Info Terbaru Harga Sirup ABC di Alfamart dan Indomaret (Berbagai Varian Rasa)

Produk minuman instan di Indonesia memiliki pasar yang cukup menjanjikan. Pasalnya, rata-rata masyarakat di Tanah Air menyukai minuman manis menyegarkan yang menawarkan rasa buah-buahan. Minuman-minuman tersebut biasanya dikemas dalamĀ  kotak atau kemasan botol seperti sirup ABC yang dijual dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: penyajian sirup ABC (facebook: Sirup ABC)

Ilustrasi: penyajian sirup ABC (facebook: Sirup ABC)

Brand sirup yang dijual di pasaran pun ada bermacam-macam, mulai dari Marjan, ABC, dan masih banyak lagi. Merek-merek sirup tersebut biasanya akan mengiklankan produk mereka secara masif ketika menjelang bulan puasa Ramadan. Pasalnyam produk sirup tidak hanya dapat diolah menjadi minuman siap saji, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk perasa makanan seperti puding, jelly, , hingga hidangan pencuci mulut seperti es campur, es soda gembira, fruit punch, dan masih banyak lagi.

Nah, salah satu merk yang mungkin sudah tak asing lagi dan disukai oleh banyak konsumen di Indonesia tentu saja adalah syrup ABC. Produk besutan PT Heinz ABC Indonesia ini sudah lama meramaikan pasar minuman di Tanah Air dan dikenal lewat produk sirup rasa buah-buahannya.

PT Heinz ABC Indonesia adalah perusahaan divisi makanan dari H. J. Heinz Company yang berbasis di Jakarta dan memproduksi berbagai produk seperti saus, bumbu, jus, dan sirup. Merek ABC sendiri sebelumnya dimiliki oleh PT ABC Central Food, perusahaan yang dibeli Heinz pada tahun 1999 silam.

PT ABC Central Food berdiri sejak tahun 1975 silam di Jakarta dan dimiliki oleh Chu bersaudara, yakni Chu Sam Yak (Chandra Djojonegoro) dan Chu Sok Sam, konglomerat dan pengusaha keturunan China dari Medan. Awalnya, produk unggulan mereka adalah Kecap ABC dengan varian manis dan asin. Namun kemudian, mereka memperluas diversifikasi produknya ke Sirup ABC, Saus Tomat ABC, dan Sambal ABC.

Pada tahun 1980-an, produk ABC seperti sirup, kecap manis, dan sambal, mulai memimpin pangsa pasar Indonesia. Produk tersebut dipasarkan ke luar negeri, seperti diekspor ke Amerika Serikat, Kanada, Australia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Denmark, Arab Saudi, Belanda, dan Inggris. Kemudian, pada tahun 1999, H. J. Heinz Company mengakuisisi 65% saham PT ABC Central Food senilai USD 70 juta.

Saat ini, PT Heinz ABC menjadi bisnis terbesar Heinz di Asia, dan salah satu yang terbesar di dunia. PT Heinz ABC telah mempekerjakan sekitar 3.000 karyawan, memiliki 3 fasilitas produksi, 8 fasilitas pengepakan, dan jaringan distribusi yang luas di Jawa dan wilayah lain di Indonesia. ABC pun menjadi salah satu dari 15 merek yang dimiliki Heinz di seluruh dunia.

Produk Syrup ABC sendiri hadir dalam beberapa pilihan rasa, yakni Sirup ABC Squash Delight Orange (), Mango (mangga), Lychee (leci), hingga Sirsak. Ada pula sirup ABC Special Grade yang ditawarkan dalam varian rasa Cocopandan dan Melon. Perbedaan kedua produk ini ada pada teksturnya. Sirup ABC Squash Delight cenderung cair, sedangkan Sirup ABC Special Grade memiliki tekstur yang cenderung kental.

Baik produk Sirup ABC Squash Delight dan ABC Special Grade, memiliki peminatnya masing-masing dan telah banyak dikonsumsi oleh keluarga di Indonesia. Produk Sirup ABC Squash Delight dan ABC Special Grade dihadirkan dalam kemasan botol bening berisi sekitar 500 ml lebih. Satu botol sirup ABC diklaim cukup hemat dan bisa digunakan untuk membuat 20an gelas. Oleh sebab itu, produk Sirup ABC Squash Delight cukup disukai dan kerap disuguhkan pada momen-momen tertentu seperti ketika sedang ada tamu atau ketika ada perayaan khusus.

Display Sirup ABC di minimarket (sumber: jualo.com)

Display Sirup ABC di minimarket (sumber: jualo.com)

Dari segi harga, sirup ABC dijual dengan harga yang relatif terjangkau di pasaran. Baik Sirup ABC Squash Delight dan ABC Special Grade, dibanderol dengan harga hanya berkisar Rp14 ribuan per botol. Cukup murah, bukan? Cara pembuatan atau penyajian sirup ABC pun cukup mudah, sebab Anda hanya perlu melarutkan 1 bagian sirup ke dalam 6 bagian air tanpa perlu penambahan gula lagi. Dengan demikian, Anda tentunya bisa menghemat penggunaan gula di rumah. Berikut ini informasi lengkap seputar dan daftar harga sirup ABC di Alfamart dan Indomaret.

Komposisi Sirup ABC Squash Delight Orange

Air, gula, pengatur keasaman, perisa jeruk, pemanis buatan natrium siklamat 0,7 g/kg minuman siap saji, pengawet natrium benzoat, pewarna tartrazin Cl 19140, kuning FCF Cl 15985, sari buah jeruk.

Cara Penyajian Sirup ABC

Memakai perbandingan 1:6, yaitu 1 bagian sirup ABC dilarutkan dengan 6 bagian air matang.

Harga Sirup ABC di Alfamart

Varian Sirup ABCHarga per Botol
ABC Syrup Squash Delight Jeruk Florida 460 mlRp11.000
ABC Special Grade Melon 460 mlRp12.500

Harga sirup ABC di atas telah kami rangkum dari aplikasi Alfamart. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga sirup ABC tahun ini mengalami penurunan. Sebagai contoh, ABC Syrup Squash Delight Jeruk Florida 460 ml yang awalnya dibanderol dengan harga Rp14.500, turun menjadi Rp11.000 per botol.

Harga Sirup ABC di Indomaret

Varian Sirup ABCHarga per Botol
ABC Syrup Squash Delight Orange 460 mlRp13.700
ABC Syrup Squash Delight Leci 460 mlRp13.700

Daftar harga sirup ABC di atas didapat dari situs resmi Indomaret. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga sirup ABC saat ini mengalami sedikit penurunan. Sebagai contoh, ABC Syrup Squash Delight Orange 460 ml yang awalnya dijual dengan harga Rp14.500, sedikit turun menjadi Rp13.700.

[Update: Almas]

Baca juga  Harga My Bottle Asli (Semua Tipe)
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Sirup ABC di Alfamart dan Indomaret (Berbagai Varian Rasa)"