Info Terbaru Jenis & Biaya Pasang Gigi Palsu di Tukang Gigi

Beberapa orang, terutama orang-orang yang telah berusia lanjut alias lansia memang mengalami masalah dengan gigi, mulai dari gigi yang keropos, berlubang, bahkan hingga gigi ompong. Agar dapat memperoleh kembali gigi yang semestinya dan meningkatkan kepercayaan diri, mereka memutuskan untuk membuat gigi palsu ke dokter gigi maupun tukang gigi. Orang-orang yang anggarannya terbatas biasanya mempercayakan gigi palsu mereka ke ahli gigi karena biasa pasang gigi palsu di tukang gigi dianggap lebih terjangkau.

Ilustrasi: dokter gigi

Ilustrasi: dokter gigi

Gigi palsu sendiri dikategorikan menjadi 2, yakni gigi palsu lepasan yang bisa dilepas pasang kapan saja, serta gigi palsu permanen. Berikut ini informasi lengkapnya.

Macam-macam Gigi Palsu Lepasan

  • Gigi palsu lepasan akrilik: varian paling murah. Gigi palsu ini disertai kawat yang dapat mengaitkannya ke gigi lain di sebelahnya yang masih sehat.
  • Gigi palsu logam: terbuat dari logam. Pemasangan gigi palsu logam mirip seperti akrilik karena menggunakan kawat sebagai penopangnya. Jenis ini digunakan orang-orang yang kehilangan serentetan gigi.
  • Valplast: tidak memerlukan kawat tambahan dan bahannya lebih tipis menyerupai gigi palsu. Jenis ini juga disebut flexi denture karena memiliki tekstur plat lebih fleksibel.
  • Frame: varian termahal karena menggunakan pelat dan ada tambahan kawat supaya lebih kuat digunakan mengunyah.

Jenis Gigi Palsu Permanen

  • Crown: crown atau mahkota diperuntukkan bagi Anda yang kehilangan mahkota gigi dan mempunyai bagian gigi yang terhubung dengan saraf dan akar gigi. 
  • Jembatan: jembatan atau bridge hampir mirip seperti crown namun memerlukan proses modifikasi pada gigi di sebelahnya untuk dijadikan pondasi gigi palsu jembatan.
  • Implant: adalah metode terbaru yang dilakukan dengan membuat lubang di gusi untuk menanam titanium yang akan menyambungkan gigi palsu dengan akar gigi.

Pasang Gigi Palsu di Tukang Gigi

Biaya pembuatan dan pemasangan gigi palsu di tukang gigi saat ini sangat bervariasi, tergantung dari bahan dan kualitas gigi yang Anda pilih. Biasanya tukang gigi menawarkan beberapa kualitas gigi palsu, mulai dari yang harganya Rp100 ribuan, Rp200 ribuan, hingga yang kualitasnya paling bagus sekitar Rp500 ribuan. Beberapa tukang gigi juga ada yang bersedia memberikan jaminan atau garansi bahwa gigi palsu yang mereka buat kualitasnya memang bisa diandalkan.

Namun, yang perlu diingat, gigi dan mulut yang dilakukan bukan oleh seorang profesional berisiko pada . Menurut Peraturan Menteri Nomor 39 tahun 2014 Pasal 6, disebutkan bahwa pekerjaan tukang gigi hanya membuat dan memasang gigi tiruan lepasan sebagian atau penuh. Lalu, bahan tersebut terbuat dari heat curing acrylic yang memenuhi ketentuan persyaratan dengan tidak menutupi sisa akar gigi.

Masih menurut sumber yang sama, tukang gigi dilarang melakukan pekerjaan di luar pekerjaan yang telah ditentukan. Dalam banyak kasus, oknum tukang gigi melakukan pekerjaan ti luar ketentuan tersebut, seperti pencabutan gigi dan pemasangan kawat. Aturan ini sendiri dikeluarkan untuk mencegah terjadinya korban akibat tindakan oknum tukang gigi. Salah satu masalah yang sering muncul adalah infeksi pemasangan gigi secara permanen.

Apabila Anda ingin mengetahui informasi yang lebih akurat seputar biaya jasa pasang gigi palsu di tukang gigi, Anda bisa langsung mengunjungi sekaligus berkonsultasi dengan tukang gigi terdekat. Namun jika Anda merasa kurang yakin, Anda bisa membuat gigi palsu di rumah atau klinik gigi terdekat. Terlebih sejak adanya layanan BPJS Kesehatan, Anda juga bisa mendapat layanan pemasangan gigi palsu secara gratis di Kesehatan (Faskes) kelas 1.

[Update: Dian]

Baca juga  Update Harga Tabung Oksigen Ukuran Kecil
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Jenis & Biaya Pasang Gigi Palsu di Tukang Gigi"