Info Harga Suplemen Promavit 1 Box dan Strip di Pasaran

Ibu yang sedang hamil dan menyusui sudah seharusnya mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya dengan makan makanan yang bergizi. Hal ini bukan hanya berkaitan dengan sang ibu saja, tetapi juga menyangkut serta tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungannya. Selain dari asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, kecukupan nutrisi dan vitamin untuk ibu hamil pun dapat dipenuhi dari konsumsi suplemen yang kaya dengan kandungan asam folat, DHA, atau sejumlah vitamin lainnya yang baik untuk .

Ibu hamil

Ibu hamil

Sering kita lihat, ketika ibu hamil maka ia diharuskan mengonsumsi beberapa suplemen. Yang menjadi pertanyaan, seberapa perlukah suplemen itu? Beberapa teori mempunyai asumsi bahwa selama asupan zat-zat gizi ibu hamil sudah mencukupi, suplemen tidak diperlukan lagi. Namun, ada yang berpendapat bahwa suplemen sangat diperlukan karena zat-zat gizi yang dibutuhkan ibu hamil meningkat, sedangkan makanan tidak sepenuhnya dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh, walaupun ibu hamil tersebut tidak kekurangan gizi.

Berdasarkan buku Food and Nutrition (1997) tulisan Wahlqvist menyebutkan bahwa untuk memenuhi kebutuhan zat besi ibu hamil perlu menambahkan sekitar 30 mg Fe dalam diet. Mengapa? Karena kebutuhan Fe selama hamil tidak dapat dipenuhi hanya dari makanan. Oleh sebab itu, pemberian suplemen zat besi diberikan pada ibu hamil.

Beberapa atau secara rutin memberikan suplementasi zat besi dan asam folat bagi ibu hamil. Dalam www.pakta.org pada tanggal 6 Agustus 2003, disebutkan bahwa suplemen asam folat dalam bentuk sintetis dari folat alami dan sejumlah vitamin lain dapat mencegah sejumlah cacat bawaan termasuk NTD. Hal ini didiskusikan oleh POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia) tanggal 25 Maret 2003.

Baca juga  Info Harga Obat Sanmol Drop untuk Bayi & Anak-Anak

Demikian juga pemberian suplemen seng kepada ibu hamil. Dalam laporan yang diterbitkan oleh Reuters yang dimuat di www.glori.net disebutkan bahwa di negara berkembang, biasanya para perempuan hamil mendapat tambahan mineral seng untuk memperbaiki pertumbuhan janin dan melindungi anak-anak dari penyakit infeksi. Namun, para peneliti di International Child Health, London, mengingatkan bahwa seng juga punya efek samping berupa kemungkinan merusak perkembangan mental anak-anak.

Suplementasi multivitamin sebelum kehamilan sampai trimester pertama dapat mengurangi angka kejadian NTD serta cacat bawaan, seperti malformasi kardiovaskular, sumbatan saluran kemih, dan anggota badan yang tidak sempurna. Kejadian janin cacat lebih rendah pada mereka yang mendapat suplemen multivitamin dibanding yang hanya mendapat suplemen elemen mikro.

Salah satu teori menyebutkan, seng mungkin mengakibatkan defisiensi mineral mikro pada janin yang berpengaruh langsung terhadap perkembangan otak. Hal yang serupa juga terjadi pada pemberian suplementasi folat yang berlebihan (300 mikrogram) yang biasanya diberikan bersama-sama Fe dapat mempengaruhi absorbsi seng.

Jadi, kembali kepada formula awal, bahwa sesuatu yang alami, yaitu mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang adalah lebih baik daripada konsumsi suplemen. Meskipun suplemen sendiri akan sangat membantu, jika ibu hamil dalam kondisi tertentu, misalnya sakit yang menyebabkan nafsu makan berkurang sehingga asupan gizinya kurang atau absorbsi makanan tidak berjalan normal.[1]

Tentang Promavit

Kemasan Promavit (sumber: bukalapak)

Kemasan Promavit (sumber: bukalapak)

Promavit adalah suplemen Lapi yang diperuntukkan bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin selama masa kehamilan supaya janin dalam kandungan mempunyai tumbuh kembang yang baik. Selain ibu hamil, Promavit juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menunjang ASI (air susu ibu) supaya senantiasa melimpah.

