Jam Buka, Fasilitas, dan Harga Tiket Aquaria KLCC Malaysia Terbaru

Jika Indonesia punya Seaworld, Malaysia ternyata juga punya sebuah akuarium raksasa bernama Aquaria KLCC. Objek wisata menarik ini berada di tengah Kota Kuala Lumpur, tepatnya hanya berjarak 10 menit berjalan kaki dari Petronas Twin Tower. Untuk bisa berkunjung ke tempat ini, harga tiketnya termasuk terjangkau.

Aquaria KLCC (sumber: liputan6)
Aquaria KLCC (sumber: liputan6)

Aquaria KLCC mempunyai koleksi lebih dari 5.000 flora dan fauna bawah laut. Yang lebih menarik lagi, di Aquaria KLCC, terdapat terowongan bawah sepanjang 90 meter dengan travelator yang spektakuler, sehingga Anda dapat menyaksikan langsung seperti apa aktivitas ikan hiu, pari, dan ikan-ikan lainnya berkeliaran tepat di sekitar Anda. Lalu, berapa harga tiket masuk Aqua KLCC saat ini?

Bacaan Lainnya

Harga Tiket Aquaria KLCC Malaysia

Pengunjung Harga Tiket General Admission Harga Tiket Mykad Holder
Dewasa 75 ringgit (weekday) / 79 ringgit (weekend) 52 ringgit (weekday) / 55 ringgit (weekend)
Anak-Anak (3-12 tahun) 65 ringgit (weekday) / 69 ringgit (weekend) 42 ringgit (weekday) / 45 ringgit (weekend)
Lansia (60 tahun ke atas) 65 ringgit (weekday) / 69 ringgit (weekend) 42 ringgit (weekday) / 45 ringgit (weekend)

Keterangan:

  • Harga tiket masuk tersebut kami rangkum dari situs resmi Aquaria KLCC.
  • Harga tiket tersebut berlaku untuk weekday, weekend, hari libur sekolah, serta hari libur nasional.
  • Gratis tiket masuk untuk bayi berusia 2 tahun ke bawah.
  • Tarif dewasa berlaku untuk mereka yang berusia 13-59 tahun.
  • Aquaria KLCC berhak mengubah harga tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  • Saat artikel ini ditayangkan, kurs 1 ringgit setara dengan Rp3.302,41 (sebelumnya Rp3.424,03).
Pengunjung Aquaria KLCC Malaysia (sumber: befreetour.com)

Perlu Anda ketahui, harga tiket masuk Aqua KLCC Malaysia tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan pada 2019, tarif tiket masuk Aqua KLCC tersebut berkisar 16 ringgit hingga 69 ringgit. Kemudian pada 2020 lalu, tarif tiket masuk Aqua KLCC terbilang naik berkisar 16 ringgit hingga 71 ringgit. Pada 2021, tarif tiket masuk Aqua KLCC terpantau tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Namun, pada 2022 harga tiket Aquaria KLCC untuk dewasa yang tadinya berkisar 71 ringgit, naik jadi 75 ringgit.

Di beberapa agen perjalanan atau situs booking online, harga tiket masuk Aquaria KLCC yang berlaku bisa lebih murah dari biasanya. Misalnya saja, jika Anda memesan tiket masuk Aquaria KLCC lewat jasa booking online, maka Anda hanya dikenai biaya sebesar Rp139.082 per orang dengan sistem tiket paperless. Setiap tiket yang sudah dibeli hanya berlaku untuk sekali masuk di hari yang sama Anda membeli tiket.

Waktu atau jadwal operasi Aquaria KLCC adalah setiap hari mulai jam 10.00 hingga pukul 20.00 waktu setempat, sedangkan loket pembelian tiket dibuka hingga pukul 18.00 waktu setempat. Meski hari libur atau libur nasional pun, objek wisata Aquaria KLCC juga tetap buka.

Jadwal Pemberian Makan Satwa di Aquaria KLCC

Di Aquaria KLCC, pemberian makan satwa bawah air alias feeding time dilakukan secara terjadwal. Feeding Schedule di Aquaria KLCC dibagi ke dalam beberapa kategori, yang pertama adalah Special. Adapun untuk ikan Arapaima di Flooded Forest, diberi makan hanya setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu pukul 14.30 waktu setempat. Sementara, untuk ikan hiu di Aquatheatre, diberi makan setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu jam 15.00 waktu setempat.

