Update Cara Memblokir Kartu ATM BRI Saat Hilang

Biaya Transfer BI Fast

Lalu, berapa biaya transfer yang dibebankan kepada nasabah jika menggunakan BI Fast? Nasabah hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp2.500 per transaksi jika melakukan transfer antar-bank. Sangat murah, bukan? Fitur ini pun sudah dipunyai oleh banyak bank, termasuk bank besar seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, BCA, Bank CIMB Niaga, Bank Danamon, Bank Mega, BSI, BTN, Bank Woori Saudara Indonesia, Allo Bank Indonesia, dan lainnya.

Untuk lebih memasyarakatkan tersebut, Bank Indonesia pun getol memberikan promo menarik untuk nasabah. Pada peringatan ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke-77 Agustus 2022 lalu misalnya, biaya transfer menggunakan BI Fast hanya Rp77. Namun, tarif promo tersebut hanya berlaku pada tanggal 16 sampai 18 Agustus 2022. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *