Info Terbaru, Harga Tiket Masuk & Jam Operasional Monumen Nasional (Monas)

Jakarta tidak pernah tidur, merupakan salah satu slogan yang sudah sangat dikenal dari dulu hingga kini. Ada banyak sekali tempat di Jakarta yang selalu ramai pengunjung, salah satunya yaitu Monas atau bisa juga disebut Tugu Nasional. Tugu Monas sudah menjadi salah satu ikon tersendiri bagi Jakarta. Untuk bisa berwisata ke tempat ini, tiketnya lumayan terjangkau. 

Menjadi salah satu tempat terpopuler, bagi para pelancong tidak puas jika belum berfoto atau sekadar mengunjungi Monas. Bahkan, seringkali orang merasa belum ke Jakarta jika belum melihat Monas. Tidak hanya berfoto, bahkan Anda juga bisa melakukan banyak hal di area Monas karena ada banyak sekali permainan menarik di sekitar objek wisata tersebut.

monumen nasional, harga, tiket, masuk, htm, cara, pintu, tugu, sebelah mana, jam, operasional, buka, tutup, 2018, cawan, hari apa, wisata, malam hari, museum sejarah, 24 jam, kota tua, jakarta

Lidah api di puncak Monas dan lansekap Jakarta di bawahnya (instagram: @sute_)

Sekilas Tentang Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional alias Tugu Monas merupakan monumen peringatan setinggi 132 meter atau 433 kaki yang sengaja dibangun untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat dalam merebut kemerdekaan dari kolonial Hindia Belanda. Monas dibangun sejak tahun 1961 silam di bawah perintah Presiden RI pertama, Ir. Soekarno, dan baru dibuka untuk umum tahun 1975.

Seperti yang sudah Anda tahu, Tugu Monas dikenal dengan sebuah ‘mahkota’ yang bentuknya menyerupai lidah api yang dilapisi lembaran emas. Kobaran api tersebut melambangkan semangat perjuangan rakyat Indonesia yang menyala-nyala. Monas berada tepat di bagian tengah Medan Merdeka, Jakarta Pusat dan hingga kini masih menjadi salah satu objek wisata  favorit masyarakat Indonesia, terutama penduduk Jakarta dan sekitarnya.

Di bagian dasar dari Monas, terdapat sebuah tempat bernama  Sejarah Nasional.  tersebut terletak di kedalaman 3 meter di bawah Monumen Nasional. Dalam  ini, menampilkan berbagai  sejak zaman prasejarah hingga masa orde baru di Indonesia. Tak cukup sampai di situ, ada banyak pula koleksi benda-benda bersejarah yang patut untuk dinikmati.

Karena posisi Monas ada di pusat kota, akses atau cara menuju objek wisata ini pun cukup mudah. Anda bisa naik kendaraan pribadi maupun naik angkutan umum, ojek, kereta api, taksi, hingga bus. Tugu Monas sendiri tidak hanya digunakan untuk tempat berfoto ataupun menikmati keindahan Kota Jakarta. Ada banyak sekali acara digelar di sekitar area tersebut, mulai dari acara pemerintahan ataupun corporate hingga acara muda. Biasanya, jika malam, tugu ini juga dijadikan sebagai salah satu tempat muda untuk bermain musik, latihan teater, main drama, dan paling sering digunakan untuk acara-acara musik. Banyaknya acara bertajuk tontonan dan hiburan, membuat Tugu Monas semakin ramai. 

Jika siang atau pagi hari, tak jarang pula area sekitar Monas digunakan sebagai area edukasi. Banyak juga para pelajar mulai dari rombongan TK hingga mahasiswa melakukan kegiatan belajar mengajar di area tersebut. Saking terkenalnya Tugu Monas, tak jarang pula ditemui wisatawan asing yang singgah dan berfoto di kawasan sekitar monumen ini.

Selain itu, Tugu Monas juga memiliki taman yang rindang dan cantik. Taman ini cukup terkenal, Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan taman saja, tetapi juga bisa melakukan hal lain. Di Taman Tugu Monas, Anda bisa melakukan jalan sehat, bersepeda dengan keluarga, lari pagi, dan mengajak keluarga untuk berpiknik.

Jika Anda melakukan kegiatan olahraga di Tugu Monas, ada baiknya Anda membawa air mineral sendiri dari rumah. Hal ini karena sangat jarang ditemui penjual makanan atau minuman ringan di sekitar tugu. Namun, beberapa titik di area taman, memiliki fasilitas berupa air kran siap minum. Sehingga, Anda juga bisa memanfaatkannya jika malas membawa minum dari rumah.

Harga tiket masuk (HTM) Monas hingga kini masih dibanderol cukup terjangkau, terutama bagi kalangan pelajar dan mahasiswa. Untuk para pelajar yang ingin mendapatkan harga miring, Anda bisa membawa tanda bukti seperti kartu pelajar. Selain itu, Anda juga bisa mengenakan seragam sebagai tanda bahwa Anda masih berstatus sebagai seorang siswa.

Monumen Nasional (Monas) - jsmmanaluer7.blogspot.com

Monumen Nasional (Monas) - jsmmanaluer7.blogspot.com

Harga Tiket Masuk Monumen Nasional (Monas)

Kategori PengunjungHarga
DewasaRp20.000
Anak-anakRp10.000
Mahasiswa/pelajarRp8.000

Seperti halnya beberapa tempat wisata yang ada di Jakarta, Monumen Nasional (Monas) juga menerapkan sistem pembayaran cashless atau tanpa uang tunai dengan menggunakan kartu Jakarta One atau JakCard yang bisa ditebus oleh pengunjung dengan harga sekitar Rp20 ribuan. Perlu diketahui bahwa informasi harga tiket masuk Monas bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Untuk informasi harga tiket masuk yang teraktual, biasanya dipajang di sekitar pintu masuk Monas atau di loket pembelian tiket.

Jam Operasional Monas

Menurut informasi dari berbagai sumber, Monas buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Khusus pada hari Senin pekan terakhir setiap bulan, Monas ditutup untuk umum. Sehingga, pastikan Anda berkunjung ke Monas di luar hari tersebut. Informasi lebih lanjut seputar fasilitas, harga tiket, jam operasional, atau sebagainya bisa langsung Anda tanyakan dengan menghubungi

Monumen Nasional (Monas)

Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No. 12, Kota Jakarta Pusat, Indonesia
Nomor telepon: (021) 3868172

Baca juga  Review & Harga Sabun Lervia Batang dan Cair
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru, Harga Tiket Masuk & Jam Operasional Monumen Nasional (Monas)"