Update Harga GRC Super Panel 15mm

Material untuk konstruksi bangunan saat ini sudah semakin beragam. Perlahan, masyarakat mulai mencari pengganti kayu yang memiliki tingkat kekuatan dan ketahanan lebih baik, misalnya saja seperti Glassfibre Reinforced Cement atau GRC. Jenis GRC board sendiri ada bermacam-macam, misalnya saja Super Panel, Superplank, hingga Simpleplank. Harganya pun variatif, tergantung ukuran ketebalannya, apakah 2mm, 12mm, atau 15mm.

Ilustrasi: papan GRC (sumber: archiproducts.com)
Ilustrasi: papan GRC (sumber: archiproducts.com)

Seperti diketahui, material kayu memiliki masa pakai yang relatif singkat karena jenis-jenis tertentu biasanya lebih rentan lapuk dan dimakan rayap. Nah, GRC board, atau yang lebih sering disebut papan semen, adalah material yang cukup multifungsi dan saat ini kerap dipakai sebagai pengganti triplek. GRC board bisa diaplikasikan untuk berbagai keperluan, baik interior maupun eksterior seperti langit-langit, atap, panel akustik, talang, kubah masjid, saluran air, lantai, dinding, dan sebagainya.

Bacaan Lainnya
Baca juga  Jenis dan Harga Trenggiling Terbaru

Kelebihan GRC Super Panel

Untuk GRC Super Panel, ini adalah material fiber semen varian produk dari GRC board yang dirancang khusus untuk aplikasi luar (outdoor). Super Panel lebih tahan cuaca dan perubahan suhu karena memiliki kepadatan yang tinggi (1,4 g per 0,2 cm3) . Material ini dapat digunakan untuk facade (fasad) atau cladding, lantai, pagar proyek, alas atap, anak tangga cover column eksternal, hingga untuk cubicle toilet. Ketebalan GRC Super Panel bervariasi, dari 9 mm, 12 mm, dan yang paling tebal adalah 15 mm, dengan dimensi standar 1.220 x 2.440 mm.

Seperti halnya material GRC pada umumnya, GRC Super Panel menawarkan sejumlah kelebihan, seperti diklaim kuat dan tahan benturan, tahan air dan kelembapan, tahan api, tahan jamur dan rayap, memiliki permukaan yang rata sehingga lebih memudahkan Anda karena tak perlu di-plamir, cepat dan praktis dalam pengerjaan atau pemasangannya, dan tidak menimbulkan kotor atau residu yang berlebihan dalam hal pengerjaan. Khusus varian Super Panel ini, lebih diperuntukkan aplikasi eksterior atau luar ruangan karena memiliki tahan cuaca atau panas dan hujan.

Baca juga  Info Resep dan Update Harga Kue Bawang 1 Kg di Pasaran

Harga GRC Super Panel

Harga GRC Super Panel cukup variatif, tergantung ukuran ketebalannya. Pada tahun 2020 lalu, GRC Super Panel 15mm ukuran 15 mm x 1.220 mm x 2.440 mm dengan berat 69 kilogram (kg) dijual Rp303 ribu hingga Rp474 ribuan per lembar. Kemudian, pada tahun 2021, harganya berada di kisaran Rp300.000 hingga Rp642.000 per lembar, tergantung masing-masing toko. Saat ini, Anda bisa membeli GRC Super Panel 15mm dengan harga Rp310.000 hingga Rp627.000 per lembar. Namun, ada juga yang menjualnya Rp785 ribu hingga Rp825 ribu per lembar.

Perlu diketahui, bahwa informasi harga GRC super panel 15 mm bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga GRC Super Panel di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung penawaran pihak penjual. Apabila saat ini Anda sedang membutuhkan GRC super panel, Anda bisa mencarinya di distributor GRC Board atau toko bangunan terdekat yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.