Update Komposisi, Kegunaan, dan Harga Suplemen Sendi Welmove (Indomaret & Alfamart)

Seperti yang sering Anda dengar, seiring bertambahnya usia biasanya kemampuan fisik seseorang akan mulai mengalami penurunan, terutama berhubungan dengan tulang dan persendian. Menjaga kesehatan persendian dapat Anda lakukan dengan menjalani gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga, menjaga postur tubuh yang benar saat beraktivitas, makan makanan yang bergizi, hingga memenuhi asupan nutrisi harian dengan mengonsumsi produk vitamin atau suplemen yang diklaim baik untuk sendi dan tulang. Salah satu suplemen persendian yang cukup laris di Indomaret dan Alfamart yakni Welmove dengan harga mulai puluhan ribu rupiah.

Ilustrasi: nyeri sendi pergelangan tangan

Ilustrasi: nyeri sendi pergelangan tangan

Persendian adalah istilah untuk menyebutkan sambungan antar-tulang di dalam tubuh. Persendian dibagi menjadi tiga, yakni sinartrosis, amfiartrosis, dan diartrosis. Persendian diartrosis memiliki fungsi yang sangat vital dalam mendukung segala aktivitas manusia, terutama aktivitas gerak seperti berjalan, duduk, dan mengangkat berbagai beban. Ujung-ujung tulang yang membentuk persendian ini dilapisi suatu jaringan lunak yang disebut rawan sendi.[1]

Welmove adalah nutrisi sendi yang diproduksi oleh PT. Ultrasakti dan telah terdaftar pada BPOM. Suplemen ini bekerja dengan cara melumasi persendian sehingga sendi menjadi lebih mudah untuk digerakkan. Welmove mengandung beberapa komposisi penting seperti glucosamin, chondroitin, vitamin dan mineral yang diklaim cocok dan efektif mengatasi kaku dan nyeri pada sendi lutut, pinggang, bahu, dan sendi lainnya.

Selain itu, kualitas produk suplemen ini pun disebut-sebut terjamin karena dibuat dari bahan baku kualitas terbaik yang diproduksi secara modern di pabrik farmasi yang memenuhi standar BPOM, oleh karena itu Welmove diklaim aman dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu panjang.

Baca juga  Info Terbaru Manfaat, Efek Samping, dan Harga Cal 95 di Apotek

Produk Welmove diklaim memiliki beberapa kelebihan dibanding produk pada umumnya, di antaranya telah mengantongi sertifikat halal dari (MUI) sehingga aman dikonsumsi oleh umat muslim, efektif mengatasi kaku dan sendi nyeri, dijual dengan harga terjangkau, kualitas terjamin, komposisi lengkap, dan dibuat sesuai standar CPOB dan BPOM. Setiap 1 kaplet Welmove memiliki kandungan sebagai berikut.

Komposisi Welmove

  • Glucosamine HCl 500 mg
  • Chondroitin SO4 400 mg
  • Vitamin C 50 mg
  • Mn (Mangan) 0.5 mg
  • Mg (Magnesium) 10 mg
  • Zn (Zinc) 5 mg

Welmove terdiri dari Glukosamin dan kondroitin yang diserap tubuh dan bekerja melumasi dan memperbaiki sendi-sendi yang kaku sehingga sendi menjadi lentur dan mudah untuk digerakkan. Vitamin dan Mineral pada Welmove bekerja sinergis dengan glukosamin dan kondroitin dalam membantu pembentukan tulang rawan sendi. Apabila ditinjau dari bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, berikut ini uraian lengkap manfaat atau khasiat dari Welmove.

Kegunaan Welmove

Suplemen Wellmove (instagram: @tokobatkita_)

Suplemen Wellmove (instagram: @tokobatkita_)

Glucosamine

Glucosamine adalah aminosakarida alami yang biasa terdapat pada kulit krustasea (udang-udangan), artropoda, dan dinding sel cendawan. Glucosamine secara alami terdapat dalam tubuh manusia dan diproduksi dalam tubuh bersama kondrosit pada tulang rawan untuk membantu menjaga dan membangun jaringan sendi yang sehat. Sayangnya, produksinya dapat berkurang seiring pertambahan usia. Namun saat ini glukosamin buatan sudah banyak ditemukan dalam bentuk suplemen.

Fungsi utama glukosamin adalah untuk menciptakan rantai panjang yang disebut glikosaminoglikan, yang digunakan oleh tubuh kita untuk memperbaiki jaringan sendi. Glikosaminoglikan, sebelumnya dikenal sebagai mucopolysaccharides, yaitu rantai panjang disakarida dimodifikasi dan merupakan komponen utama dari proteoglikan. Zat ini bersama dengan kondrosit dan kolagen, membuat tulang rawan sendi.

