Harga Plester Hypafix Terkini (Semua Ukuran)

Bila Anda sedang mencari plester penutup luka yang kualitasnya cukup bagus, ukurannya besar, dan bahannya fleksibel, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan plester penutup luka merk Hypafix. Meskipun harga jualnya terbilang lebih mahal dibanding plester brand lain, Hypafix sudah cukup terkenal di kalangan medis. Hypafix sendiri adalah plester roll yang diproduksi oleh perusahaan BSN Medical asal Jerman.

Ilustrasi: Seseorang Memasang Plester Pada Luka di Jari Tangan (credit: safeandsoundhealth )
Ilustrasi: Seseorang Memasang Plester Pada Luka di Jari Tangan (credit: safeandsoundhealth)

Review Hypafix

Luka sayatan kecil di jari, area kaki, tangan, atau area tubuh lainnya biasanya dapat ditutupi dengan plester ukuran kecil yang bisa menghentikan pendarahan serta mencegah luka agar tidak terbuka lagi. Plester ini juga untuk mencegah luka supaya tidak kemasukan bakteri atau kuman yang berpotensi menyebabkan Anda mengalami infeksi.

Bacaan Lainnya

Plester pada umumnya tersedia dalam ukuran standar, yakni 19 x 72 mm dan 80 x 106 mm. Sudah banyak produsen di Indonesia yang memproduksi plester-plester luka dalam ukuran standar semacam itu. Namun, bagaimana jika luka yang harus ditutup adalah luka yang ukurannya besar, misalnya saja luka akibat sayatan pasca-operasi caesar atau operasi bedah lainnya?

Jika luka yang Anda miliki ukurannya cukup besar, tentunya tak akan cukup jika menggunakan plester biasa. Anda masih harus membutuhkan perban, kapas, serta bantuan plester khusus medis yang memang ukurannya lebih besar dan mampu menutupi area luka yang lebih besar. Namun masalahnya, bagi sebagian orang, mungkin pemilihan plester untuk luka yang cukup besar akan cukup membingungkan.

Baca juga  Info Spesifikasi dan Update Harga Setrika Philips Classic Beserta Seri-Seri Lainnya

Pasalnya, plester penutup luka itu bagi sebagian orang harus mampu memenuhi beberapa kondisi seperti memiliki bahan anti-air alias waterproof, berbahan fleksibel sehingga bisa menutupi area tubuh yang mungkin sering digunakan untuk bergerak seperti siku, lutut, atau sebagainya. 

Selain itu, beberapa plester yang kualitasnya rendah mungkin akan terasa menyakitkan jika hendak dilepas hingga rambut-rambut di kulit Anda terkadang ikut tercabut juga. Atau, kadang ada juga plester yang masih meninggalkan noda atau bekas perekat yang mungkin cukup mengganggu bagi sebagian orang. Untuk itu, Anda bisa menggunakan plester Hypafix.

Plester Hypafix digunakan untuk menutup luka agar tidak mudah terinfeksi dan cocok digunakan pada luka setelah operasi. Selain itu, plester luka ini bisa digunakan untuk membantu merekatkan instrumen seperti infus, kateter, dan sebagainya. Plester rol ini dapat disterilkan dengan autoclave, gas, dan dengan radiasi.

Ilustrasi: aplikasi plester Hypafix (sumber: brightsky.com.au)
Ilustrasi: aplikasi plester Hypafix (sumber: brightsky.com.au)

Hypafix berbahan elastis serta dilengkapi dengan split liner yang dapat memudahkan penggunaan serta bisa diaplikasikan pada area lengan, kaki, leher, dan daerah persendian atau lipatan yang tidak membatasi gerak tubuh. Yang lebih menarik lagi, Hypafix tak akan meninggalkan bekas lekatan pada saat dilepas. Hypafix juga memiliki pori-pori yang dapat membuat kulit leluasa bernapas untuk mempercepat proses penyembuhan.

