Info Manfaat & Harga Salep 88 Terbaru untuk Mengobati Panu di Apotek

Penyakit kulit seperti panu, kadas, atau kurap memang sangat mengganggu. Selain mengganggu penampilan, penyakit kulit semacam itu biasanya disertai dengan rasa gatal yang begitu menyiksa. Untungnya, saat ini sudah ada salep 88 yang dijual di apotek dan toko online dengan harga terjangkau untuk mengobati penyakit kulit tersebut.

Ilustrasi: penyakit kulit (sumber: tribunnews)
Ilustrasi: penyakit kulit (sumber: tribunnews)

Panu sendiri adalah infeksi jamur yang mengganggu pigmen kulit, sehingga timbul bercak dengan warna yang lebih terang atau lebih gelap pada kulit. Infeksi kulit tersebut muncul secara perlahan, tetapi lama-kelamaan bercak kulit yang ditimbulkan akan menyatu sehingga membentuk bercak yang lebih besar.

Bacaan Lainnya

Panu kabarnya bukan penyakit yang dapat menimbulkan rasa atau menular. Biasanya panu akan menyerang beberapa area tubuh seperti kulit punggung, dada, lengan atas, leher, dan juga perut. Panu disebabkan oleh perkembangan jamur di kulit yang juga dipicu oleh lemahnya sistem kekebalan tubuh, perubahan hormon, atau kekurangan nutrisi.

Panu umumnya dapat diatasi dengan terapi anti-jamur, baik dengan menggunakan obat dalam bentuk lotion, krim, atau shampoo. Bahkan beberapa obat panu biasanya dijual dengan bebas di pasaran tanpa perlu resep dokter, salah satunya seperti Salep 88.

Salep 88 merupakan obat luar yang kerap digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur dan infeksi bakteri ringan seperti panu, kudis, kurap, dan kutu air. Salep 88 diproduksi oleh PT Meccaya serta memiliki kandungan bahan aktif berupa asam salisilat, asam benzoat dan sulfur atau belerang. Bahan-bahan tersebut dikenal mempunyai sifat anti jamur, menghambat pertumbuhan bakteri atau bakteriostatik, sekaligus dikenal sebagai antiseptik yang bisa mempercepat penyembuhan penyakit pada kulit.

Salep 88 (sumber: lazada)

Komposisi Salep 88

  • Acidum salicylicum 60 mg
  • Acidum benzoicum 65 mg
  • Sulfur praecipitatum 60 mg
  • Camphora 30 mg
  • Mentholatum 25 mg
  • Base salep 1000 mg

Anda perlu memperhatikan pemakaian salep 88 untuk keluhan infeksi jamur, sebagai berikut.

Salep 88

Dioleskan 2-3 kali sehari secukupnya pada bagian yang luka dan gatal atau area yang terinfeksi jamur dan bakteri.

Petunjuk Penggunaan Salep 88

  • Cuci bersih tangan sebelum menggunakan obat ini.
  • Bersihkan area yang terinfeksi dengan air bersih atau larutan antiseptik sebelum diberikan Salep 88.
  • Aplikasikan salep pada area yang terinfeksi jamur dengan ketebalan sekitar 1/8 inci kemudian ratakan.
  • Mungkin akan muncul sensasi seperti terbakar pada area yang diberi salep setelah 3-5 menit pemakaian, gejala itu normal tanda bahwa bahan aktif salep sedang bekerja.
  • Usahakan area kulit yang dirawat terpapar seminimal mungkin serta lindungi dari percikan air dan paparan kuman. Hal itu dapat mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi gatal yang ditimbulkan.
  • Jika terjadi iritasi atau gejala tidak mengalami perubahan setelah pengobatan lebih baik selama 10 hari, hentikan penggunaan Salep Kulit 88 ini dan konsultasikan dengan dokter.

Apabila dilihat dari kandungan bahan aktif yang ada di dalamnya, Salep 88 memiliki mekanisme kerja sebagai berikut.

Masalah kulit (sumber allergydox.com)

Cara Kerja Salep 88

  • Salicylic Acid merupakan senyawa aktif yang dapat membuat sel-sel epidermis mengelupas lebih mudah, mencegah pori-pori tersumbat dan memungkinkan terbentuknya sel baru. Oleh karena itu senyawa ini juga biasa disebut exfoliating agent.
  • Benzoic Acid merupakan senyawa yang memiliki kemampuan anti jamur dan bersifat bakteriostatik (menghambat perkembangan bakteri). Senyawa ini membasmi jamur dengan menghambat kemampuannya untuk tumbuh dan bereproduksi.
  • Sulfur Praecipitatum merupakan sulfur yang diendapkan atau disebut juga bubur sulfur. Senyawa ini bersifat anti-jamur dan juga dapat melunakkan atau menipiskan lapisan keratin kulit. Sehingga sering dikombinasikan dengan asam salisilat dan digunakan untuk mengobati kudis.

Dilansir dari Honestdocs, Salep 88 memiliki kegunaan untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit, sebagai berikut.

Indikasi Salep 88

  • Mengobati panu
  • Mengobati kadas
  • Mengobati kurap
  • Pengobatan kudis
  • Pengobatan kutu air
  • Mengatasi gatal-gatal pada kulit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur
  • Dapat digunakan untuk mengobati eksim dan gatal akibat gigitan serangga

Berikut kontraindikasi salep 88 yang perlu diketahui.

Kontraindikasi Salep 88

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, tidak boleh diberikan pada orang yang diketahui memiliki riwayat hipersensitivitas atau alergi terhadap kandungan Salep Kulit 88 seperti muncul ruam atau bengkak pada bagian bibir dan wajah setelah pemakaian.

Efek Samping Salep 88

Salep Kulit 88 pada umumnya dapat ditoleransi dengan baik. Akan tetapi beberapa orang mungkin mengalami sejumlah efek samping yang perlu diperhatikan seperti iritasi apabila dipakai secara terus-menerus, dermatitis, hingga urtikaria atau biduran.

Interaksi Obat Salep 88

  • Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan Salep 88, di antaranya:
  • Penggunaan obat kulit jenis tretinoin dengan asam salisilat dari salep 88 dapat menyebabkan iritasi kulit dan menyebabkan kulit jadi kering.
  • Penggunaan isotretinoin juga dapat menyebabkan iritasi kulit dan kulit kering jika digunakan bersamaan dengan obat ini.

Lalu, berapa harga salep 88 yang tersedia di apotik saat ini?

Salep 88 (sumber: Tokopedia)

Harga Salep 88

Salep 88 adalah obat yang dijual bebas di berbagai apotik maupun toko obat terdekat dengan harga yang relatif terjangkau. Pada tahun 2019, Salep 88 dibanderol mulai harga Rp12.271. Kemudian, produk tersebut mengalami kenaikan harga menjadi Rp12.451 pada 2020 di Apotek K24. Berbeda dari 2020, pada 2021, salep justru turun harga menjadi Rp12.037, tetapi naik lagi menjadi Rp13.085 tahun 2022.

Produk Salep 88 bisa Anda beli di Apotek 24, Kimia Farma, maupun apotik-apotik lainnya yang berada di sekitar Anda tanpa memerlukan resep dokter. Di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart juga tersedia salep 88 dengan harga bersaing. Perlu diketahui bahwa harga Salep 88 bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Salep 88 yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

[Update: Almas]

Pos terkait