Baca juga  Update Harga Sistenol Tablet (Botol dan Eceran) untuk Redakan Demam

Chondroitin

Chondroitin adalah senyawa glikosaminoglikan tersulfasi. Chondroitin sulfat biasanya dijumpai berikatan dengan protein sebagai bagian dari proteoglikan. Chondroitin sulfat merupakan komponen struktural penting penyusun jaringan tulang rawan dan berperan dalam meningkatkan ketahanannya terhadap tekanan. Bersama dengan glukosamin, Chondroitin sulfat digunakan secara luas sebagai suplemen makanan untuk mencegah osteoartritis. Chondroitin dapat bersumber dari tulang rawan hewan. Pada Welmove, Chondroitin-nya berasal dari tulang rawan ikan yang selain terdapat chondroitin juga dikenal kaya dengan protein kolagen.

Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air di mana salah satu fungsi dari vitamin C adalah memproduksi kolagen. Kolagen itu sendiri merupakan komponen struktur tulang rawan, tendon, ligamen, pembuluh darah, dan kulit. Manfaat Vitamin C dikenal sangat baik untuk kesehatan sendi karena dapat membantu menjaga cairan sinovial sehingga gerakan sendi lebih leluasa.

Mg, Mn, dan Zn

Mineral-mineral seperti magnesium, mangan, dan zinc adalah mineral yang penting untuk mengaktifkan enzim dalam tubuh yang berperan penting dalam memproduksi kolagen. Kolagen itu sendiri merupakan komponen struktur tulang rawan, tendon, ligamen, pembuluh darah, dan kulit.

Anda dapat memperoleh manfaat dari suplemen Welmove lebih maksimal dengan memperhatikan dosis pemakaian sebagai berikut.

Dosis Welmove

Mengonsumsi suplemen kecantikan (sumber: drberg.com)

Mengonsumsi suplemen (sumber: drberg.com)

Welmove dapat dikonsumsi untuk pencegahan dan bisa juga sebagai pengobatan. Nah, untuk pengobatan nyeri sendi dan terapi sendi, Welmove dapat diminum sebanyak sehari 3 kali pada pagi, siang, dan malam hari. Sedangkan untuk pencegahan kaku dan susah gerak pada lutut dan pinggang, Anda dapat meminum Welmove dengan dosis sebanyak 1-2 kali sehari. Welmove diklaim dapat diminum oleh siapa saja, baik pria, wanita, orang yang berusia tua, maupun muda.

Baca juga  Manfaat, Komposisi, dan Harga Serum Wardah Terbaru (Semua Varian)

Welmove tersedia dalam kemasan amplop, dengan strip warna kuning keemasan, terdapat 5 kaplet dalam satu amplop. Welmove dapat dibeli di apotik, toko obat, Alfamart, dan Indomaret. Sebagai informasi, tahun 2019 lalu di Apotek K24 harga Welmove capsule 5S strip 12S dijual seharga Rp20.295, sama seperti Welmove kapsul 6S strip 5S. Sedangkan di Alfamart harganya Rp18.800 per strip dan di Indomaret dijual seharga Rp18.900 per 1 strip.

Sebagai perbandingan, kami sajikan info harga suplemen sendi Welmove capsule 6s strip 5s yang berlaku antara tahun 2020 dan 2021.

Harga Welmove di Minimarket

Tempat PembelianHarga Sebelumnya (2020)Harga Saat Ini (2021)
IndomaretRp21.500Rp21.900
AlfamartRp23.500Rp24.900

Sementara itu, untuk produk Welmove 1 box isi 12 strip dapat juga dibeli di berbagai situs online dengan harga kisaran Rp190 ribuan. Perlu Anda ingat bahwa harga Welmove per strip bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Welmove di setiap tempat kemungkinan dapat berbeda-beda tergantung dari penawaran pihak penjual.

Perlu diingat, konsumsi suplemen atau obat-obatan pada setiap orang bisa saja memunculkan efek samping yang berbeda-beda. Apabila Anda memiliki terhadap ikan atau mengalami efek samping yang negatif setelah mengonsumsi suplemen ini, sebaiknya segera hentikan penggunaan dan berkonsultasi dengan dokter.

[Update: Ditta]

[1]Utami, Prapti. 2003. Tanaman Obat untuk Mengatasi & Asam Urat. Jakarta: Agromedia Pustaka. Hlm 5.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Komposisi, Kegunaan, dan Harga Suplemen Sendi Welmove (Indomaret & Alfamart)"