Info Harga Terkini Filter UV/Ir (Infrared) Kamera Leica Berbagai Ukuran

Saat Leica M8 dirilis tahun 2006 silam, rupanya ada permasalahan yang sangat mendasar pada premium ini, yaitu permasalahan . Tadinya pihak Leica bermaksud untuk menghilangkan AA atau filter anti-aliasing dari depan sensor. Hilangnya filter AA ini memang secara langsung memberikan manfaat berupa membuat hasil jepretan penggunanya terlihat lebih tajam.

Leica Filter UV/Ir - lavidaleica.com

Leica Filter UV/Ir - lavidaleica.com

Akan tetapi kerugiannya adalah meningkatnya kemungkinan terjadi pola interferensi di area gambar yang memiliki frekuensi tinggi, misalnya saja kain. Sehingga saat menjepret objek-objek tertentu akan muncul cercah cahaya ungu yang sangat mengganggu kualitas gambar. Beberapa software tertentu bisa memperbaiki ‘cacat’ tersebut selama akhir, misalnya saja program Capture One.

Untuk mengatasi hal itu, akhirnya pihak Leica sampai rela mengirimkan 2 buah filter UV/IR secara gratis kepada pemilik kamera M8 yang telah terdaftar. Para pemilik M8 yang telah terdaftar berhak memilih diameter dan (silver atau hitam) yang diinginkan. Karena banyaknya protes kala itu, pihak Leica akhirnya telah menghentikan produksi kamera Leica M8, begitu pula dengan program filter UV/IR gratis mereka.

Baca juga  Harga Terbaru Paket KFC Kombo Super Family

Filter infrared sendiri merupakan filter yang memblokir semua cahaya kecuali cahaya inframerah yang sangat sedikit. Sebelum pemasangan filter UV/IR biasanya pengguna harus menetapkan terlebih dahulu fokusnya (locking focus). Lantaran filter infrared membatasi jumlah cahaya yang masuk, maka butuh cahaya yang terang ketika pengambilan gambar, sehingga shutter speed yang dipakai pun sangat lambat.

Mencari filter infra red untuk kamera Leica di Indonesia memang gampang-gampang susah. Selain barangnya yang langka, banyak juga kalangan fotografer yang memutuskan untuk menyimpan filter UV/IR tersebut sebagai bagian dari koleksi pribadi mereka.

Meski demikian, jika Anda mau bersusah payah mencari sebenarnya masih ada beberapa seller yang melepas filter UV/IR mereka dengan ukuran yang bervariasi, mulai dari untuk diameter lensa 39 mm hingga 67 mm. Filter Ir tersebut dapat digunakan untuk beberapa kamera Leica M series seperti M8, M8.2, dan juga M9.

Baca juga  Update Harga Tiket Masuk Ocean Dream Samudra (ODS) Ancol

Harga bekas filter infrared lensa kamera Leica dibanderol mulai Rp 480 ribu. Sedangkan untuk unit barunya dijual sekitar Rp 1,2 jutaan. Sebagai , berikut ini kami rangkum harga terbaru filter Leica UV/Ir berbagai ukuran.

FilterHarga
Leica Filter UV/Ir (Infra red) Ukuran 39 mm kondisi bekasRp 480 ribu
Leica Filter UV/Ir Ukuran 46 kondisi seperti baruRp 900 ribu
Leica Filter UV/Ir Ukuran 55 kondisi seperti baruRp 1 juta
Leica Filter UV/Ir Ukuran E67 13415 kondisi baruRp 1,1 juta
Leica Filter UV/Ir Ukuran 60 untuk noctilux f1 atau f.095 kondisi belum pernah dipakaiRp 1,2 juta
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Terkini Filter UV/Ir (Infrared) Kamera Leica Berbagai Ukuran"