Info Harga Terbaru Suplemen Asam Folat Folavit di Apotek

yang sedang atau merencanakan kehamilan biasanya akan sangat membutuhkan banyak asupan asam folat demi menunjang pertumbuhan janin dalam rahimnya. Selain bisa didapatkan dari -makanan seperti bayam, oatmeal, stroberi, asparagus, roti, hingga jeruk, asam folat juga bisa didapat dari suplemen yang dapat disesuaikan dosisnya sesuai kebutuhan Anda.

Ilustrasi: ibu hamil mengonsumsi suplemen (sumber: nouvelles.umontreal.ca)

Ilustrasi: ibu hamil mengonsumsi suplemen (sumber: nouvelles.umontreal.ca)

Ada begitu banyak suplemen asam folat yang saat ini tersedia di apotek. Salah satu suplemen asam folat yang cukup populer dan banyak dikonsumsi para ibu adalah Folavit. Folavit mengandung asam folat sekitar 400 mcg atau 1 mg dalam tiap tabletnya. Folavit tersedia dalam 2 pilihan, yakni Folavit dengan dosis asam folat 400 mcg dan kandungan asam folat 1 mg.

Ibu yang sedang merencanakan hamil biasanya banyak yang mengkonsumsi Folavit 400 mcg. Sedangkan Folavit 1000 mcg dikonsumsi para wanita ketika sedang hamil, sebab ketika hamil kebutuhan asam folat tentunya akan semakin tinggi.

Asam folat sendiri sebenarnya adalah vitamin B yang penting bagi tubuh secara umum dan tidak melulu dikhususkan bagi para wanita hamil saja. Asam folat yang ada dalam folavit diperlukan untuk membuat materi genetik dari sel-sel (DNA), dan dengan demikian berguna untuk pertumbuhan dan . Asam folat juga penting untuk memelihara saraf yang serta berguna untuk pembentukan sel darah merah.

Suplemen Folavit dapat dikonsumsi oleh wanita yang sedang dalam tahap perencanaan kehamilan dan selama 12 minggu pertama kehamilan untuk mencegah cacat tabung saraf lahir seperti spina bifida dan cacat bawaan lainnya seperti bibir sumbing pada bayi sejak janin ada dalam kandungan. Di samping itu, Folavit juga dapat mengobati defisiensi asam folat, anemia megaloblastik, dan pada anemia karena kekurangan suplemen .

Dosis penyajian untuk Folavit 400 mcg dan 1 mg sama-sama dapat diminum 1 kali sehari 1 sesudah makan. Sedangkan bagi orang dewasa yang kekurangan asam folat dosisnya per hari adalah sekitar 400-800 mcg sekali sehari. Sementara itu untuk wanita usia subur, hamil, dan menyusui dosisnya 800 mcg per sekali sehari. Dosis tersebut dapat berubah sesuai kondisi Anda. Untuk mengetahui dosis tepatnya, Anda dapat mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan.

Secara umum, Folavit relatif aman dan tidak toksik untuk dikonsumsi, tetapi pada beberapa orang ada yang mengalami reaksi alergi walaupun sangat jarang ditemukan. Reaksi alergi tersebut antara lain gatal dan biduran, tekanan darah rendah, syok, mual, muntah, sesak napas, dan sebagainya.

Untuk mencari Folavit pun sangat mudah, Anda bisa membelinya secara bebas di sejumlah apotik sebab untuk membeli obat yang satu ini tidak diperlukan resep dari dokter. Harganya juga cukup murah, hanya berkisar Rp9 ribuan untuk Folavit 1 mg berisi 4 tablet, dan Rp11 ribuan untuk Folavit 400 mcg berisi 10 tablet.

[Update: Galih]

Baca juga  Update Daftar Harga Sabun Cair Shinzui Body Cleanser di Pasaran
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Terbaru Suplemen Asam Folat Folavit di Apotek"