Info Harga Sabun Bayi Caladine

No comment32 views

berbeda dengan kulit orang dewasa. Kulit cenderung lebih sensitif dan mudah mengalami kemerahan, beruntusan, sampai mengalami kering dan mengelupas. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih sabun bayi yang cocok untuk sang buah hati.

Si buah hati

Si buah hati

Menurut Dr. Srie Prihianti, Sp.KK, PhD, FINSDV, FAADV, kulit bayi yang baru lahir akan mengalami 'tantangan' yang sangat besar. Sembilan bulan tinggal di rahim yang basah dan steril lalu lahir ke lingkungan kering dan kotor. Maka kulit harus beradaptasi begitu dia lahir dan bayi juga harus melalui serangkaian proses termasuk pematangan pada bagian kulit dan sistem imun.

Kulit bayi cenderung lebih tipis 40 sampai 60 persen dibandingkan kulit orang dewasa. Itu terjadi karena ikatan antar sel pada kulit bayi masih longgar, sawar atau proteksi yang belum matang, produksi melanin yang terbatas, serta kelenjar minyak dan keringat yang belum sempurna.

Akibatnya, kemampuan regulasi suhu tubuh pada bayi belum optimal dan penguapan melalui kulit lebih tinggi. Kondisi itulah yang dapat menyebabkan bayi lebih rentan terhadap infeksi dan alergi dibanding orang dewasa.

Untuk itu penting bagi bayi menggunakan yang sesuai untuk usianya. Bayi memerlukan yang khusus dan yang sesuai dengan kulit bayi. Lalu, bagaimana cara memilih sabun bayi atau shampo bayi yang tepat?

Cara Memilih Sabun Bayi Terbaik

Memilih produk perawatan untuk bayi cukup sulit, apalagi sabun bayi. Orang tua harus selektif dan menyesuaikannya dengan kondisi kulit bayi. Salah sedikit saja bisa menimbulkan alergi dan pada kulit si kecil, serta timbulnya berbagai macam penyakit kulit lainnya. Berikut kami berikan tips-tips dalam memilih sabun bayi terbaik.

Kulit bayi sehat

Kulit bayi sehat

Gunakan sabun khusus untuk bayi

Tips yang paling umum untuk memilih sabun bayi untuk kulit sensitif adalah dengan menggunakan sabun khusus untuk bayi. Jangan pernah sekalipun menggunakan sabun mandi yang tidak memiliki formula khusus untuk kulit bayi. Menggunakan sabun khusus untuk bayi merupakan cara terbaik merawat bayi dengan kulit sensitif.

Perhatikan kandungannya

Sebelum membeli, ada baiknya baca terlebih dahulu bahan-bahan yang terkandung dalam sabun tersebut. Hindari sabun yang mengandung dipropylene glycol (DPG), karena berbahaya dan mengandung racun jika sampai masuk ke mulut dan hidung serta dapat mempengaruhi sistem saraf di tubuh.

Juga phthalate dan paraben, zat ini dapat mengubah kadar hormon dalam tubuh setelah diserap kulit. Sangat tidak baik dan tidak disarankan sama sekali untuk kulit bayi. Pilih sabun dengan pH 5,5 sampai 6,5 untuk tetap menjaga kelembaban kulit si kecil.

Pilih yang teruji hypoallergenic

Kebanyakan bayi, terlebih lagi bayi yang baru saja lahir, memiliki lapisan kulit yang tipis dan sensitif. Agar aman, pastikan untuk memilih sabun yang sudah teruji hypoallergenic, dengan begitu bayi akan terhindar dari kemungkinan timbul alergi.

Pilih yang terbuat dari bahan-bahan alami

Sabun yang aman untuk bayi adalah yang mengandung bahan-bahan alami. Seperti almond, susu, madu, minyak kelapa dan aloe vera. Mengapa? Karena bahan alami memiliki resiko kecil terhadap timbulnya iritasi dan alergi akibat penggunaan. Selain itu bahan alami akan memberikan kelembutan dan kelembaban pada kulit, serta yang menenangkan untuk si kecil.

Hindari sabun ekstra busa

Memandikan bayi dengan sabun batangan (sumber: hipwee.com)

Memandikan bayi dengan sabun batangan (sumber: hipwee.com)

Membersihkan kulit bayi tidaklah sama dengan membersihkan kulit orang dewasa. Orang dewasa sudah bisa memakai sabun mandi dengan ekstra busa. Sedangkan sabun seperti ini tidak aman untuk kulit bayi yang sensitif. Hal ini dikarenakan pada sabun ekstra busa terdapat tambahan bahan kimia yang tidak cocok untuk kulit bayi sensitif.

Bebas aroma

Pilihlah sabun bayi yang bebas aroma. Sabun mandi yang mengandung bahan kimia keras sehingga dapat menyebabkan reaksi buruk pada kulit bayi apalagi kulit bayi yang sensitif.

Pilih sabun bayi dengan pH netral

Faktanya, kulit bayi memiliki pH lebih tinggi daripada kulit orang dewasa. Jika pH tersebut menjadi tidak seimbang maka kulit bayi akan lebih rentan terhadap kekeringan atau infeksi. Pilihlah sabun bayi dengan pH netral yang akan membantu menjaga keseimbangan pH kulit bayi Anda.

Pilihlah sabun mandi bayi dengan pelembap yang baik

Kulit bayi mengalami kehilangan kelembapan yang lebih cepat daripada kulit orang dewasa. Oleh karena itu, gunakanlah sabun bayi dengan kandungan pelembap yang mampu mengembalikan kelembapan yang telah hilang itu agar kelembapan kulit bayi tetap terjaga.

Kesimpulannya, dalam memilih sabun bayi, penting untuk menyesuaikannya dengan kondisi kulit si bayi sendiri. Entah itu kering, sensitif, alergi atau masalah lainnya. Boleh juga memilih sabun dengan bahan alami dan jangan lupa pilih sabun dengan kandungan pH yang tepat agar kulit bayi tetap terjaga kelembabannya. Sebagai tambahan, pilih sabun dengan aroma yang disukai bayi dan anak-anak agar waktu mandi terasa lebih menyenangkan.

Caladine Baby Bar Soap

Sabun bayi Caladine batangan (sumber: lifull.produk.id)

Sabun bayi Caladine batangan (sumber: lifull.produk.id)

Salah satu merek sabun bayi yang bisa Anda pilih untuk buah hati Anda adalah Caladine yang merupakan sabun antiseptik untuk mengatasi biang keringat. Caladine memang brand yang terkenal dengan produk antiseptiknya untuk mengatasi masalah kulit pada bayi ataupun anak-anak. Sabun batang ini cocok digunakan pada bayi yang rentan terhadap iritasi dan terkena biang keringat.

Kandungan utama dalam produk ini adalah alpha bisabolol sebagai anti iritasi dan membantu mengurangi kemerahan pada kulit bayi akibat iritasi. Diperkaya dengan aloe vera yang memberikan sensasi sejuk pada kulit si kecil. Dan juga Vitamin B5 serta olive oil untuk melembabkan dan menghaluskan kulit bayi.

Anda dapat memperoleh produk sabun khusus bayi Caladine di sejumlah swalayan dan minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Harganya pun cukup terjangkau. Caladine Baby Bar Soap dijual dengan murah yakni Rp12 ribuan. Sementara untuk Caladine Baby Liquid Soap Anti Iritasi 200ml dijual seharga Rp23.500.

Baca juga  Update Manfaat & Harga Produk Bio Essence Eye Cream
loading...

Leave a reply "Info Harga Sabun Bayi Caladine"