Beralih ke Level 1, pemberian makan di Evolution: Touch Pool dilakukan setiap pukul 10.45 waktu setempat, kemudian untuk anjing di The Stream jadwal pemberian makannya setiap pukul 11.15 dan 16.30 waktu setempat, serta ikan piranha Red-Bellied setiap pukul 16.00 waktu setempat.

Kemudian, di Level 2, pemberian makan untuk hewan-hewan air di Aquatheater dilakukan setiap pukul 12.00 siang dan 15.00 waktu setempat, Flying Rays di Living Ocean diberi makan setiap jam 12.30 dan 15.30 waktu setempat, berbagai jenis ikan di Weird & Wonderful setiap 13.00 waktu setempat, satwa air di Freshwater Journey setiap 17.30 waktu setempat, satwa di Coastal Nursery setiap pukul 17.45 waktu setempat, dan yang terakhir kegiatan surface feeding di Aquatheater setiap pukul 18.30 waktu setempat.

Aquaria KLCC (sumber: klook.com)

Fasilitas di Aquaria KLCC

Sebagai salah satu tempat wisata dunia di Malaysia, Aquaria KLCC menyediakan beragam fasilitas untuk menunjang keamanan dan kenyamanan Anda selama berkunjung. Misalnya saja, menerima pembayaran dengan Visa dan Mastercard, tersedia fasilitas kamar mandi, kursi roda untuk pengunjung disabilitas, akses ramp dan elevator untuk penyandang disabilitas, hingga ruang tunggu yang nyaman untuk para pengunjung.

Layanan di Aquaria KLCC

Selain tur mengelilingi akuarium raksasa di Aquaria KLCC, Anda juga bisa menikmati layanan menarik lainnya yang disediakan oleh pihak Aquaria KLCC, mulai dari Cage Rage, Sleep with Sharks, Dive with Sharks, Birthday Party, hingga Marriage Proposal. Bagi Anda yang ingin mencoba sensasi menyelam bersama ikan hiu namun masih belum mempunyai sertifikasi diving, Anda bisa mencoba layanan Cage Rage di Aquaria KLCC.

Cage Rage adalah sebuah kurungan yang didesain secara khusus untuk menyelam di bawah air dan berinteraksi dengan hiu-hiu jinak dan biota lainnya yang ada di Aquaria KLCC. Cukup dengan membayar RM235 (sebelumnya RM211) per pax, Anda sudah mendapatkan tiket masuk, persewaan alat, T-shirt Cage Rage, dan sertifikat resmi Cage Rage. Jadwal Cage Rage diadakan setiap Selasa, Kamis, Jumat, dan Minggu.

Layanan kedua yang cukup populer di Aquaria KLCC tentu saja Sleep with Sharks. Program ini dikhususkan bagi anak-anak usia 6-13 tahun untuk memenuhi rasa ingin tahu mereka seputar satwa di Aquaria KLCC. Dalam layanan ini, anak-anak berkesempatan untuk melihat langsung seperti apa aktivitas hiu-hiu di Aquaria KLCC saat malam hari. Sleep with Sharks juga dipatok dengan tarif RM211. Dalam layanan ini, sudah termasuk kegiatan Nocturnal Walk, Discovery Hunt, Exclusive Feeding Show, serta gratis T-shirt dan sertifikat resmi Sleep with Sharks dari Aquaria KLCC.

Hal lain yang tentunya tak kalah menarik di Aquaria KLCC adalah Dive with Sharks alias menyelam dengan ikan hiu. Apabila Anda seorang penyelam yang telah bersertifikat, Anda bisa mencoba layanan dengan tarif RM424 per pax ini. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk Aquaria KLCC, sewa alat, T-shirt dan sertifikat Dive with Sharks. Dive with Sharks bisa dilakukan setiap hari Selasa, Kamis, Jumat, dan Minggu pukul 13.00 waktu setempat.

[Update: Dian]

Pos terkait