Info Terbaru Kelebihan dan Harga Tambal Gigi Menggunakan Metode Laser

Terkadang, meski sudah rutin menyikat gigi setiap hari, bahkan sebelum tidur sekalipun, gigi seseorang masih memiliki kemungkinan untuk berlubang karena cara menyikat gigi Anda yang kurang benar. Lubang pada gigi ini bisa saja menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa, bahkan menurut beberapa orang bisa terasa begitu memusingkan kepala. Solusi yang dapat dilakukan ketika gigi berlubang adalah dengan mencabut atau menambalnya.

Jenis Tambalan Gigi dan Biayanya

harga, tambal, gigi, dengan, laser, sinar, metode, biaya, di, puskesmas, patah, 2018, 2017, sendiri, cara, menambal, berapa, lama, proses, geraham, depan, setengah, proses, tarif, dokter, klinik, resin komposit, warna

Prosedur gigi

Tambalan gigi ada beberapa jenis, yakni tambalan sementara yang biasanya dilakukan oleh sebelum gigi Anda ditambal permanen. Tambalan sementara biasanya digunakan apabila Anda melakukan perawatan saluran akar atau perawatan saraf. Bahan tambalan gigi sementara tersebut terbuat dari bahan zinc phosphate yang mudah dibongkar. tambal gigi sementara pun cukup murah, sekitar Rp100 ribuan hingga Rp150 ribuan per gigi.

Selanjutnya, ada pula jenis tambalan bernama Glass Ionomer Cement (GIC) yang mungkin sudah lumrah digunakan oleh masyarakat luas di Indonesia. GIC merupakan jenis tambalan permanen tanpa menggunakan sinar yang penambalannya cukup cepat, hanya perlu menunggu beberapa menit saja, maka bahan tambal gigi bisa langsung mengeras. Bahan tambal jenis GIC mempunyai warna yang menyerupai gigi asli dan biayanya berkisar antara Rp400 ribu hingga Rp500 ribuan.

Lalu, yang kini sedang banyak disukai masyarakat adalah tambal gigi dengan laser atau yang lebih dikenal dengan nama Resin Komposit. Bahan tambal gigi laser berasal dari polimer dan bahan anorganik yang kemudian diperkuat menggunakan sinar UV. Bahan tambal satu ini warnanya bisa diatur hingga sangat menyerupai gigi asli Anda. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, biasanya bahan tambal gigi resin komposit bisa berubah warna. Tambal gigi laser juga kabarnya bisa digunakan untuk menambal gigi depan yang patah agar bisa terlihat utuh kembali.

Kelebihan Tambal Gigi Menggunakan Laser

  • Tambalan gigi lebih awet. Seperti yang Anda ketahui, tambal gigi menggunakan laser dapat digolongkan sebagai tambal gigi permanen. Dengan demikian, apabila Anda menambal gigi menggunakan laser, Anda tak perlu terlalu khawatir tambalan gigi Anda suatu saat akan lepas hingga tertelan. Anda pun tak perlu terlalu sering mengontrol kondisi gigi setelah ditambal laser ke dokter gigi.

    Prosedur tambal gigi laser (sumber: watersidedentalfl.com)

    Prosedur tambal gigi laser (sumber: watersidedentalfl.com)

  • Mengurangi pendarahan. Tambal gigi menggunakan metode laser disebut-sebut dapat mengurangi pendarahan. Dokter tidak perlu membersihkan gigi dengan alat-alat tertentu yang dapat menimbulkan pendarahan pada pulpa gigi. Kabarnya, cukup menggunakan laser, maka pada gigi Anda akan hilang.
  • Tambal gigi dengan laser bersifat konservatif, maksudnya tambalan ini bisa mempertahankan bentuk gigi. Pasalnya, pada penambalan gigi yang sifatnya konvensional, tak jarang dokter akan membuang gigi yang telah berubah warna atau busuk lantaran mengandung banyak bakteri, sehingga hal ini otomatis akan mengubah bentuk gigi Anda. Namun, pada tambal gigi laser, bentuk gigi asli yang masih bisa dipertahankan.
  • Proses penyembuhan lebih cepat. Dibandingkan metode penambalan gigi yang lain, penggunaan metode laser bukan hanya bermanfaat untuk menambal gigi saja, tetapi juga bisa membunuh bakteri pada gigi. Bisa dikatakan bahwa proses tambal gigi dikenal lebih steril daripada penambalan gigi secara biasa, pasalnya bakteri sudah dibersihkan secara maksimal dan tak ada bakteri yang mengganggu proses penyembuhan, sehingga nyeri yang ditimbulkan dari gigi yang berlubang bisa sembuh dengan lebih cepat.
  • Rasa sakit lebih minim, atau bahkan kadang tidak terasa sakit saat menjalani proses penambalan gigi dengan metode laser.
  • Dapat mensterilkan jaringan, apabila menggunakan laser pada jaringan lunak seperti gusi.

Meskipun penambalan gigi dengan metode laser menawarkan sejumlah kelebihan dibandingkan tambal gigi biasa dengan metode Glass Ionomer Cement (GIC), rupanya tetap saja tambal gigi dengan laser memiliki beberapa kelemahan, antara lain perawatan yang relatif lebih mahal daripada perawatan konvensional. Selain itu, tidak semua perawatan gigi bisa dilakukan dengan alat dental laser, misalnya saja membongkar tambalan amalgam dan melepas porcelain onlay atau mahkota gigi (crown).

Kemudian, tambal laser yang biasanya menggunakan resin komposit ini rupanya mudah berubah warna walaupun pada saat awal proses penambalan warna tambalannya benar-benar menyerupai gigi asli Anda. Biaya tambal gigi laser kabarnya mulai Rp220 ribuan, tergantung dari besarnya lubang yang ada di gigi Anda. 

Biaya Tambal Gigi dengan Sinar Laser (Composite)

Tambal gigi laser (sumber: jaipurmilesdental.com)

Tambal gigi laser (sumber: jaipurmilesdental.com)

Tipe Penambalan GigiHarga
Komposit kecilRp220.000
Komposit sedangRp235.000
Komposit besarRp250.000
Selubung/dibentuk/Crown CompositeRp500.000
Pengisian saluran akar + tambal GIC atau tambal sinarRp250.000
Fissure Sealant per gigiRp150.000
Topikal FluorideRp150.000
Pasar FiberRp200.000
Inlay/Onlay dari bahan metal + cetakRp1.000.000
Inlay/Onlay dari bahan metal porselen + cetakRp2.200.000

Informasi harga tambal gigi laser di atas didapatkan dari salah satu gigi yang berlokasi di Kota Depok. Namun, perlu diketahui bahwa biaya tambal gigi dengan metode laser ini bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Di samping itu, tarif tambal gigi laser yang berlaku di setiap dokter gigi atau gigi bisa saja berbeda-beda. Oleh sebab itu, apabila Anda berencana menambal gigi dengan metode laser, Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu ke dokter atau gigi yang bersangkutan.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Info Lengkap Obat Penguat Kandungan Premaston dan Harga di Apotek
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Kelebihan dan Harga Tambal Gigi Menggunakan Metode Laser"