Baca juga  Info Terkini Review dan Harga Acnol Gel untuk Jerawat

Plester ini bisa dengan mudah dipotong dan dibentuk sesuai kebutuhan Anda, sehingga tak ada bagian dari plester ini yang terbuang. Hypafix terbuat dari poliester substrat non-woven (jenis tekstil) warna putih dilapisi dengan perekat polyacrylate yang diklaim aman untuk kulit dan dapat menutupi area yang lebar. Plester Hypafix mempunyai cetakan pola grid pada kertas untuk membantu memandu pemotongan sesuai kebutuhan.

Indikasi atau kegunaan Hypafix bisa dimanfaatkan sebagai perekat luka yang mampu menutupi sekaligus melindungi luka dari air (waterproof), kotoran maupun kuman, serta mampu mencegah infeksi pada luka. Namun, perlu diperhatikan bahwa Hypafix hanya boleh digunakan ketika dibutuhkan saja, sehingga tidak bisa dipakai sembarangan.

Cara menggunakan Hypafix cukup mudah, Anda tinggal membuka kemasannya, lalu lepaskan bagian perekat pelapis, selanjutnya tinggal ditempelkan pada bagian tubuh yang membutuhkan. Apabila Anda merasa kesulitan untuk memasang plester Hypafix sendiri, Anda bisa meminta bantuan medis atau meminta bantuan orang-orang terdekat agar lebih mudah dan mampu menutup area luka dengan saksama.

Spesifikasi plester Hypafix antara lain terbuat dari polyester non-woven backing, bahan perekat polyacrylate yang rendah alergi, tahan merekat lama pada kulit, memiliki kemampuan meregang, menyempurnakan penutupan luka sehingga meningkatkan pencegahan kontaminasi, tembus udara, dan membantu penguapan.

Plester Hypafix sebenarnya tersedia dalam beragam pilihan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, mulai dari yang lebarnya hanya 2,5 cm, 5 cm, 10 cm, 15 cm, 20 cm, hingga 30 cm. Namun, yang banyak beredar di Indonesia biasanya Hypafix ukuran 5 x 5 dan 5 x 1, Hypafix 10 x 5, dan Hypafix 15 x 5. Hypafix pun dijual per roll dengan harga yang variatif tergantung ukurannya. Berikut ini informasi terbaru perbandingan harga Hypafix tahun 2021 dengan 2022 yang ada di pasaran.

Hypafix (sumber: rogergeorge.com)
Hypafix (sumber: rogergeorge.com)

Harga Hypafix

Ukuran Hypafix Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Hypafix 5 cm x 1 m Rp18.000 – Rp25.000 Rp23.007
Hypafix 5 cm x 5 m  Rp75.000 – Rp125.000 Rp95.739
Hypafix 10 cm x 5 m Rp136.500 – Rp199.000 Rp178.742
Hypafix 15 cm x 5 m Rp213.000 – Rp248.000 Rp252.630
Hypafix 20 cm x 5 m Rp234.400 – Rp245.700 Rp303.466
Baca juga  Info Terbaru Harga Chocolatos 1 Pack (All Varian)

Informasi daftar harga plester Hypafix di atas didapatkan dari berbagai sumber, termasuk situs beli online dan Apotek K24. Perlu diingat bahwa harga Hypafix bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Dibandingkan tahun 2020, harga Hypafix pada tahun 2021 mengalami kenaikan. Hypafix 5 cm x 1 m misalnya, semula dibanderol Rp16 ribuan hingga Rp24 ribuan, naik menjadi Rp18 ribu hingga Rp25 ribu.

Apabila saat ini Anda sedang membutuhkan Hypafix, Anda dapat membelinya di sejumlah apotik besar maupun toko-toko alat kesehatan di sekitar domisili Anda. Namun, bila Anda kesulitan menemukannya di apotek terdekat, Anda juga bisa membeli secara online melalui sejumlah situs beli online yang ada di Indonesia, dan perlu Anda hitung pula ongkos kirimnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.