Update Harga Mentega Wisman (Wijsman Butter)

Bagi Anda penggemar kue kering atau yang sering berkutat di dapur untuk memasak maupun membuat kue, pasti sudah tak asing lagi dengan produk mentega Wisman. Wijsman atau yang juga kerap disebut Wysman adalah produk butter asal Belanda yang begitu populer di Indonesia dan sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di Tanah Air untuk menciptakan beragam penganan yang lezat. Meskipun begitu, produk ini dijual dengan lebih mahal dibandingkan mentega merek lain.

Butter (sumber: lovingitvegan.com)
Butter (sumber: lovingitvegan.com)

Mentega Wijsman Butter termasuk produk legendaris yang sudah banyak dipakai di seluruh belahan dunia untuk memasak maupun membuat kue. Wijsman Butter telah diproduksi sejak tahun 1846 silam oleh perusahaan asal Belanda bernama Royal Buisman. Wijsman digolongkan sebagai produk concentrate butter yang mengandung 100% lemak susu sapi.

Bacaan Lainnya

Sejarah Wijsman Butter memang cukup panjang. Pada tahun 1900 mentega pertama Wijsman telah diekspor ke Indonesia dalam tong kayu, karena kaleng pada waktu itu masih belum tersedia. Selain itu, transportasi yang terkontrol tidak sebanding dengan fasilitas transportasi yang dapat kita gunakan saat ini. Barel mentega didinginkan di ruang besar dengan banyak es batu berukuran besar. Sejak saat itu Wijsman terus mengalami perkembangan dan setelah tahun 1945 akhirnya mentega mulai dikalengkan.

Bisnis yang dikelola oleh keluarga ini terletak di Amsterdam selama lebih dari 1 dekade dan pindah ke Wijk en Aalburg pada tahun 1973, di mana kantornya saat ini berlokasi. Wijsman canned butter merupakan produk kebanggaan Belanda dengan sejarah panjang. Popularitasnya terus berkembang dan Wijsman selalu berusaha untuk menjamin kualitas dan layanan untuk produk-produknya.

Sosok mentega Wijsman begitu populer dan familiar di lidah masyarakat Indonesia, terutama penyuka kue-kue kering. Rasanya setiap pembuatan kue kering, baik untuk Lebaran atau Natal hampir tak bisa dilepaskan dari penggunaan bahan mentega Wijsman. Meski sudah banyak merek butter lain yang tak kalah enak dan berkualitas seperti Orchid atau Hollman, beberapa orang tampaknya masih belum sanggup untuk pindah ke lain merk.

Pada proses pembuatan butter biasanya dibutuhkan proses churning yang membutuhkan culture atau bakteri khusus yang dicampurkan dalam susu, supaya tercipta aroma dan tekstur butter yang khas. Seperti yang sering Anda dengar atau sudah sering juga Anda cicipi, aroma butter khas Wijsman tampaknya dinilai belum bisa digantikan oleh butter lainnya. Oleh sebab itu, agar mendapatkan kue kering yang rasanya lezat dan aromanya menggoda, hampir setiap penggemar baking biasanya menyisipkan Wijsman untuk berbagai adonan kue kering. Wijsman Butter memiliki tekstur yang lunak, aroma yang wangi, dan dikenal mengandung lemak susu yang lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya.

Ilustrasi: Varian Produk Wijsman Butter (credit: royalvivbuisman)

Wijsman Butter

  • Lemak mentega (butterfat): 82% min.
  • Air (moisture): 16% max.
  • Padatan susu tanpa lemak (non-fat milk solids): 2% max.
  • Garam (salt): 1,1% approx.
  • Caroteen: CI 80820 (E160a).

Mentega Wisman bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk membuat kue kering seperti nastar atau cookies, tetapi juga bisa digunakan untuk bahan membuat martabak, biskuit, bolu, dan aneka kue lainnya. Wisman pun dapat digunakan untuk olesan berbagai adonan saat akan dipanggang supaya memiliki tampilan mengilap yang lebih cantik dan aroma menggugah selera.

Takaran penggunaan mentega ini biasanya tidak terlalu banyak dan sifatnya hanya sebagai bahan tambahan untuk membuat kue. Jadi apabila kebutuhan mentega dalam suatu adonan adalah 250 gram, maka Anda bisa menambahkan Wijsman Butter sekitar 50-100 gram saja, lalu Anda bisa menambahkan mentega biasa untuk melengkapi takaran mentega yang dibutuhkan. Pemakaian mentega Wisman bisa membuat kue Anda mempunyai tekstur yang lebih lembut, rasa lebih gurih, dan aroma khas yang belum tentu bisa Anda peroleh dari mentega biasa.

Mentega Wijsman tersedia dalam beberapa pilihan ukuran kemasan, yakni kemasan paling kecil isi 200 gram, kemudian kemasan kaleng isi 454 gram, kemasan kaleng isi 1 kg, dan yang paling besar kemasan isi 2,27 kilo. Tersedia pula Wijsman kaleng ukuran 10 kilogram Dutch butter oil dengan persentase milk fat mencapai 98%. Berikut informasi lengkap daftar mentega Wisman dalam berbagai pilihan kemasan di pasaran Indonesia.

Mentega untuk Membuat Kue – (Karya: Dmytro Duda)

Mentega Wisman

Varian Mentega Wijsman
Wijsman Preserved Dutch Butter 200 gr Rp87.888
Wijsman Pure Dutch Salted Butter 454 gr Rp177.000
Wijsman Brand Pure Dutch Butter 1 kg Rp400.000
Wijsman Mentega Salted Butter 2270 gr Rp1.033.000
Wijsman Pure Dutch Butter Oil 10 kg Rp2.970.000

Informasi daftar mentega Wijsman di atas dirangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga mentega Wisman tahun 2021 ada yang naik dan turun, tetapi cenderung naik di tahun 2022.

Sebagai contoh, Wijsman mentega salted butter 2270 gr yang dibanderol Rp685.000 tahun 2020, naik menjadi Rp728.000 tahun 2021, naik lagi menjadi Rp1 jutaan tahun 2022. Sementara itu, Wijsman Pure Dutch Butter Oil 10 kg yang dijual dengan Rp2.613.750 tahun 2020, sedikit turun menjadi Rp2.610.000 tahun 2021, tetapi naik menjadi Rp2.970.000 tahun 2022. Selain itu, harga mentega Wisman yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo yang sedang berlaku atau penawaran dari pihak penjual.

Saat ini mencari mentega Wisman bukanlah hal yang sulit. Pasalnya di sejumlah supermarket besar biasanya sudah menjual mentega Wijsman yang setidaknya tersedia dalam ukuran 200 gram. Selain di supermarket, Anda juga bisa mencari mentega Wisman kiloan atau curah di sejumlah toko bahan roti terdekat. Beberapa minimarket seperti Alfamidi, Indomaret, atau Alfamart mungkin juga ada yang menjual mentega Wijsman dalam kemasan kecil. Jika kesulitan mencari mentega Wisman di toko-toko terdekat, tak ada salahnya untuk membeli mentega Wisman secara online melalui sejumlah situs jual beli online yang ada di Indonesia.

[Almas]

Pos terkait