Update Harga Tepung Ketan Hitam Rose Brand dan Merk Lainnya

Anda pasti tidak asing lagi dengan tepung ketan hitam. Tepung satu ini memiliki tekstur, , dan juga cita rasa yang khas, sehingga membuatnya agak berbeda dari tepung ketan putih biasa. Seperti halnya tepung , tepung ketan hitam dibuat dari biji ketan hitam yang digiling.[1] Hadir dalam berbagai , seperti Rose Brand dan lainnya, tepung ketan dijual dengan harga yang variatif.

Tepung ketan hitam (instagram: @honeybeesweets)
Tepung ketan hitam (instagram: @honeybeesweets)

Tepung ketan hitam adalah salah satu bahan dasar pembuatan kue yang banyak dijumpai di Indonesia sama seperti tepung- tepung lainnya. Banyak kue menggunakan tepung ketan hitam sebagai bahan dasar seperti, Gemblong Ketan Hitam, Kue Bugis, Brownies Ketan Hitam, Onde-Onde Ketan Hitam, dan lainnya.[2]

Bacaan Lainnya

Kandungan gizi dalam tepung ketan hitam tidak kalah dengan tepung terigu. Tepung ketan hitam mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, sekitar 78%. Kandungan karbohidrat dalam tepung ketan hitam terdapat dalam dua bentuk senyawa, yaitu amilosa dan amilopektin yang perbandingan jumlahnya sangat besar. Kandungan amilosa sebesar 1%, sedangkan amilopektin 99%. Amilopektin memiliki sifat mengembang, sehingga dapat membantu dalam proses pengembangan dalam cake. Selain itu, amilosa memberikan sifat keras dan amilopektin memberikan sifat lengket.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Tak cuma itu, ketan hitam juga mengandung senyawa antosianin yang dideteksi komponennya adalah cyanidin-3-glucoside dan peonidin-3-glucoside. Antosianin ini dapat berfungsi sebagai antioksidan. Selain antosianin, beras ketan hitam mengandung senyawa lain seperti proantosianidin, flavonoid, isoflavon, tocotrienol phytosterol, gamma oryzanol, asam ferulat, dan asam fitat yang juga dapat berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan sangat bermanfaat bagi kesehatan dan berperan penting untuk mempertahankan mutu produk .[3]

Untuk pembuatan biskuit, tepung ketan hitam merupakan pilihan yang cukup tepat. Selain mengandung karbohidrat, keuntungan yang bisa diperoleh dari biskuit berbahan baku tepung ketan hitam yaitu tingginya kandungan serat yaitu 3,8 gram yang baik untuk kesehatan, selain itu indeks gula dalam beras ketan 55%. Zat kalsium dan magnesium dalam beras hitam yaitu 837,5 mg dan 129,0 mg bermanfaat bagi pengontrolan tekanan darah dan mengurangi risiko terserang penyakit pembuluh darah otak dan jantung.[4] Beras ketan hitam (6,09%) memiliki kadar serat paling rendah dibandingkan dengan beras merah dan beras hitam, sehingga memiliki tekstur yang lebih halus dan lebih mudah dicerna.[5]

Apakah Rose Brand Memproduksi Tepung Ketan Hitam?

Sampai saat ini, Rose Brand tampaknya baru memproduksi jenis tepung beras ketan putih dan sayangnya belum merilis tepung ketan hitam.Tepung ketan Rose Brand hadir dalam ukuran kemasan 1/2 kg (500 gram) dengan harga yang cukup murah, hanya Rp9 ribuan saja per bungkus. Produk tepung ketan Rose Brand ini bisa ditemukan dengan mudah di banyak toko, minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, hingga di pusat perbelanjaan, atau Anda bisa memesannya lewat sejumlah situs jual beli online.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Apabila Anda masih menginginkan produk tepung ketan hitam, tidak perlu khawatir. Pasalnya, sudah ada banyak merk lainnya yang dapat Anda temukan di pasaran. Harganya bervariasi, tergantung kemasan dan rata-rata sangat terjangkau, mulai ribuan rupiah saja. Berikut informasi terbaru harga tepung ketan hitam saat ini di pasaran dalam negeri.

Tepung Ketan Hitam - (cookpad.com)
Tepung Ketan Hitam – (cookpad.com)

Harga Tepung Ketan Hitam

Merk & Kemasan Tepung Ketan Hitam Harga
Tepung Ketan Hitam Cahaya Pratama 300 gr Rp7.500
Tepung Ketan Hitam Kuda Laut 250 gr Rp8.800
Tepung Ketan Hitam Ketanku 250 gr Rp9.000
Tepung Ketan Hitam Kumala 250 gr Rp9.950
Tepung Ketan Hitam Satu Laut 250 gr Rp10.000
Tepung Ketan Hitam Halus Mahkota 250 gr Rp10.000
Tepung Ketan Hitam TKH Primsfood 500 gr Rp22.900
Tepung Ketan Hitam Organik Mama Kamu 500 gr Rp23.600

Informasi harga tepung ketan hitam di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga tepung ketan hitam Satu Laut 250 gram terpantau naik dari Rp7.000 menjadi Rp10.000. Sebaliknya, harga tepung ketan hitam organik Mama Kamu kemasan 500 gram sedikit turun dari Rp25.000 menjadi Rp23.600.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

(Panca)

[1] Andie & Hadi. 2015. Kue Lezat Minim Alat: Tanpa Oven, Tanpa Mikser. Surabaya: Linguakata, hlm 11.

[2] Fadilla, D. 2016. Penggunaan Tepung Beras Ketan Hitam sebagai Pengganti Tepung Terigu dalam Pembuatan Brownies Kukus (Skripsi). Bandung: Sekolah Tinggi Pariwisata.

[3] Winda, I. 2017. Pengaruh Perbandingan Tepung Ketan Hitam (Oryza sativa glotinisa) dan Tepung Jagung (Zea mays, L.) terhadap Karakteristik Cake (Diploma Thesis). Padang: Universitas Andalas.

[4] Susanti, D. & Retty N. 2015. Pengaruh Penambahan Tepung Ketan Hitam terhadap Biskuit yang Dihasilkan. Jurnal Teknologi Pertanian, Vol. 4(2): 1-7.

[5] Azis, A., dkk. 2015. Aktivitas Antioksidan dan Nilai Gizi dari Beberapa Jenis Beras dan Millet sebagai Bahan Pangan Fungsional Indonesia. Jurnal Biologi, Vol. 4(1): 45-61.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *