Info Harga Terkini Beras Maknyus Ukuran 5 Kg

No comment 357 views

Tahun lalu brand Maknyus memang sempat menjadi sorotan. produksi PT Indo Unggul (PT IBU) dan PT Sukses Abadi Karya ini diperkarakan oleh kepolisian karena dituduh telah berbuat curang dengan membeli bersubsidi dari jenis benih padi varietas IR64 medium untuk kemudian dioplos dan dikemas ulang untuk dijual menjadi premium dengan yang cukup tinggi di .

Selain beras Maknyuss, TPS Food memiliki lini produk beras lainnya seperti beras Cap Ayam Jago, Topi Koki, Hoki, Si Pulen, dan masih banyak lagi. Beras Maknyus tersedia dalam beberapa , yakni 2,5 kg dan 5 kg. Harga beras Maknyuss 2,5 kg sebelumnya dijual dengan harga berkisar Rp 32 ribu per sak, sedangkan beras Manyus 5 kg harganya sekitar Rp 64 ribuan per karung. Untuk mencari beras Maknyuss di pasaran saat ini memang terbilang sulit, pasalnya sejumlah retail modern seperti supermarket besar maupun mini market setingkat Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi pun telah menarik beras Maknyuss dari peredaran.

Harga Beras - bisnis.tempo.co

Harga Beras - bisnis.tempo.co

Dari sekian hal yang dipermasalahkan, satu hal yang paling mendasar adalah seputar kandungan gizi di kemasan beras Maknyuss. Di label kemasannya, beras Maknyus mencantumkan kadar protein sebesar 14%, akan tetapi berdasarkan hasil temuan di laboratorium ternyata kandungan proteinnya lebih kecil sekitar 7,72% pasar. Kemudian untuk kadar karbohidrat di label kemasan diklaim hanya 27%, padahal dari hasil lab ternyata lebih besar dan mencapai angka 81,47%. Sedangkan untuk kandungan lemak di label tertera hanya 0%, padahal hasil temuan laboratorium ternyata sekitar 0,44%.

Beras kualitas premium ini cukup populer di pasaran karena mengusung slogan ‘Tanpa 3P’ yang artinya tanpa pemutih, tanpa pengawet, dan tanpa pewangi. Informasi label yang tertera pada kemasan dengan kandungan asli pada beras Maknyuss dinilai telah membohongi publik, khususnya konsumen setia beras Maknyuss.

Kasus beras Maknyuss memang menimbulkan perdebatan. Ada yang pro dan kontra terhadap beras satu ini. Salah satu pedagang beras di daerah Cimanggis bernama Ato menilai bahwa tuduhan terhadap beras Maknyuss hanya akal-akalan saja. Menurut pria yang mengaku telah berpengalaman belasan tahun menjual beras ini, kualitas beras Maknyuss memang lebih unggul daripada beras pada umumnya, baik dari segi kebersihan dan butiran beras. “Bersih memang berasnya, pengolahannya lebih bagus dari beras pada umumnya,” beber Ato.

Meski sudah ditarik dari peredaran, namun beberapa pedagang rupanya masih ada yang menjual beras Maknyuss secara online. Masih belum diketahui apakah stok beras Maknyus yang didistribusikan itu merupakan stok baru atau stok lama. Namun jika Anda menelusuri dari sejumlah situs jual-beli online yang ada di Indonesia, beberapa pedagang menjual beras Maknyus 5 kg dengan harga yang cukup fantastis. Jika harga normal hanya berkisar di angka Rp 64 ribu, harga beras Maknyus 5 kg di situs jual beli online bisa mencapai kisaran Rp 150 ribuan hingga Rp 200 ribuan per sak.

Beras Maknyuss sendiri melalui akun Facebook Page @BerasMaknyuss sebelumnya masih terlihat aktif memposting unggahan terbaru hingga bulan Mei 2018 lalu. Masih belum diketahui apakah Facebook Page tersebut memang resmi milik Beras Maknyuss atau bukan. Namun akun ini beberapa bulan lalu cukup aktif mengadakan kuis, undian, dan menjawab pertanyaan dari para followernya.

Harga Beras - www.masakanpraktisrumahan.com

Harga Beras - www.masakanpraktisrumahan.com

Sempat ada yang bertanya mengapa beras Maknyus kini sulit ditemui di pasaran. Kemudian sang admin pun menjawab pada 5 Februari 2018. “Mohon maaf saat ini kami sedang terhambat stok beras Maknyuss. Kami coba secepatnya untuk mendistribusikan lagi beras Maknyuss. Jika stok sudah normal, beras Maknyuss bisa didapatkan di toko-toko modern dan pasar tradisional. Terima kasih,” demikian bunyi jawaban admin Facebook Beras Maknyuss.

Tetapi seperti yang Anda ketahui, sampai saat ini keberadaan beras Maknyuss di ritel-ritel modern masih nihil. PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (TPS Food) yang merupakan induk dari PT Indo Beras Unggul (PT IBU) selaku produsen beras Maknyuss sejak bulan Desember 2017 lalu memutuskan untuk meninggalkan bisnis beras meskipun sektor beras menjadi penyumbang tertinggi bisnis perusahaan. Alhasil kini TPS Food lebih memilih untuk fokus menggarap segmen bisnis lain seperti produk dasar dan ringan.

TPS Food mengaku sengaja meninggalkan bisnis beras lantaran reputasi yang buruk setelah terlilit kasus hukum tahun lalu. Terlebih karena pemerintah menerapkan kebijakan terkait Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk produk beras. Dengan adanya HET secara langsung telah membatasi peluang produsen beras untuk mengambil untung lebih besar.

Sebagai informasi, berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 57 Tahun 2017 tentang Penetapan HET Beras yang berlaku sejak tanggal 1 September 2017 lalu, beras kualitas medium untuk wilayah Jawa, Lampung, Sumatera Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Sulawesi dipatok di angka Rp 9.450 per kg dan Rp 12.800 per kg untuk beras kualitas premium.

Hingga kini HET memang masih menjadi kontroversi di kalangan para pelaku bisnis beras. Dilansir Tirto, Ketua Persatuan Pengusaha Penggilingan Beras dan Padi (Perpadi) Sutarto Alimoeso mengatakan bahwa perhitungan HET kini tidak sesuai dengan kondisi di lapangan. Formula HET mengacu pada harga gabah di angka Rp 4.500 per kg, sementara itu di lapangan tercatat bahwa harga gabah di tingkat mencapai Rp 5.500-6.000 per kg. Bahkan di Karawang kabarnya mencapai Rp 6.700 per kg.

Baca juga  Harga Beras Cap Rambutan 5 Kg, Beras Organik Andalan Binjai
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Terkini Beras Maknyus Ukuran 5 Kg"