Info Terbaru Biaya Pasang Listrik 3 Phase

No comment9097 views

sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap masyarakat di Indonesia. Selain untuk kebutuhan rumah tangga, juga diperlukan dalam dunia industri. Indonesia mengenal 2 sistem kelistrikan yang disalurkan oleh PT PLN, yakni prabayar atau yang lebih dikenal dengan pintar (token) dan yang masih menggunakan bulanan. Sementara, berdasar kelompok sambungannya, terdapat sambungan listrik 1 phase dan 3 phase, dengan dibedakan berdasarkan fase atau gelombangnya.

Ilustrasi: sambungan listrik (sumber: chitkara.edu.in)

Ilustrasi: sambungan listrik (sumber: chitkara.edu.in)

Listrik 1 phase biasanya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga yang memang tidak memerlukan daya besar. Sementara, listrik 3 phase digunakan untuk industri besar atau bisnis perhotelan. Listrik 3 phase atau 3 fase menawarkan beberapa keuntungan, antara lain:

  • Menyediakan daya listrik yang lebih besar untuk industri kelas menengah dan kelas besar.
  • Karena menggunakan tegangan yang lebih tinggi, maka arus yang akan mengalir untuk daya yang sama akan lebih rendah. Untuk daya yang besar, kabel yang digunakan bisa lebih kecil, sehingga dapat lebih menghemat kabel.
  • Untuk motor induksi yang memerlukan daya besar, listrik 3 fase tak memerlukan kapasitor lagi untuk menggerakkan motor.

PLN menetapkan biaya yang bervariasi untuk keperluan pasang baru listrik, tergantung dari tegangan atau daya yang Anda butuhkan. Untuk pemasangan listrik baru, PLN masih menerapkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI Nomor 33 tahun 2014 tentang Tingkat Mutu Pelayanan dan Biaya yang Terkait dengan Penyaluran Tenaga Listrik oleh PT PLN (Persero). Berikut biaya atau tarif yang ditetapkan untuk pemasangan listrik baru.

Biaya Pasang Listrik 3 Phase

Listrik, daya, phase, fase, PLN, biaya, SLO, sertifikat, informasi, kantor, prabayar, pemerintah, komponen, pelanggan, penyambungan, operasi, tegangan, industri

Ilustrasi: teknisi sedang memeriksa jaringan listrik

Kelompok SambunganBiaya Penyambungan
Sambungan 1 phase atau 3 phase dengan pembatasan daya dan pengukuran tegangan rendah
Daya tersambung sampai dengan 450 VARp421.000
Daya tersambung 900 VARp843.000
Daya tersambung 1.300 VARp1.218.000
Daya tersambung 2.200 VARp2.062.000
Tambah daya menjadi sampai dengan 2.200 VARp937 per VA
Daya tersambung atau tambah daya di atas 2.200 VA – 100 kVARp969 per VA
Daya tersambung atau tambah daya rumah tangga golongan R-3Rp969 per VA
Daya tersambung atau tambah daya di atas 100 kVA – 200 kVARp775 per VA
Sambungan 3 phase atau tambah daya dengan pembatasan daya dan pengukuran Tegangan MenengahRp631 per VA
Sambungan 3 phase atau tambah daya dengan pembatasan daya dan pengukuran Tegangan TinggiRp535 per VA

Menurut keterangan PLN, dalam memasang listrik prabayar, setidaknya ada dua komponen yang mesti dibayarkan oleh pelanggan, yaitu biaya penyambungan listrik (seperti di atas) dan biaya sertifikat layak operasi (SLO) yang bisa berbeda-beda, mulai Rp40 ribu untuk daya 450 VA, Rp60 ribu untuk daya 900 VA, dan Rp95 ribu untuk daya 1.300 VA. Jika membutuhkan lebih lengkap, silakan menghubungi kantor PLN terdekat di kota Anda.

[Update: Panca]

Baca juga  Update Harga Huruf Timbul Acrylic LED untuk Papan Nama
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Pasang Listrik 3 Phase"