Info Terkini Harga Polysilane (Obat Maag Cair, Tablet, & Granul)

Sakit lambung atau maag memang cukup mengganggu. Apabila tidak ditangani dengan benar, penyakit ini bisa menahun dan mengancam nyawa seseorang. Oleh sebab itu, banyak beredar obat maag di pasaran yang bertujuan untuk meminimalisir rasa nyeri atau asam lambung bagi para penderita maag. Obat maag yang tersedia umumnya berupa tablet kunyah atau sirup (cair). Salah satu obat maag yang direkomendasikan adalah Polysilane dengan harga cukup terjangkau.

Ilustrasi: Seorang Wanita Terserang Penyakit Lambung (credit: endometriosis-gr.eu)

Ilustrasi: Seorang Wanita Terserang Penyakit Lambung (credit: endometriosis-gr.eu)

Ketika seseorang menderita penyakit maag di mana lambung memproduksi asam lambung (HCl) secara berlebihan, maka diobati dengan obat maag yang mengandung senyawa basa, seperti Mg(OH)2 atau AI(OH)3 yang bereaksi dengan asam lambung dan menetralkannya hingga rasa si penderita hilang. Obat maag harus diminum sebelum makan agar keadaan lambung netral terlebih dahulu, sehingga ketika makanan masuk ke lambung akan dicerna secara normal dalam keadaan netral.[1]

Sebagai informasi, Polysilane adalah obat maag yang diproduksi oleh PT Pharos Indonesia serta sudah terdaftar di BPOM, sehingga cukup aman dikonsumsi. Obat maag satu ini mengandung 3 zat aktif seperti Dimetilpolisiloksan, Aluminium Hidroksida, dan Magnesium Hidroksida. Polysilane hadir dalam beberapa varian, yakni tablet kunyah, suspensi (cair), dan granul yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak. Berikut ulasan lengkap tentang Polysilane.

Baca juga  Update Harga Dextral (Syrup, Tablet, Forte)

Dosis & Aturan Minum Polysilane

  • Polysilane Granul: 4-6 kali sehari 1-2 kapsul. Cara penyajiannya, 1-2 kapsul dikeluarkan isinya kemudian dicampurkan pada susu atau makanan saat setiap kali makan.
  • Polysilane Cair (Suspensi): Dewasa diberikan 1-2 sendok takar 3-4 kali sehari / Anak 6-12 tahun diberikan 1/2-1 sendok takar 3-4 kali setiap sebelum makan atau 1-2 jam setelah makan dan menjelang tidur.
  • Polysilane Kaplet: Dewasa diberikan 3-4 kali sehari 1-2 tablet / Anak > 4 tahun diberikan 2 tablet per hari saat makan.
  • Polysilane Chew: Dewasa diberikan 3-4 kali sehari 1-2 tablet / Anak > 4 tahun diberikan 2 tablet per hari sebelum makan, pada saat perut dalam kondisi kosong (dikunyah).
  • Polysilane Max: Dewasa dan anak > 12 tahun diberikan 1 tablet kunyah, maksimal 2 tablet kunyah per hari sebelum makan, pada saat perut dalam kondisi kosong (dikunyah).

Anda disarankan mengikuti dosis yang disarankan di atas untuk menghindari adanya efek samping yang mungkin terjadi. Berikut beberapa efek samping setelah mengonsumsi Polysilane.

Ilustrasi: Mengonsumsi Obat Untuk Sakit Lambung (credit: makatimed.net.ph)

Ilustrasi: Mengonsumsi Obat Untuk Sakit Lambung (credit: makatimed.net.ph)

Efek Samping Polysilane

  • Kelemahan otot ( kekurangan fosfat)
  • Kejang
  • Tamping bingung sampai hilang kesadaran
  • Reaksi alergi obat beras, misalnya bengkak, jantung berdebar, pusing, pucat, atau sesak napas
  • Diare
  • Mual
  • Aritmia
  • Ruam kulit
  • Konstipasi
Baca juga  Update Harga Cuka Apel Bragg Semua Kemasan

Polysilane tidak boleh diberikan kepada anak-anak yang berusia di bawah 6 tahun, kecuali dengan anjuran dokter. Selain itu, terdapat beberapa kondisi lain pasien yang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi Polysilane.

Peringatan & Perhatian Penggunaan Polysilane

  • Jangan gunakan Polysilane pada pasien dengan hipersensitivitas terhadap satu atau lebih zat yang terkandung dalam obat ini.
  • Jangan diberikan pada pasien dengan kondisi fosfor rendah dalam tubuh untuk menghindari risiko efek samping kekurangan fosfat.
  • Jangan menggunakan Polysilane bersamaan dengan obat tukak lambung lain, seperti antibiotik tetrasiklin atau simetidin. Sebaiknya beri jeda waktu 1 hingga 2 jam untuk menggunakannya. Penggunaan obat secara bersamaan dapat menghambat penyerapan obat.
  • Harap berhati-hati mengonsumsi Polysilane apabila mengalami gangguan fungsi ginjal.
  • Jangan mengonsumsi obat ini lebih dari 2 minggu, kecuali mendapatkan anjuran dari dokter.

Nah, bagi Anda yang penasaran soal harga, Polysilane relatif terjangkau di pasaran. Harganya bervariasi tergantung dari varian yang Anda beli.

Polysilane, informasi, info, harga, obat, maag, sakit, lambung, asam, apotik, apotek, k24, kimia farma, tablet, suspensi, cair, syrup, sirup, 100 ml, Mylanta, vs, granul, dewasa, anak, kunyah, dosis, varian

Varian produk Polysilane

Daftar Harga Polysilane

Varian Obat PolysilaneHarga
Polysilane Chew Tab 2SRp1.423 per strip
Polysilane Max Blueberry TabRp8.158 per strip
Polysilane Max Peppermint Tab 40SRp8.330 per strip
Polysilane Chew Tablet 8SRp10.505 per strip
Polysilane Caplet 20SRp23.193 per strip
Polysilane Suspensi Syrup 100 mlRp27.645 per botol
Polysilane Syrup 180 mlRp40.086 per botol
Polysilane Granule Tab 60sRp52.549 per dos
Baca juga  Update Harga Acyclovir (Tablet dan Salep)

Jika dibandingkan 2020 lalu, obat Polysilane mengalami perubahan harga pada 2021. Misalnya, Polysilane Max Peppermint Tab 40S yang semula dijual seharga Rp8.083, sekarang naik sedikit menjadi Rp8.330 per strip. Tak jauh berbeda dengan varian sirup Polysilane Suspensi kemasan 100ml yang naik dari harga Rp26.840 jadi Rp27.645 per botol. Sedangkan untuk 1 dus Polysilane Granul Tab 60s mengalami kenaikan dari harga Rp46.992 menjadi Rp52.549.

Informasi harga Polysilane di atas diperoleh dari Apotek K24. Perlu Anda ingat bahwa harga Polysilane dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Polysilane yang berlaku di setiap apotik atau toko obat juga bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

[Update: Ditta]

[1]Salirawati, D dkk. 2007. Belajar Kimia Secara Menarik untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Grasindo.

 

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terkini Harga Polysilane (Obat Maag Cair, Tablet, & Granul)"