Baca juga  Kisaran Biaya Kesehatan dan Vaksinasi Pranikah

Komposisi Promavit

  • Tuna Oil 179mg
  • Omega 3 64,5mg
  • DHA 48,5mg
  • EPA 12,5mg
  • Vitamin A 345 IU
  • Vitamin D3 34,5IU
  • Vitamin B12 0,5 mcg
  • Asam folat400mcg
  • Vitamin B6 150 mcg
  • Calcium Carbonas100 mg
  • Magnesium Oxide 62,5 mg
  • Ferro Fumaras23,55 mg
  • Bahan tambahan: Soya oil, lecitin, mentega, gelatin, beeswax, glyserin, titan dioxide, vanila flavour, nipagin, simethicon, raspberry red,FD & C blue.

Promavit

  • Kandungan zat besi dalam Promavitdiklaim dapat mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil dan ibu menyusui
  • Membantu mencegah osteoporosis dan sakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin D selama masa kehamilan
  • Kandungan asam lemak omega 3 dan minyak ikan tuna dalam Promavit disebut-sebut bisa membantu meningkatkan kecerdasan janin
  • Mencegah kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil seperti mangan, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, dan sebagainya
  • Mencukupiasupan vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil
  • Kandungan vitamin B12 dalam Promavitmemiliki manfaat penting untuk mencegah kecacatan pada otak janin

Dosis Promavit

Konsumsi suplemen ibu hamil (sumber: okezone.com)

Konsumsi suplemen ibu hamil (sumber: okezone.com)

Promavit dapat dikonsumsi sebanyak 1-2 kali sehari dengan dosis sebanyak 1 kapsul lunak pada saat makan. Namun perlu Anda perhatikan bahwa konsumsi Promavit sebaiknya dihentikan 2 minggu sebelum operasi karena berpotensi meningkatkan risiko pendarahan. Selain itu, konsumsi suplemen juga tidak bisa sepenuhnya menggantikan nutrisi yang Anda peroleh dari makanan.

Efek Samping Promavit

Konsumsi Promavit pada dasarnya relatif aman dan diklaim tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya, baik bagi ibu hamil maupun janin yang sedang dikandungnya. Agar tidak menimbulkan hal-hal yang membahayakan, konsumsi suplemen Promavit sebaiknya dilakukan sesuai dosis yang dianjurkan.

Baca juga  Update Harga Vitamin B Kompleks IPI di Pasaran

Akan tetapi, beberapa ibu hamil dan menyusui bisa saja mengalami efek samping tertentu apabila memiliki alergi atau hipersensitivitas terhadap komponen dan kandungan yang ada di dalam Promavit. Apabila Anda mengalami alergi atau hipersensitivitas setelah mengonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Beberapa contoh reaksi alergi yang mungkin muncul antara lain, ruam , gatal-gatal, mual, sesak napas, muntah, sakit kepala, hingga pembengkakan pada mata, wajah, dan bibir.

Harga Promavit 1 Box dan Strip

Obat Promavit dijual di apotik dengan harga relatif terjangkau. Di K24 misalnya, Promavit tablet per strip isi 10 tablet dijual dengan harga Rp44.649 saja. Sedangkan di situs jual-beli online harga Promavit 1 strip Rp39 ribuan. Sementara itu, harga Promavit 1 box isi 6 strip (60 kapsul) berkisar antara Rp224 ribu hingga Rp241 ribu per dus.

Harga Promavit 1 box dan strip dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Promavit 1 box dan 1 strip di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual. Apabila Anda sedang mencari suplemen Promavit, Anda dapat membelinya di toko obat atau apotik terdekat, seperti Apotek K24, Farma, dan sebagainya.

Apabila Anda sedang mengandung dan berencana untuk mengonsumsi obat atau suplemen tertentu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui suplemen apa yang tepat untuk Anda konsumsi dan seberapa banyak dosis yang dapat Anda minum. Dokter biasanya akan meresepkan produk-produk tertentu sesuai dengan kondisi kesehatan dan kandungan Anda.

[1]Kasdu, D. 2004. Anak Cerdas (hlm 47-48). Jakarta: Puspa Swara.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Suplemen Promavit 1 Box dan Strip di Pasaran"