Kelebihan, Kekurangan & Update Harga Kain Toyobo di Pasaran

Anda sudah pernah mendengar tentang Toyobo? Kain Toyobo adalah jenis kain katun yang berasal dari Jepang. Kain satu ini memiliki serat yang rapat dan bersifat tidak menerawang, dan karenanya kerap dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis pakaian, baik oleh wanita maupun pria. Toyobo kisaran puluhan ribu rupiah.

Kain toyobo (sumber: mitramulia.com)
toyobo (sumber: mitramulia.com)

merupakan warisan budaya Indonesia yang hadir dalam berbagai jenis bentuk dan corak. Ada tiga jenis kain yang cukup populer di tengah masyarakat. Mulai dari kain sutera, kain lycra, dan kain polyester. Perbedaan dari ketiga jenis kain tersebut yakni tekstur, warna, dan motifnya.[1] Ada pula jenis yang begitu populer dijadikan bahan pakaian yakni katun.

Bacaan Lainnya

katun juga hadir dalam banyak varian, salah satunya kain Toyobo. Umumnya, kain Toyobo lebih banyak digunakan untuk membuat gamis, kemeja, blouse, pashmina, outer, jilbab, dan juga rok dengan berbagai model. Busana yang dibuat dari kain Toyobo biasanya akan tampak bagus dan anggun karena bahan dasarnya terlihat lembut, tebal, dan juga ‘jatuh’ ketika dikenakan.

Beberapa orang mungkin akan sulit membedakan Toyobo dengan kain katun Jepang. Dilansir Mizutex, katun Toyobo merupakan kain katun asli yang diimpor dari Jepang, sedangkan katun Jepang atau yang lebih dikenal dengan label Japan Design biasanya adalah kain katun yang diproduksi oleh pabrik lokal. Berikut ulasan lengkap mengenai kain Toyobo.

Toyobo pada dasarnya memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya dapat dibedakan dengan jenis katun lainnya. Meski tampilannya kadang hampir sama dengan beberapa jenis kain katun yang ada, kain Toyobo memiliki ciri khas sebagai berikut.

Ciri-Ciri Toyobo

  • Memiliki tekstur yang halus dan lembut.
  • Terbuat dari bahan serat alami yang sangat rapat.
  • Kainnya bersifat dingin, bahkan bagi sebagian orang, kain Toyobo dinilai lebih dingin dibandingkan kain wolfis atau wollycrepe.
  • Kainnya cukup tebal, tidak mudah kusut, tetapi teksturnya tetap lembut, bersifat ‘jatuh’, dan juga nyaman dipakai.
  • Bahan kain Toyobo ini tidak menerawang dan tidak membentuk lekuk tubuh, sehingga cocok digunakan sebagai bahan gamis syari yang bernuansa modern.
  • Jika dibuat untuk gamis, maka penggunaan kain Toyobo tidak membutuhkan furing tambahan karena kainnya sudah cukup tebal dan tak menerawang.
  • Tampilannya lebih glossy dari kain katun Jepang dan ketika diraba terasa sedikit lebih licin.
  • Kain Toyobo yang ada di pasaran umumnya memiliki corak polos.

Berikut beberapa kelebihan kain Toyobo.

Kain toyobo (sumber: shopee)

Kelebihan Kain Toyobo

  • Bahan halus dan tidak licin.
  • Terbuat dari bahan serat alam, sehingga terasa dingin dan nyaman saat dikenakan.
  • Serat kainnya rapat dan lebih tebal dibandingkan katun Jepang.
  • Tidak menerawang, sehingga tak perlu menggunakan furing saat hendak dijahit menjadi baju gamis atau lainnya.
  • Punya banyak pilihan warna yang menarik.
  • Bahannya ringan dan agak jatuh, tetapi tidak sejatuh bahan wolfis.
  • Kainnya tebal, tetapi tidak kaku saat dipakai.
  • Memiliki ketahanan warna yang cukup bagus, sehingga warnanya tak mudah luntur atau pudar meskipun sudah dicuci dan dijemur hingga berulang kali.
  • Tidak mudah kusut, sehingga akan tetap terlihat rapi saat dipakai menjadi baju.

Seperti halnya kain pada umumnya, kain Toyobo tentunya juga tidak luput dari kekurangan.

Kekurangan Kain Toyobo

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, kain Toyobo umumnya hadir dengan warna-warna polos. Meski ragam warnanya sangat banyak, tetapi Anda mungkin akan cukup kesulitan menemukan kain Toyobo yang memiliki motif atau corak tertentu. Pasalnya, sebagian besar kain Toyobo yang dijual adalah jenis kain yang warna-warnanya polos.

Kekurangan berikutnya dari segi harga. Harga kain Toyobo umumnya relatif lebih mahal dibandingkan harga bahan kain seperti katun Jepang meski tidak terpaut terlalu jauh. Namun, jika Anda membutuhkan kain Toyobo untuk membuat gamis syari atau pakaian lain yang butuh kain banyak, tentunya pengeluarannya pun akan terasa cukup besar.

Selanjutnya, lantaran kain Toyobo terbuat dari serat kapas alami, maka tingkat ketahanannya mungkin tidak begitu kuat dibanding material kain yang dibuat dari serat sintetis. Oleh sebab itu, apabila Anda hendak menjahitkan pakaian dari kain Toyobo, sebaiknya setelah itu perhatikan pula petunjuk perawatannya supaya kain satu ini tidak cepat rusak.

Kain Toyobo biasanya dijual per setengah meter, per meter, atau bahkan per 1 roll. Berikut harga kain Toyobo di pasaran.

Kain Toyobo di Pasaran – blog.mitramulia.com

Harga Kain Toyobo Per Meter

Varian Produk Kisaran Harga (Rp)
Kain Toyobo Royal Mix Grosir 31.000
Kain Toyobo Fodu Original 40.000
Kain Toyobo Premium polos 43.500
Kain Toyobo Motif 52.000
Kain Toyobo Original Royal 73.000

Harga kain Toyobo mengalami perubahan hampir setiap tahun. Pada 2019, kain Toyobo dijual dengan harga berkisar Rp17 ribuan hingga Rp37 ribuan per meter. Lalu pada 2020, harga kain Toyobo mengalami kenaikan harga mulai kisaran Rp18 ribuan hingga Rp40 ribuan per meter.

Memasuki 2021, harga kain Toyobo mengalami perubahan kembali dibandingkan 2020. Misalnya, kain Toyobo Fodu per setengah meter naik dari harga Rp18 ribu menjadi Rp20 ribu. Kemudian jenis kain Toyobo Fodu original (kualitasnya dikenal berada di atas bahan katun Toyobo impor pada umumnya) terpantau turun harga untuk pembelian 1 meter dari Rp40 ribu menjadi Rp36 ribu. Begitu pula dengan kain Toyobo Fodu per roll (isi 40 yard dengan lebar kain 1,5 meter) yang turun harga dari Rp1,19 juta menjadi Rp1,12 juta.

Sementara itu, di tahun 2022, harga kain Toyobo mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2021. Sebagai contoh, kain Toyobo Motif yang dibanderol Rp49.000 tahun 2021, naik menjadi Rp52.000 tahun 2022.

Perlu diingat, harga kain Toyobo di atas tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Katalog warna yang ditawarkan kain Toyobo sangat beragam, mulai dari warna cappuccino, dark navy, hijau botol, yellow pumpkin, maroon, teal blue, kunyit, red cherry, cream, choco milk, dusty pink, hitam, blue tosca, red candy, dusty blue, pink salem, broken white, bubble gum, magenta, peanut, biru wardah, hijau army, grey, green lime, coffee, navy, powder blue, dusty purple, green lime, clean white, terakota, hingga royal blue.

Saat hendak membeli kain Toyobo, pastikan Anda membeli kain yang original atau asli. Sebaiknya perhatikan dan lebih cermat dalam memilih kain. Sebab, kini juga banyak beredar kain Toyobo KW atau palsu. Jangan sampai tergiur harga murah dan kemudian mendapatkan barang palsu yang kualitasnya sangat jauh dari ekspektasi. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membeli kain Toyobo dari penjual terpercaya atau membeli secara langsung di toko kain agar bisa meraba dan melihat sendiri seperti apa kualitas kain yang hendak Anda beli.

[Update: Almas]

[1] Sardadi, Tini. 2007. Serasi & Gaya Berkain. Jakarta: Gramedia Pustaka. Hlm 13.

Pos terkait