Update Harga Pohon Kamboja Bali Saat Ini

Kamboja termasuk tanaman yang mudah ditemukan di Indonesia. Daerah asal tumbuhan ini dari Amerika Tengah dan Afrika. Walaupun berasal dari tempat yang jauh, kamboja, kemboja, atau semboja sekarang merupakan pohon yang sangat populer di Bali karena ditanam di hampir setiap pura serta sudut kampung, dan mempunyai fungsi penting dalam kebudayaan setempat. Pohon kamboja Bali biasanya dijual dengan harga variatif, tergantung ukuran tinggi pohon itu sendiri.

Ilustrasi: Bunga Kamboja Bali (credit: Visitbali)
Ilustrasi: Bunga Kamboja Bali (credit: Visitbali)

Dilansir dari Wikipedia, di beberapa tempat di Nusantara, termasuk Malaya, kamboja ditanam di pekuburan sebagai tumbuhan peneduh dan penanda tempat. Kamboja dapat diperbanyak dengan mudah, yakni melalui stek batang. Meski awalnya dikenal sebagai tanaman kuburan, nyatanya saat ini plumeria atau kamboja juga populer ditanam sebagai tanaman hias outdoor.

Bacaan Lainnya

Termasuk tanaman hias, varietas tumbuhan kamboja terdiri dari beberapa jenis antara lain: kamboja putih dan kamboja merah/kamboja jepang. Batangnya berkayu keras tinggi, mencapai 6 meter, percabangannya banyak, batang utama besar, cabang muda lunak, batangnya cenderung bengkok dan bergetah. Daunnya hijau, berbentuk lonjong dengan kedua ujungnya meruncing dan agak keras dengan urat-urat daun yang menonjol, sering rontok terutama saat berbunga lebat. Bunga kamboja berbentuk terompet, muncul pada ujung-ujung tangkai, daun bunga berjumlah 5 buah, berbunga sepanjang tahun.[1]

Kamboja atau semboja merupakan sekelompok tumbuhan dalam marga Plumeria. Nama plumeria diberikan untuk menghormati Charles Plumier, pakar botanis asal Perancis. Bunga kamboja saat ini tidak saja berwarna putih dan kuning, tetapi ada jenis persilangan baru berwarna merah muda, orange, merah, dan merah tua. Tanaman kamboja dengan warna putih termasuk dalam spesies Plumeria alba.

Tanaman kamboja putih (Plumeria alba) mengandung senyawa agoniadin, plumierid, asam plumerat, lipeol, dan asam serotinat. Plumierid merupakan suatu zat pahit beracun. Tumbuhan ini juga mengandung fulvoplumierin, yang memperlihatkan daya untuk mencegah bakteri, selain mengandung minyak atsiri antara lain geraniol, farnesol, eugenol, citronellol, fenetil alkohol dan linalool.

Senyawa-senyawa atsiri yang terdapat dalam kamboja diantaranya geraniol, sitronelol, dan linalool. Senyawa-senyawa atsiri tersebut sangat bermanfaat, antara lain dapat memberi efek relaksasi, mengurangi stres, dan mengusir nyamuk.[2] Agar lebih paham, berikut ini jenis-jenis tanaman kamboja di pasaran.

Jenis-Jenis Kamboja

  • Plumeria Bali-Whirl, bunga kamboja ini memiliki mahkota yang bertumpuk, sedangkan memperbanyak dan melestarikannya adalah dengan penyetekan.
  • Plumeria acuminata, bentuk mahkota bunganya membulat serta bagian ujungnya menggulung.
  • Plumeria acutifolia. memiliki bau bunga yang harum dan berkhasiat untuk obat kencing nanah, bengkak, serta bisul. Bunga kamboja jenis ini sering digunakan untuk upacara keagamaan oleh orang Bali.
  • Plumeria Cendana, bunga ini meskipun berbau harum tetapi getahnya mengandung racun yang dapat menimbulkan rasa gatal.
  • Plumeria Kok Putih, bunga kamboja ini sekalipun sudah mekar tetap terlihat agak kuncup.
Bunga kamboja bali (youtube: Berkah Maryam)

Kamboja asli Indonesia diperkirakan adalah kamboja yang bunganya berwarna putih dengan bagian dalam berwarna kuning dan kuntumnya tidak terbuka penuh serta berukuran kecil. Jenis ini banyak dijumpai di kuburan-kuburan tua di Jawa serta hampir di seluruh pura, tempat peribadatan umat Hindu di Bali.[3] Sebagai informasi, berikut kami rangkum harga pohon kamboja Bali di pasaran saat ini.

Harga Kamboja Bali

Ukuran Kamboja Bali Kisaran Harga
Kamboja Bali Rp17.800
Pohon Kamboja Bali 1 meter Rp130.000
Pohon Kamboja Bali Tricolor 1 meter Rp200.000
Pohon Kamboja Bali 2 meter Rp200.000
Pohon Kamboja Bali 3 – 4 meter Rp450.000
Pohon Kamboja Bali Fosil 2,5 m Rp8.000.000 – Rp10.000.000

Informasi harga pohon kamboja Bali di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Apabila dibandingkan penawaran sebelumnya, harga kamboja Bali dengan tinggi 1 meter masih berada di kisaran Rp130 ribuan. Sementara itu, harga pohon kamboja Bali tricolor tinggi 1 meter sedikit turun dari Rp235 ribu menjadi Rp200 ribuan batang,

Jika Anda sedang mencari pohon kamboja, tidak sulit mendapatkan tumbuhan tersebut. Anda bisa langsung menuju toko tanaman terdekat di daerah Anda. Jika kesulitan, Anda bisa mengunjungi sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga pohon kamboja di masing-masing pedagan bisa saja berbeda.

[:Panca]

[1]  Widyaningrum, H. 2019. Kitab Tanaman Obat Nusantara (Ed. Aref R.). Yogyakarta: Media Pressindo, hlm 280.

[2] Nurcahyo, H. & Purgiyanti. 2017. Pemanfaatan Bunga Kamboja (Plumeria Alba) sebagai Aromaterapi Pengusir Nyamuk. Jurnal Para Pemikir, Vol. 6(1): 121-123.

[3] WS, Don., dkk. 2002. Merawat & Menanam Kamboja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 9.

Pos terkait